Comscore Tracker

Resep Sate Donat Tanpa Telur, Begini Cara Membuatnya yang Enak

Cocok untuk jadi minum teh atau ngopi

Ada banyak jajanan yang bisa dibuat di rumah tanpa menggunakan telur. Salah satunya sate donat. Kudapan ini hanya membutuhkan bahan-bahan yang sederhana, sehingga mudah dibuat.

Sate donat cocok banget dihidangkan sebagai teman minum teh atau ngopi saat pagi atau sore hari. Selain itu juga cocok menjadi untuk si kecil. Nah, berikut resep sate donat tanpa telur yang bisa kamu coba buat sendiri di rumah.

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Sate Donat Tanpa Telur, Begini Cara Membuatnya yang Enakkampungkue.com

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat sate donat dibagi menjadi tiga, yakni bahan adonan, bahan biang, dan bahan topping. Yuk, intip bahan-bahannya berikut ini!

Bahan adonan:
- 200 gram tepung Cakra
- 1 sdt baking powder
- 3 sdm minyak goreng
- 1/2 sdt garam
- minyak goreng
- tusuk sate secukupnya

Bahan biang:
- 250 ml susu cair (hangatkan)
- 2 sdt ragi
- 3 sdt gula pasir

Bahan topping:
- gula halus secukupnya

2. Aduk rata susu dengan bahan lainnya

Resep Sate Donat Tanpa Telur, Begini Cara Membuatnya yang Enakselerasa.com

Untuk membuat sate donat, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah siapkan wadah, masukkan semua bahan biang, lalu aduk rata dan diamkan selama sekitar 10 menit.

Di wadah lainnya, campurkan tepung Cakra dan baking powder, aduk hingga merata. Setelah itu, masukkan bahan biang yang sudah dicampurkan tadi, lalu aduk kembali hingga tercampur rata.

Selanjutnya tambahkan 2 sdm minyak goreng ke dalam adonan. Aduk kembali hingga rata dan diamkan selamat 30 menit sembari wadah ditutup kain.

Baca Juga: Resep Sate Maranggi yang Gurih, Bikin Lidah Bergoyang

3. Goreng hingga kecokelatan

Resep Sate Donat Tanpa Telur, Begini Cara Membuatnya yang Enakinstagram.com/cynthiahali

Setelah 30 menit, kempeskan adonan yang sudah mengembang, tambah lagi 1 sdm minyak goreng agar adonan tidak terlalu lengket. Tuang adonan ke dalam plastik 1 kg, lalu potong ujungnya.

Selanjutnya, panaskan minyak goreng, keluarkan adonan dari ujung plastik pelan-pelan sehingga membentuk bulatan donat. Gunting setiap adonan, lalu goreng hingga matang kecokelatan. Jangan lupa bolak-balik adonan agar matang merata.

Angkat dan tiriskan adonan yang sudah matang. Siapkan wadah berisi gula halus.

Gulirkan donat ke gula halus, lalu tusuk dengan tusukan sate. Kamu juga bisa memberikan topping lainnya sesuai selera, seperti cokelat atau keju. 

Nah, itulah resep membuat sate donat tanpa telur untuk camilanmu di rumah. Beraktivitas di rumah aja jadi makin semangat, deh!

Baca Juga: Resep Bumbu Sate Daging Kambing Empuk, Legit Banget!

yummy-banner

Topic:

  • Andry Trisandy
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya