Comscore Tracker

5 Makanan Khas Sumbawa yang Bisa Kamu Kreasikan Sendiri di Rumah

Untuk kamu yang bosen dengan masakan yang itu-itu aja

Sumbawa yang merupakan sebuah pulau bagian dari Provinsi Nusa Tenggara Barat, selain banyak pantai alami, di sana juga memiliki kuliner khas yang tidak boleh kamu lewatkan. Jangan khawatir, kamu nggak perlu pergi ke Sumbawa jika ingin mencoba masakan khas sana.

Kamu bisa membuatnya sendiri di dapurmu dengan persiapan alat dan bahan dulu tentunya. Berikut adalah 5 masakan khas Sumbawa yang bisa kamu duplikat di dapurmu dan harus kamu cicipi.

1. Sayur daun kelor

5 Makanan Khas Sumbawa yang Bisa Kamu Kreasikan Sendiri di Rumahcookpad.com/Lucy Gani

Daun kelor adalah sayuran yang umum di Indonesia, kamu bisa dapatkan di pasar-pasar daerahmu. Walaupun mungkin sayur ini kurang populer, tapi di Sumbawa sayur ini sangat digemari. Untuk membuatnya menjadi enak daun kelor dimasak selayaknya sayur bening. Tinggal mengganti sayur bayam dengan daun kelor. Karakteristik daun kelor adalah lebih segar dan ada rasa asam belimbing yang alami. Jadi jika kamu berpikir untuk mengganti daun bayam dalam sayur beningmu, daun kelor adalah yang paling enak.

2. Sepat

5 Makanan Khas Sumbawa yang Bisa Kamu Kreasikan Sendiri di Rumahcookpad.com/Dini Talia

Sepat adalah masakan khas Sumbawa. Belum lengkap rasanya jika kamu mengunjungi Sumbawa dan tidak mencicipi sepat. Sepat adalah makanan berkuah asam, yang di dalamnya berisikan ikan bakar,  irisan tomat, asam sumbawa (bage), belimbing wuluh, terong, mangga muda, dan kemiri. Ikan bakar yang digunakan biasanya baronang atau kakap. Tapi pada dasarnya menggunakan ikan apapun bisa kok. Bayangin gimana segernya kuah asam dan gurihnya ikan bakar dalam satu mangkuk. Yum.  

3. Gecok

5 Makanan Khas Sumbawa yang Bisa Kamu Kreasikan Sendiri di Rumahcookpad.com/Furansisuka Love

Jika kamu suka daging, gecok pas buatmu. Gecok berbahan dasar daging dan jeroan sapi yang digoreng bersama belimbing wuluh, parutan kelapa dan tumisan asam. Makanan ini sedikit berkuah dan rasanya pedas asam. Kira-kira rasanya hampir mirip rendang namun ada rasa khas asam Sumbawa yang membuat Gecok berbeda dengan tumis daging pada umumnya. Ga kebayang kan gimana enaknya? Pasti pengen nambah terus.

Baca Juga: Pulau Sumbawa yang Tak Kalah Elok dari Pulau Bali dan Lombok, Tempat Eksotis Si Pencinta Alam!

4. Ayam bakar taliwang

5 Makanan Khas Sumbawa yang Bisa Kamu Kreasikan Sendiri di Rumahcookpad.com/Shena 592

Bagi kalian yang gemar berkuliner pasti sudah tidak asing lagi dengan masakan satu ini kan? Ya, ayam bakar taliwang adalah masakan khas provinsi NTB, Sebelumnya kamu harus tahu bahwa provinsi NTB terbagi menjadi dua pulau. Pulau Lombok dan pulau Sumbawa. Ayam bakar taliwang sudah banyak dikenal karena memang memiliki ciri khas dalam cara memasaknya. Pertama-tama ayam kampung dibakar setengah matang lalu masak bumbu yang terdiri dari cabai merah, kemiri sangrai, terasi goreng, gula merah, garam dan susu cair di atas teflon. Terakhir masukkan ayam ke dalam campuran bumbu dan biarkan hingga semua bumbu meresap.

5. Singang

5 Makanan Khas Sumbawa yang Bisa Kamu Kreasikan Sendiri di Rumahcookpad.com/Baiq Emabaim

Kali ini masakan berkuah lagi. Singang berbahan dasar ikan, ikannya bisa jenis apa saja. Tapi kebanyakan orang Sumbawa menggunakan ikan bandeng dan kakap. Bumbu-bumbunya adalah asam, bawang putih, bawang merah, tomat, kunyit, kemiri, gula, dan garam. Tumis bumbu-bumbu sampai harum, setelah itu masukkan air rebusan asam dan ikan. Masak hingga ikan matang. Memasak singang memang susah-susah gampang. Tapi setelah jadi kamu tidak akan menyesal karena rasa gurih segar bumbu singang dan empuknya ikan akan memuaskan perutmu. 

Kebanyakan karakter masakan dari Sumbawa adalah asam dan asin. Karena asam yang digunakan adalah asam khas Sumbawa (bage) yang tentunya berbeda dengan asam Jawa pada umumnya. Namun jangan kuatir, kamu tetap bisa menggunakan asam Jawa untuk menggantikan asam Sumbawa dalam masakanmu. Selamat berkreasi!

Baca Juga: Resep Ayam Taliwang Khas Lombok Buat Buka Bersama, Super Gampang!

Anang Fathur Photo Writer Anang Fathur

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya