Comscore Tracker

Resep Talam Ubi Kuning, Gak Kalah Enak dari Kreasi Ubi Ungu 

Senikmat kue talam lainnya, cobain kuy biar gak penasaran

Jenis-jenis umbian bernama ubi kuning mungkin kurang begitu diminati ketimbang ubi ungu. Mungkin hal yang menjadi alasan ialah dari segi rasa dan warna yang kurang menarik, sehingga kebanyakan orang lebih prefer ke ubi ungu.

Namun, kalau kamu tak mempermasalahkan hal itu, ubi kuning bisa kamu kreasikan menjadi kue talam lho. Memiliki rasa yang tak kalah enak dari kue talam lainnya, dijamin gak lantas membuat kamu memandang sebelah mata dan kehabisan akal mengkreasikan ubi kuning.

Berikut, resep talam ubi kuning yang bisa kamu tirukan di rumah.

 

1. Bahan pembuatan talam ubi kuning

Resep Talam Ubi Kuning, Gak Kalah Enak dari Kreasi Ubi Ungu ilustrasi ubi kuning (istockphoto.com/zeleno)

Bahan lapisan kuning:

  • 400 gram ubi kuning
  • 500 ml santan kekentalan sedang
  • 180 gram gula pasir
  • 150 gram tepung tapioka
  • 50 gram tepung beras
  • ½ sdt garam

Bahan lapisan putih:

  • 350 ml santan kekentalan sedang
  • 70 gram tepung tapioka
  • 30 gram tepung beras
  • 1 sdm gula pasir
  • ¼ sdt garam

2. Kukus ubi kuning hingga matang, lalu dihaluskan

Resep Talam Ubi Kuning, Gak Kalah Enak dari Kreasi Ubi Ungu ilustrasi mengukus ubi kuning (pickledplum.com)

Sesuai dengan nama kreasi, kue talam satu ini menggunakan bahan dasar ubi kuning. Jadi, tahap pertamanya adalah menyiapkan ubi kuning yang kualitasnya baik, lalu mengupas dan memotongnya kemudian dicuci sampai bersih, tiriskan. Berikutnya ke langkah pengukusan.

Siapkan panci kukusan di atas kompor, masukkan ubi kuning ke dalam panci. Tutup rapat dan mulai proses mengukus sampai matang. Matikan api, keluarkan ubi lalu taruh ke dalam wadah. Haluskan selagi panas sampai benar-benar halus menggunakan ulekan ataupun garpu, sisihkan.

3. Membuat adonan ubi kuning

Resep Talam Ubi Kuning, Gak Kalah Enak dari Kreasi Ubi Ungu ilustrasi adonan ubi kuning (onceuponachef.com)

Lanjut ke tahap membuat adonan kuning. Campurkan bahan-bahan berupa tepung tapioka, tepung beras, gula pasir, dan garam ke dalam wadah berisi ubi kuning kukus yang telah dihaluskan, aduk rata.

Selanjutnya, tuangkan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk menggunakan spatula kayu sampai tercampur rata. Setelah adonan rata, kemudian disisihkan dan adonan lapisan kuning pun siap untuk digunakan.

Baca Juga: Resep Kue Talam Tepung Beras, Jajanan Jadul yang Lumer di Mulut

4. Tahap berikutnya membuat adonan lapisan putih

Resep Talam Ubi Kuning, Gak Kalah Enak dari Kreasi Ubi Ungu ilustrasi adonan putih (onceuponachef.com)

Masih seputar membuat adonan, kali ini buat yang lapisan putih. Di dalam wadah berukuran besar; masukkan tepung tapioka, tepung beras, gula pasir, dan garam. Aduk rata. Barulah, tuangkan santan sedikit demi sedikit sambil sambil terus diaduk sampai tercampur rata dan tidak bergerindil.

Untuk memastikan tekstur adonan menjadi halus, kamu bisa juga menyaringnya dengan menggunakan alat pengayakan kue hingga mendapatkan tekstur adonan lembut yang diinginkan. Sisihkan.

5. Kukus adonan talam ubi kuning sampai matang

Resep Talam Ubi Kuning, Gak Kalah Enak dari Kreasi Ubi Ungu ilustrasi mengukus kue talam (unsplash.com/Jonathan Cooper)

Terakhir, langkah pengukusan. Persiapkan panci kukusan di atas kompor lebih dulu untuk dipanaskan. Sembari menunggu panas, lakukan pencetakkan adonan. Olesi cetakan dengan sedikit minyak, kemudian tuang adonan putih lebih dahulu sedikit saja.

Kukus sebentar selama 5 menit, tuang adonan kuning di atas lapisan putih dan kukus selama 20 menit. Terakhir, tuang lapisan putih kembali dan kukus sampai set. Lakukan langkah ini sampai habis dan selesai.

 

6. Talam ubi kuning siap disajikan selagi hangat

Resep Talam Ubi Kuning, Gak Kalah Enak dari Kreasi Ubi Ungu talam ubi kuning (instagram.com/vitakwee)

Nah, setelah semuanya selesai dan dirasa sudah matang, saatnya mematikan api kompor kemudian angkat dan keluarkan kue talam dengan bantuan alas tangan. Tiriskan terlebih dahulu hingga uap panasnya mengurai. 

Jika sudah menghangat, barulah talam ubi kuning siap untuk kamu nikmati bareng keluarga di rumah sembari bercengkrama dengan ditemani secangkir teh hangat. Mantul euy!

Mau ubi kuning atau ubi ungu, keduanya sama nikmatnya ketika diolah lho. Jadi langsung saja yuk bikin talam ubi kuning seperti resep di atas. Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Bola Ubi untuk Camilan WFH, Rasanya Manis dan Legit

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

It's never too late to start something positive

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya