Comscore Tracker

Resep Green Tea Almond Crispy yang Renyahnya Kebangetan, Cobain Kuy!

#IDNTimesFood Sekali gigit gak bakal berhenti!

Camilan berupa kue renyah khas Surabaya ini menjadi oleh-oleh wajib saat melancong ke Kota Pahlawan. Banyak varian rasa yang bisa dicoba seperti original, cokelat, matcha, dan lain sebagainya.

Untukmu pencinta rasa green tea, kamu bisa mencoba membuat almond crispy dengan varian green tea yang lezat. Berikut resepnya yang bisa kamu coba di rumah.

1. Bahan-bahan yang harus disiapkan

Resep Green Tea Almond Crispy yang Renyahnya Kebangetan, Cobain Kuy!rituals.com

Bahan green tea almond crispy:

  • 50 gram mentega tawar
  • 5 sdm gula halus
  • 2 butir putih telur
  • 5 gram bubuk green tea
  • 6 sdm tepung terigu serbaguna
  • 1/2 sdt ekstrak vanila
  • 1/2 sdt garam
  • Irisan almond
  • Keju parut

2. Kocok mentega hingga berubah pucat

Resep Green Tea Almond Crispy yang Renyahnya Kebangetan, Cobain Kuy!instructables.com

Masukkan mentega, garam, dan ekstrak vanila dalam wadah bersih. Kocok bahan-bahan tersebut hingga mentega berubah menjadi pucat.

Setelahnya, masukkan putih telur secara bertahap sambil diaduk. Kamu bisa gunakan mixer dengan kecepatan sedang hingga tekstur adonan menjadi seperti krim.

3. Masukkan semua bahan tepung

Resep Green Tea Almond Crispy yang Renyahnya Kebangetan, Cobain Kuy!mymommyworld.com

Masukkan bubuk green tea ke dalam adonan krim, lalu aduk merata. Setelah itu, masukkan pula tepung terigu dan aduk lagi hingga teksturnya seperti adonan kue pada umumnya.

Untuk bahan tepung, kamu cukup mengaduknya menggunakan spatula, ya. Oh iya, jangan lupa untuk memanaskan oven terlebih dahulu dengan suhu 120 derajat.

Baca Juga: Resep Green Tea Puding Sutra Saus Karamel, Lembut dan Kenyal!

4. Saatnya mencetak adonan di atas loyang

Resep Green Tea Almond Crispy yang Renyahnya Kebangetan, Cobain Kuy!YouTube.com/Luvita Ho

Pindahkan adonan ke dalam plastik segitiga. Siapkan juga loyang yang sudah dilapisi kertas roti atau silpat. Bentuk adonan menjadi bulatan kecil di atas loyang. Beri jarak yang cukup antar bulatan.

Lebarkan bulatan adonan menggunakan sendok hingga ketebalan sedang. Jika terlalu tipis maka adonan akan mudah patah saat matang. Jika terlalu tebal akan menjadi kurang renyah saat digigit.

Selain itu, kamu bisa menggunakan sendok takar untuk menyamaratakan ukuran adonan. Selanjutnya, beri topping taburan keju parut dan irisan almond secukupnya.

5. Panggang adonan selama 25 menit

Resep Green Tea Almond Crispy yang Renyahnya Kebangetan, Cobain Kuy!unsplash.com/Hannah Busing

Adonan dipanggang dalam oven dengan suhu 120 derajat selama 25 menit. Jika almond sudah berwarna kuning keemasan, itu tandanya adonan sudah matang.

Keluarkan dari oven dan dinginkan sejenak. Gunakan spatula untuk mengangkatnya dari loyang. Segera simpan dalam toples kedap udara untuk menjaga kerenyahannya.

Wah, warna hijau yang cantik sangat menggoda untuk segera dicicipi. Teksturnya renyah berpadu dengan aroma green tea yang wangi banget. Kuy, langsung praktikkan di rumah!

Baca Juga: 4 Resep dan Cara Membuat Dalgona, Ada Green Tea, Milo hingga Milk Tea 

Ana Hanifatul Photo Verified Writer Ana Hanifatul

Apa apa aja yang penting menyenangkan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya