Comscore Tracker

5 Tips Membersihkan Botol Minum Plastik, Gak Ada Bau Amis Tertinggal

Botol minum plastik bisa jadi sarang bakteri dan kuman

Perlu cara yang tepat untuk membersihkan botol minum plastik, supaya lebih awet dan bebas bakteri. Botol plastik yang dimaksud di sini adalah botol minum yang memang bisa dipakai berulang, bukan botol minum sekali pakai.

Botol plastik sekali pakai biasanya memiliki kode PET dengan angka 1. Sementara botol plastik yang bisa dipakai berulang memiliki kode dengan angka 2.

Botol ini terbuat dari HDPE (high-density polyethylene) dengan ciri bahan yang lebih tebal dan berwarna keputihan mirip susu.

Untuk membersihkan botol minum plastik sebenarnya cukup mudah. Ada beberapa tips agar botol minum plastik tidak mudah kusam dan meninggalkan bau tak sedap. Berikut sederet tips untuk membersihkan botol minum plastik.

1. Gunakan cairan sabun pembersih dan air hangat

5 Tips Membersihkan Botol Minum Plastik, Gak Ada Bau Amis Tertinggalcleanipedia.com

Cara sederhana untuk membersihkan botol minum plastik adalah dengan menggunakan cairan sabun pembersih dan air hangat.

Tuang 2 tetes sabun pembersih dan 1/4 kapasitas air pada botol. Setelah itu, kocok dengan perlahan hingga muncul busa, lalu diamkan semalaman.

Selanjutnya buang air sabun, lalu bilas kembali menggunakan air hangat. Pastikan tidak ada busa yang tersisa. Setelah itu, kamu bisa mengeringkan botol sebelum digunakan kembali.

2. Tambahkan baking soda

5 Tips Membersihkan Botol Minum Plastik, Gak Ada Bau Amis Tertinggalhealthline.com

Baking soda dikenal sebagai bahan dapur serbaguna. Selain digunakan untuk memasak, baking soda juga bisa digunakan untuk membantu membersihkan botol minum plastik.

Cara menggunakannya sama dengan poin nomor satu. Kamu tinggal menambahkan baking soda sebanyak 1/3 ukuran botol ke dalam campuran air hangat dan cairan sabun pembersih.

3. Gunakan sikat khusus botol

5 Tips Membersihkan Botol Minum Plastik, Gak Ada Bau Amis Tertinggalnaturecode.org

Jika punya dana lebih, kamu bisa membeli sikat khusus botol yang berkualitas untuk membersihkan bagian dalam botol yang tak terjangkau tangan.

Sikat khusus ini bisa membersihkan sisa-sisa cairan minuman yang menempel di dalam botol. Kamu juga bisa membeli sikat yang biasa digunakan untuk membersihkan botol susu bayi.

Sikat model ini biasanya mempunyai bulu sikat yang besar pada salah satu ujung dan bulu sikat yang kecil pada ujung lainnya.

Baca Juga: 5 Tips Membersihkan Botol Minum Tupperware yang Mudah

4. Jangan lupa bersihkan juga tutup botolnya

5 Tips Membersihkan Botol Minum Plastik, Gak Ada Bau Amis Tertinggalsohu.com

Setelah membersihkan botol, jangan lupa membersihkan tutup botolnya juga. Bagian ini sering terlupakan, padahal bisa jadi sarang noda dan juga kuman.

Sisa minuman juga bisa menempel di tutup botol sehingga bisa menimbulkan aroma tak sedap jika tidak dibersihkan dengan benar.

Kamu bisa menggunakan cairan sabun pembersih dan air hangat untuk membersihkan tutup botol. Jangan lupa dibilas hingga bersih dan dikeringkan sebelum digunakan kembali.

5. Gunakan bubuk kopi atau daun teh kering

5 Tips Membersihkan Botol Minum Plastik, Gak Ada Bau Amis Tertinggalidukkivalley.com

Kamu bisa menggunakan bubuk kopi atau daun teh kering untuk menghilangkan aroma tak sedap yang masih menempel pada botol minum plastik.

Caranya  mudah. Kamu tinggal masukkan beberapa sendok bubuk kopi atau daun teh kering ke dalam botol, tutup rapat, lalu diamkan beberapa jam. Setelah itu, buang bubuk kopi atau daun teh kering hingga bersih.

Nah, itulah beberapa cara dan tips membersihkan botol minum dari plastik. Dijamin lebih bersih tanpa meninggalkan bau tak sedap, deh. Selamat mencoba!

Baca Juga: 4 Cara dan Tips Ampuh Membersihkan Botol Minum yang Berlumut

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya