Comscore Tracker

Cara dan Tips Membersihkan Babat Sapi, Bebas Bau Amis

Rasanya pun jadi lebih mantul

Di Indonesia, beberapa bagian jeroan sapi yang kerap diolah menjadi masakan lezat. Salah satunya babat. Babat merupakan bagian perut sapi yang menyimpan ampas makanan.

Babat cukup digemari banyak orang karena teksturnya kenyal, empuk, dengan cita rasa yang khas.

Babat sendiri terbagi menjadi tiga jenis. Ada babat rumen yang seperti handuk, babat retikulum yang bentuknya seperti sarang madu, serta babat omasum yang bentuknya berlembar-lembar seperti buku.

Meski terkenal lezat, tetapi membersihkan babat gak bisa sembarangan. Pasalnya, jika proses pembersihannya gak tepat, babat justru bisa menimbulkan bau tak sedap ketika dimasak.

Nah, berikut tips-tips dan cara membersihkan babat sapi, supaya bisa diolah menjadi masakan yang menggugah selera. Simak ya!

1. Pertama, buang bagian yang gak diperlukan

Cara dan Tips Membersihkan Babat Sapi, Bebas Bau Amisbukalapak.com

Saat membeli babat, terkadang masih ada bagian-bagian seperti lemak dan kotoran yang gak diperlukan. Kamu bisa membuang bagian-bagian ini. 

Caranya, siapkan garam kasar. Gosok seluruh permukaan babat dengan menggunakan garam kasar. Ulangi proses ini sampai benar-benar tidak ada kotoran yang menempel di lapisan babat.

Setelah itu, kikis permukaan babat menggunakan pisau yang tajam dan panjang. Khusus untuk babat retikulum yang bentuknya seperti sarang madu, kamu bisa menggunakan sikat gigi untuk membersihkan kotoran yang ada di sela-sela babat.

2. Bilas dengan cuka dan air mengalir

Cara dan Tips Membersihkan Babat Sapi, Bebas Bau Amisthespruceeats.com

Langkah selanjutnya membilas babat dengan air cuka. Setelah itu, bilas lagi dengan air bersih mengalir. Proses ini bisa kamu ulangi 2-3 kali atau hingga babat benar-benar bersih dari kotoran.

Proses ini berguna untuk menghilangkan klorin. Senyawa klorin inilah yang bisa meninggalkan bau tak sedap dan merusak rasa saat babat dimasak.

Baca Juga: 5 Tips Membersihkan Botol Minum Tupperware yang Mudah

3. Rebus babat dengan air garam

Cara dan Tips Membersihkan Babat Sapi, Bebas Bau Amispbase.com

Nah, itulah cara dan tips membersihkan babat sapi yang mudah. Efektif menghilangkan bau dan membuatnya makin lezat diolah menjadi berbagai masakan. Selamat mencoba!

Nah, itulah cara dan tips membersihkan babat sapi yang mudah. Efektif menghilangkan bau dan membuatnya makin lezat diolah menjadi berbagai masakan. Selamat mencoba!

Baca Juga: Tips Membersihkan Bak Cuci Piring, Lebih Mengilap dan Bebas Bau

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya