Resep Roti Isi Sosis, Teksturnya Lembut dan Gurih Mengenyangkan

Dimakan bareng cocolan saus makin mantap

Sosis merupakan makanan yang terbuat dari daging. Jenis makanan ini banyak disukai karena selain rasanya enak juga bisa diolah menjadi berbagai macam kreasi. Alih-alih digoreng atau dikonsumsi langsung, cobalah mengolah sosis menjadi isian roti.

Bentuknya yang mungil dengan topping keju parut dan biji wijen, camilan ini pasti bikin kamu ketagihan. Kamu dapat merasakan kelezatan roti isi sosis yang lembut dan gurih bikinan sendiri di rumah.

1. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat roti isi sosis

Resep Roti Isi Sosis, Teksturnya Lembut dan Gurih Mengenyangkanilustrasi sosisi mini (freepik.com/azerbaijan_stockers)

Bahan A:

  • 300 gram tepung terigu protein tinggi
  • 50 gram tepung terigu protein sedang
  • 60 gram gula pasir
  • 20 gram susu bubuk
  • 5 gram ragi instan

Bahan B:

  • 2 butir kuning telur
  • 100 ml susu cair
  • 105 ml air

Bahan C:

  • 45 gram butter
  • ½ sdt garam
  • secukupnya sosis mini, tumis sebentar
  • keju parut untuk topping
  • biji wijen untuk topping

2. Uleni adonan sampai mengumpal. Lalu, diamkan selama 20 menit

Resep Roti Isi Sosis, Teksturnya Lembut dan Gurih Mengenyangkanilustrasi menguleni adonan (freepik.com/senivpetro)

Untuk membuat adonan, campurkan tepung terigu protein tinggi, tepung terigu protein sedang, gula pasir, susu bubuk, dan ragi instan ke dalam wadah. Tambahkan kuning telur dan susu cair, lalu tuang air sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai rata.

Setelah diaduk rata, lanjut diuleni menggunakan tangan sampai adonan menggumpal. Jika sudah, diamkan adonan selama 20 menit dengan ditutup kain bersih atau plastik wrap.

Baca Juga: Resep Roti Goreng Isi Tuna, Ide Bekal Makan Siang yang Nikmat

3. Diamkan adonan dengan ditutup kain bersih atau plastik wrap

Resep Roti Isi Sosis, Teksturnya Lembut dan Gurih Mengenyangkanilustrasi menutup adonan dengan kain bersih supaya mengembang (freepik.com/freepik)

Setelah adonan didiamkan selama 20 menit kemudian sisihkan kain bersih sebagai penutup adonan. Masukkan butter dan garam ke dalam adonan, kemudian uleni kembali sampai adonan kalis elastis.

Sesudah adonan kalis elastis lalu bulatkan adonan dan tutup dengan kain bersih. Diamkan adonan selama 45 menit hingga adonan mengembang dua kali lipat. Selama proses proofing, jangan buka tutup supaya adonan bisa mengembang sempurna.

4. Isikan adonan dengan sosis. Lakukan sampai selesai

Resep Roti Isi Sosis, Teksturnya Lembut dan Gurih Mengenyangkanilustrasi mengisikan adonan roti dengan sosis (youtube.com/Easy Recipes)

Sesudah adonan mengembang dua kali lipat, kemudian kempiskan adonan. Hal ini dilakukan supaya udara dalam adonan bisa keluar. Jika sudah, ambil adonan dengan berat timbang 30 gram atau sesuai selera kemudian dibentuk bulat.

Bentuk bulat adonan sampai selesai, sisihkan. Selanjutnya, ambil bulatan adonan lalu dipipihkan sampai bentuknya memanjang. Isi adonan dengan satu buah sosis lalu digulung.

5. Panggang roti isi sosis sampai matang

Resep Roti Isi Sosis, Teksturnya Lembut dan Gurih Mengenyangkanilustrasi hasil roti isi sosis yang telah dipanggang (vecteezy.com/pongsaksapakdee)

Setelah adonan selesai terisi sosis, kemudian tutup adonan dengan kain bersih. Lalu, diamkan selama 30 menit sampai mengembang dua hingga tiga kali lipat. Seusai didiamkan, olesi permukaan adonan dengan susu cair lalu beri topping biji wijen dan keju parut.

Selanjutnya, panggang sampai matang dengan disesuaikan waktu pemanggangan menurut oven yang kamu miliki. Setelah matang, kemudian olesi permukaan roti dengan butter agar permukaanya tidak kering. Roti isi sosis siap untuk disajikan.

Kapan lagi bisa menikmati perpaduan roti dan sosis yang lezat ini. Teksturnya lembut serta bercita rasa gurih, cocok disantap bareng cocolan saus. Langsung saja terapkan resep roti isi sosis di atas, ya. Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Katsu Sando, Roti Isi Daging ala Jepang untuk Makan Siang

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

It's never too late to start something positive

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topik:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya