Comscore Tracker

Resep Tumis Cumi Asin, Pedas Gurihnya Bikin Lahap Makan

Ide lauk nasi yang sederhana namun sedapnya juara

Tumis cumi asin cocok dijadikan sebagai menu lauk yang sedap namun sederhana. Untuk bisa memasak sajian ini dibutuhkan bahan-bahan terdiri cumi asin, petai, dan aneka bumbu. Perpaduan pedas gurihnya dijamin bikin tambah nasi.

Buat kamu yang ingin masak tumis cumi asin, pastikan tidak menambahkan garam sebagai bumbu. Sebab, cumi asin punya rasa asin dari proses penggaraman. Dengan tanpa garam inilah, hasil masak tumis cumi asin buatanmu jadi lezat.

Berikut resep tumis cumi asin dan cara membuatnya yang bisa kamu praktikkan di rumah.

1. Bahan untuk memasak cumi asin

Resep Tumis Cumi Asin, Pedas Gurihnya Bikin Lahap Makanilustrasi cumi asin (commons.wikimedia.org/Gunawan Kartapranata)

Bahan:

  • 500 gram cumi asin
  • 6 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • ½ buah tomat
  • 1/3 keping terasi
  • 7 buah cabai merah keriting
  • 2 papan petai
  • 1 batang serai, memarkan
  • 1 ruas lengkuas, memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • penyedap rasa tanpa garam secukupnya

2. Tuang minyak ke dalam wajan untuk menggoreng cumi asin

Resep Tumis Cumi Asin, Pedas Gurihnya Bikin Lahap Makanilustrasi tuangkan minyak ke dalam wajan untuk menggoreng cumi asin (vecteezy.com/pornpimonamy)

Sebelum dimasak, terlebih dulu goreng cumi asin. Tuangkan minyak ke dalam wajan secukupnya. Lalu, letakkan wajan di atas kompor dan nyalakan kompor di api sedang. Biarkan minyak panas.

Setelah minyak panas, kemudian goreng cumi asin sampai setengah kering. Sesudah cumi asin setengah kering, lalu matikan api. Kemudian angkat dan tiriskan cumi asin goreng.

Baca Juga: 9 Kesalahan Memasak Cumi-cumi yang Bikin Teksturnya Alot, Gak Enak!

3. Persiapkan bahan bumbu untuk masak tumis cumi asin

Resep Tumis Cumi Asin, Pedas Gurihnya Bikin Lahap Makanilustrasi cabai merah keriting dan bawang putih untuk bumbu tumis cumi asin (vecteezy.com/rutchapong)

Siapkan bahan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, tomat, cabai merah keriting, dan terasi. Lalu, masukkan bahan bumbu tersebut ke dalam blender.

Beri sedikit air atau minyak kemudian proses sampai halus. Setelah halus, matikan blender lalu sisihkan. Bahan bumbu yang telah halus inilah siap untuk ditumis.

4. Tumis bumbu sampai harum matang

Resep Tumis Cumi Asin, Pedas Gurihnya Bikin Lahap Makanilustrasi tumis bumbu (pexels.com/Katerina Holmes)

Nah, untuk tahap menumis bumbu pertama-tama letakkan wajan di atas kompor. Kemudian di dalam wajan beri minyak secukupnya. Selanjutnya, panaskan wajan di api sedang dan biarkan minyak panas.

Barulah tuang bumbu halus ke dalam minyak panas. Lalu, tumis bumbu sampai harum beserta serai, lengkuas, serta daun salam. Tumis sambil sesekali diaduk agar bumbu matang merata.

5. Tumis cumi asin siap untuk dijadikan menu lauk

Resep Tumis Cumi Asin, Pedas Gurihnya Bikin Lahap Makantumis cumi asin (instagram.com/namaku.cyn)

Setelah bumbu mengeluarkan aroma harum, lalu tambahkan petai dan diaduk rata. Masak petai sampai layu. Sesudah itu, masukkan pula cumi asin goreng serta penyedap rasa lalu diaduk-aduk.

Jangan lupa dikoreksi rasanya. Jika dirasa sudah sesuai, barulah lanjut dimasak sebentar. Matikan api. Tumis cumi asin siap untuk disajikan.

Menawarkan sensasi rasa pedas gurih menjadikan tumis cumi asin cocok dijadikan ide lauk nasi yang sedap. Yuk, bikin sajiannya untuk lauk di rumah dengan mengikuti resep di atas. Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Udang Cumi Saus Padang, Sedapnya Naikkan Nafsu Makan

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

It's never too late to start something positive

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya