Resep Kue Lapis Legit Singkong buat Camilan di Rumah, Cobain!

Manis dan lembutnya singkong bikin nagih

Singkong gak melulu diolah jadi makanan tradisional, tetapi juga bisa dikreasikan menjadi makanan kekinian. Salah satunya kue lapis legit. Kue istimewa ini memadukan tekstur lembut dengan isian keju.

Daripada mengolah singkong menjadi makanan yang biasa saja, lebih baik buat kue lapis legit yang empuk. Supaya berhasil, berikut resep kue lapis legit singkong yang bisa kamu buat jadi camilan selama di rumah. Pencinta kue wajib coba!

1. Bahan-bahan membuat kue lapis legit singkong

Resep Kue Lapis Legit Singkong buat Camilan di Rumah, Cobain!ilustrasi singkong sebagai bahan dasar membuat lapis legit singkong (pexels.com/Daniel Dan)

Bahan utama:

  • 1 kg singkong parut
  • 200 ml santan kental instan
  • 8 butir telur
  • 300 gram gula pasir
  • 2 sdt garam
  • 120 ml susu kental manis
  • 150 gram butter

Bahan tambahan:

  • 3 sdm tepung terigu
  • 1 blok keju cheddar parut

2. Mikser campuran butter dan gula pasir sampai lembut

Resep Kue Lapis Legit Singkong buat Camilan di Rumah, Cobain!ilustrasi mikser adonan butter dan gula pasir (freepik.com/freepik)

Di dalam wadah, campurkan gula pasir dan butter, lalu mikser dengan kecepatan tinggi sampai rata serta lembut. Jika sudah, segera turunkan kecepatan mikser, lalu masukkan telur. Kemudian, mikser hingga rata lalu matikan mikser.

Setelah itu, masukkan singkong, santan, garam, susu kental manis, dan tepung terigu. Kalau sudah, segara aduk menggunakan spatula dengan metode melipat sampai tercampur rata.

3. Tuang adonan lapis legit ke dalam loyang

Resep Kue Lapis Legit Singkong buat Camilan di Rumah, Cobain!ilustrasi menuang adonan ke dalam loyang (freepik.com/freepik)

Siapkan loyang untuk mencetak adonan. Olesi dengan butter, lalu beri alas kertas roti dan olesi butter kembali. Kemudian, tuang adonan ke dalam loyang sebanyak 1,5 sendok sayur.

Selanjutnya, panggang adonan dengan api bawah di suhu 200 derajat Celsius sampai setengah set. Kemudian, pindah di api atas dan lanjut panggang di suhu 250 derajat Celsius sampai kecokelatan.

Baca Juga: Resep Kue Lapis Legit Oven untuk Sajian Imlek, Lembut dan Enak!

4. Panggang adonan sampai matang

Resep Kue Lapis Legit Singkong buat Camilan di Rumah, Cobain!ilustrasi memanggang kue ke dalam oven (pixabay.com/SepencerWing)

Setelah kue lapis kecokelatan, segera keluarkan dari oven dengan bantuan sarung tangan. Kemudian, tuang adonan kembali sebanyak 1,5 sendok sayur, lalu beri taburan keju parut.

Jika sudah, masukkan ke dalam oven dan panggang kembali di metode api atas sampai kecokelatan. Keluarkan kue dari oven, lalu tuang adonan tanpa diberi taburan keju parut.

5. Kue lapis legit singkong siap disajikan

Resep Kue Lapis Legit Singkong buat Camilan di Rumah, Cobain!kue lapis legit singkong (instagram.com/vitakwee)

Keju diberikan pada setiap lapisan 4,6, dan seterusnya, tergantung banyaknya lapisan yang kamu inginkan. Selain itu, setiap lapisan yang telah matang jangan lupa ditekan dengan penekan lapis yang telah diolesi butter.

Setelah itu, lakukan langkah menuang adonan lapis legit singkong sampai selesai dan panggang sampai matang. Kue apis legit singkong keju siap disajikan.

Berkat dikreasikan menjadi kue lapis legit, cita rasa singkong makin next level. Kamu bisa banget menyajikan makanan ini untuk acara spesial. Nah, kamu ikuti resep kue lapis legit singkong di atas, ya!

Baca Juga: Resep Lapis Legit Kukus, Tanpa Oven Tetap Lembut dan Empuk

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

It's never too late to start something positive

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topik:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya