Comscore Tracker

Resep Donat Kentang yang Empuk dan Legit, Dijamin Bikin Nagih!

Diberi topping sesuai selera agar makin istimewa

Donat merupakan jajanan berupa roti dengan bentuk bundar dan terdapat lubang di bagian tengahnya. Rasanya manis dan empuk sehingga menjadi kesukaan semua orang.

Kamu bisa menyajikan donat yang lezat ini dengan bikin sendiri di rumah. Di antaranya kamu bisa coba membuat donat menggunakan bahan dasar kentang. Dijamin hasilnya tak kalah memuaskan dari beli di luar.

Berikut resep donat kentang dan cara membuatnya yang bisa langsung kamu praktikkan di rumah. Yuk coba!

1. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat donat kentang

Resep Donat Kentang yang Empuk dan Legit, Dijamin Bikin Nagih!ilustrasi kentang (freepik.com/freepik)

Bahan:

  • 200 gram tepung terigu protein tinggi
  • 50 gram tepung terigu protein sedang
  • 5 gram ragi instan
  • 30 gram gula pasir
  • 100 gram kentang
  • 1 butir kuning telur
  • 100 ml susu cair dingin
  • 30 gram margarin
  • ¼ sdt garam

2. Haluskan kentang yang telah dikukus

Resep Donat Kentang yang Empuk dan Legit, Dijamin Bikin Nagih!ilustrasi hasil kentang kukus yang telah dihaluskan (freepik.com/jcomp)

Sebelum membuat adonan, rebus kentang terlebih dahulu. Namun sebelum itu, kupas kulit kentang kemudian cuci bersih. Barulah, kukus kentang sampai benar-benar matang.

Setelah matang, kemudian angkat dan tiriskan kentang. Lalu, taruh kentang ke dalam wadah kemudian lumatkan menggunakan sendok garpu sampai halus. Sesudah halus, lalu sisihkan untuk proses pembuatan adonan donat.

Baca Juga: Resep Donat Isi Selai Strawberry yang Lembut dalam Sekali Gigitan

3. Uleni adonan sampai kalis elastis

Resep Donat Kentang yang Empuk dan Legit, Dijamin Bikin Nagih!ilustrasi menguleni adonan donat kentang (pixabay.com/webandi)

Untuk membuat adonan di dalam wadah, campurkan tepung terigu, gula pasir, dan ragi instan, aduk rata. Lalu, masukkan kentang halus, telur, dan susu cair dingin. Kemudian diaduk rata.

Setelah itu, lanjut uleni adonan sampai setengah kalis. Apabila adonan setengah kalis, lalu tambahkan margarin dan garam. Kemudian, uleni kembali hingga adonan kalis elastis.

4. Diamkan adonan sampai mengembang dua kali lipat

Resep Donat Kentang yang Empuk dan Legit, Dijamin Bikin Nagih!ilustrasi adonan yang mengembang setelah didiamkan (pexels.com/@catscoming)

Setelah adonan kalis elastis, kemudian diamkan selama 1 jam dengan ditutupi kain bersih atau plastic wrap. Biarkan adonan sampai mengembang dua kali lipat. Bila adonan telah mengembang, lalu buka penutup adonan dan kempiskan.

Sesudah itu, bagi adonan dengan berat masing-masing 35-40 gram. Lalu, bulatkan adonan dan diamkan kembali selama 20 menit dengan ditutup kain bersih. Biarkan hingga mengembang.

5. Goreng adonan donat kentang sampai kuning kecokelatan

Resep Donat Kentang yang Empuk dan Legit, Dijamin Bikin Nagih!ilustrasi goreng adonan donat sampai kuning kecokelatan (yummy.co.id/Anisa Ajeng)

Ambil bulatan adonan, kemudian beri lubang bagian tengahnya dengan bantuan jari maupun sumpit. Lakukan pemberian lubang pada adonan sampai selesai, sisihkan. Barulah, digoreng sampai kuning kecokelatan.

Perlu diingat bahwa dalam proses menggoreng donat cukup sekali balik dan digoreng di minyak secukupnya agar donat tidak terlalu berminyak. Setelah itu, tiriskan donat dan biarkan dingin. Donat kentang siap disajikan dengan topping sesuai selera.

Gak perlu ragu untuk membuat donat kentang sendiri di rumah yang rasanya selezat beli di luar ini. Resep di atas bisa kamu jadikan panduan, ya. Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Donat Talas yang Empuk, Bisa Jadi Alternatif Pengganti Kentang

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

It's never too late to start something positive

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya