Comscore Tracker

Resep Pukis Ubi Ungu yang Manis dan Lembut, Warnanya Unik!

Cocok dijadikan ide menu camilan

Pukis merupakan salah satu kue tradisional Indonesia yang masih mudah ditemui di berbagai daerah. Meski begitu, tak ada salahnya kamu bikin jajanan ini di rumah, lho.

Salah satu resep pukis yang patut kamu coba adalah resep pukis ubi ungu. Warnanya unik dan memiliki tekstur lembut serta wangi, langsung buruan praktikkan kreasi ini.

1. Bahan-bahan untuk membuat pukis ubi ungu

Resep Pukis Ubi Ungu yang Manis dan Lembut, Warnanya Unik!ilustrasi ubi ungu (vecteezy.com/meeboonstocker)

Bahan:

  • 500 gram tepung terigu protein sedang
  • 100 gram ubi ungu
  • 250 gram gula pasir
  • 3 butir telur
  • 1 sdt emulsifier
  • ½ sdt pasta vanilla
  • ¼ sdt garam
  • 6 gram ragi instan
  • 50 ml air hangat
  • 500 ml santan kekentalan sedang
  • 3 lembar daun pandan
  • 100 gram margarin leleh

2. Santan sebagai bahan dasar membuat adonan

Resep Pukis Ubi Ungu yang Manis dan Lembut, Warnanya Unik!ilustrasi santan sebagai bahan dasar membuat adonan (vecteezy.com/rudoelena312083)

Masukkan santan ke dalam panci beserta daun pandan. Lalu, dimasak di api sedang hingga mendidih sambil sesekali diaduk. Matikan api, sisihkan. Selanjutnya, kukus ubi ungu yang telah dikupas sampai matang

Kemudian, dilumatkan hingga halus lalu dicampurkan ke dalam santan. Diaduk rata, sisihkan. Setelah itu, larutkan ragi instan dengan air hangat kemudian sisihkan.

3. Mikser adonan sampai kental berjejak

Resep Pukis Ubi Ungu yang Manis dan Lembut, Warnanya Unik!ilustrasi mikser adonan sampai kental berjejak (vecteezy.com/sklyarovroman)

Untuk membuat adonan campurkan telur, gula pasir, emulsifier, dan garam lalu mikser di kecepatan tinggi sampai kental putih berjejak. Tambahkan pasta vanilla dan kocok rata. Lalu, masukkan larutan ragi, tepung terigu, serta santan secara bertahap sambil dimikser di kecepatan rendah sampai rata.

Setelah adonan tercampur rata kemudian matikan mikser. Lalu, tambahkan margarin leleh dan diaduk menggunakan spatula dengan metode melipat hingga adonan merata.

Baca Juga: Resep Pukis Nutrisari Jeruk, Terasa Lembut dan Segar di Mulut

4. Aduk adonan yang telah didiamkan

Resep Pukis Ubi Ungu yang Manis dan Lembut, Warnanya Unik!ilustrasi mengaduk adonan yang telah didiamkan (vecteezy.com/mateusz-feliksik212949)

Sesudah itu diamkan adonan sekitar 1-1,5 jam dengan ditutup kain bersih atau plastik wrap. Setelah didiamkan kemudian aduk adonan supaya udara pada adonan menguar. Adonan siap untuk dipanggang.

Siapkan cetakan pukis di atas kompor untuk langkah pemanggangan. Olesi cetakan dengan margarin dan panaskan di api sedang. Bila cetakan telah panas kemudian kecilkan api kompor.

5. Pukis ubi ungu siap untuk disajikan

Resep Pukis Ubi Ungu yang Manis dan Lembut, Warnanya Unik!pukis ubi ungu (instagram.com/ernie_varianiva)

Barulah, tuang adonan ke dalam cetakan sampai setinggi ¾ cetakan. Lalu, tutup adonan dan biarkan sampai matang. Setelah matang, buka penutup adonan kemudian angkat kue pukis dengan bantuan sendok, sisihkan.

Lakukan langkah memanggang sampai adonan habis. Sesudah itu, kue pukis ubi ungu siap untuk dinikmati selagi hangat dengan peneman teh hangat maupun kopi.

Kreasi resep kue pukis ubi ungu satu ini cocok dijadikan ide kalau kamu menginginkan varian pukis dengan tampilan warna memikat. Rasanya manis dan lembut dijamin bikin ketagihan.

Baca Juga: Resep Kue Pukis Pandan, Pancake Tradisional yang Kekinian 

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

It's never too late to start something positive

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya