Comscore Tracker

Cara Menyimpan dan Membekukan Keju, supaya Awet dan Gak Berjamur

Sayang banget kalau baru dipakai sedikit, terus dibuang

Ada banyak bahan makanan yang perlu ketelitian untuk menyimpannya, supaya bisa tahan lama. Salah satunya keju.

Makanan yang berbahan dasar susu ini memang disukai banyak orang. Gak heran kalau banyak orang membelinya dalam jumlah banyak sekaligus, dan menyimpannya untuk stok.

Sebenarnya ada beberapa jenis keju yang semakin tua malah semakin nikmat rasanya. Namun, jika cara menyimpannya gak tepat, keju bakal rusak, berjamur, dan gak bisa dikonsumsi lagi.

Nah, supaya kualitasnya tetap awet dan terjaga, berikut cara tepat menyimpan dan membekukan keju, seperti dilansir dari Mashed.

1. Sebelum menyimpan, teliti dulu saat membeli

Cara Menyimpan dan Membekukan Keju, supaya Awet dan Gak Berjamurmyculturedpalate.com

Rasanya percuma kalau kamu sudah tahu trik menyimpannya, tetapi kurang teliti saat membeli keju. Nah, sebelum menyimpan, teliti dulu saat membeli.

Saat membeli keju, pastikan keju dalam keadaan terbungkus sempurna. Pastikan juga segelnya utuh. Jangan pernah membeli keju yang sudah terbuka atau kemasannya rusak, meski hanya sedikit.

Periksa pula tanggal kedaluwarsanya. Hindari keju yang terlihat sudah berubah warna, meski tanggal kedaluwarsanya masih jauh. Bisa saja kemasannya sudah rusak, tapi gak terlihat secara kasat mata.

2. Beberapa cara yang tepat untuk menyimpan keju

Cara Menyimpan dan Membekukan Keju, supaya Awet dan Gak Berjamurmashed.com

Ada beberapa cara menyimpan keju secara baik dan benar. Pertama, kamu bisa membungkusnya menggunakan tisu makan atau kain lembut. Kemudian, masukkan keju ke kotak penyimpanan yang terbuat dari plastik, bersih, dan kering. Simpan di dalam lemari es.

Kedua, kamu bisa langsung menyimpan keju di lemari es tanpa perlu mengeluarkan keju dari bungkus produknya. Namun, pastikan lemari es selalu dalam keadaan bersih, supaya keju gak terkontaminasi kuman-kuman lain.

Pilihan lainnya, kamu bisa menyimpan sisaan keju di dalam kantong plastik bening yang bersih. Baru simpan keju di dalam lemari es.

Kalau berencana menyimpan keju dalam jangka waktu panjang, kamu bisa membekukannya supaya kualitasnya terjaga.

Baca Juga: Cara Menyimpan Bawang dengan Benar dan Tahan Lebih Lama, Sudah Tahu?

3. Cara membekukan keju

Cara Menyimpan dan Membekukan Keju, supaya Awet dan Gak Berjamurbusinessinsider.sg

Perlu diketahui, gak semua jenis keju bisa disimpan dalam keadaan beku. Hanya keju bertekstur keras yang bisa disimpan dalam keadaan beku, seperti keju cheddar, mozzarella, gouda, dan keju swiss.

Keju segar dengan kelembapan tinggi, seperti keju cottage, ricotta, dan queso fresco. Ada pun jenis lunak dan matang, seperti brie dan keju camembert, gak bisa disimpan dalam keadaan beku.

Untuk membekukan keju, kamu harus memotong-motong keju berukuran kecil, lalu masukkan ke dalam kantong plastik. Setelah itu, bekukan keju dengan cara menyimpannya di dalam freezer.

Kalau mau menggunakannya lagi pun gak bisa sembarangan. Keju beku sebaiknya dipindahkan ke lemari es selama 2-3 hari untuk mencairkannya. Setelah cair, sebaiknya langsung segera digunakan.

Nah, itulah cara menyimpan dan membekukan keju supaya kualitasnya tetap terjaga. Semoga bisa membantu biar keju yang kamu punya tak cepat rusak ya!

Baca Juga: 5 Tips Mengolah Keju yang Dipadukan dengan Berbagai Macam Masakan

yummy-banner

Topic:

  • Andry Trisandy
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya