Comscore Tracker

5 Cara Beda Nikmati Sereal Buat Camilan Sehat di Malam Hari

#MasakItuGampang Gak perlu takut berat badan naik

Buat kamu yang gak biasa makan nasi, roti dan sereal sudah pasti jadi alternatif makanan yang bisa kamu pilih. Selain praktis, sereal juga punya ragam jenis dan rasa yang bisa disesuaikan sama selera kamu. Biasanya nih, sereal disantap bersama dengan susu cair segar.

Enak sih, tapi lama-lama apa gak bosen? Coba deh kreasikan sereal favorit kamu jafi sedikit lebih beda. Misalkan, granola yang dipadukan sama susu dan buah segar. Dijamin deh, acara makan sereal kamu bakal lebih kaya rasa dan sehat.

Tertarik mencoba? Nih penulis kasih 5 contekan resepnya.

1. Cereal Bar

5 Cara Beda Nikmati Sereal Buat Camilan Sehat di Malam Hariunsplash.com/ Jade Wulfraat

Sebungkus cereal bar yang dijual dipasaran biasanya, dibandrol dengan harga yang lumayan. Nah daripada beli, kamu bisa kok bikin sendiri di rumah pakai sereal jagung favoritmu.

Bahan-bahan:

  • 150 gram oatmeal instan
  • 50 gram sereal jagung
  • 50 gram kismis, potong-potong jadi dua bagian
  • 25 gram kacang mete sangrai lalu potong kasar
  • 25 gram kacang almon sangrai lalu potong kasar
  • 5 sdm selai kacang creamy
  • 5 sdm madu
  • secukupnya esens vanilla
  • secukupnya mentega tawar

Cara memasak:

  1. Siapkan mangkok, campur semua bahan dan aduk rata. Sisihkan
  2. Panaskan wajan anti lengket, beri mentega lalu biarkan hingga meleleh kemudian masukkan madu dan esens vanilla. Kecilkan api, biarkan hingga meletup-letup
  3. Masukkan campuran bahan kering, aduk hingga larutan mentega dan madu tercampur merata. Angkat
  4. Tuangkan adonan ke dalam loyang, tekan-tekan hingga padat dan memiliki ketebalan yang pas
  5. Simpan dalam lemari es selama kurang lebih 30 menit.
  6. Keluarkan dan potong-potong sesuai selera.

2. Granola Smoothie bowl

5 Cara Beda Nikmati Sereal Buat Camilan Sehat di Malam Hariunsplash.com/nick beswick

Pernah nyobain smoothie bowl yang sempat hits? Sekarang kamu bisa bikin sendiri di rumah lho. Isi buah-buahannya bisa kamu sesuaikan selera dan banyaknya pun bisa kamu atur suka-suka. Kali ini sereal yang digunakan jenis granola ya.

Bahan-bahan:

  • 1 buah pisang boleh jenis raja atau sunpride, kupas masukkan dalam freezer
  • 1 potong buah naga merah, potong-potong masukkan dalam freezer
  • 1 gelas susu cair
  • 2 sdm madu

Bahan topping:

  • 2 buah kiwi, potong bulat atau sesuai selera
  • 50 gram granola
  • 1 sdt chia seeds
  • 1/2 cup kacang mede cincang
  • 3 buah strawberry, iris bentuk kipas
  • 1 potong mangga
  • 1 buah pisang iris

Cara memasak:

  1. Masukkan pisang dan buah naga yang telah dibekukan ke dalam blender, lalu tambahkan susu serta madu. Haluskan
  2. Tuang ke dalam mangkok, kemudian beri topping buah-buahan sesuai selera.
  3. Tambahkan granola, kacang mede dan chia seed. Sajikan selagi dingin.

3. Roti dan granola

5 Cara Beda Nikmati Sereal Buat Camilan Sehat di Malam Hariunsplash.com/James Harris

Merasa kurang kenyang kalau cuma makan sereal? Kamu bisa padukan roti gandum dengan granola serta selai pisang untuk sarapan besok.

Bahan-bahan:

  • 2 lembar roti gandum
  • secukupnya granola
  • 1 buah pisang sunpride
  • 2 sdm selai cokelat
  • 1 sdm selai kacang chunky

Cara memasak:

  1. Dalam bowl, haluskan pisang bersama selai cokelat dan kacang hingga halus menyerupai pasta. Sisihkan.
  2. Ambil selembar roti gandum lalu olesi dengan pasta pisang dan taburi bagian atasnya dengan sereal granola. Tutup dengan selembar roti gandum. Siap disantap buat sarapan ataupun sahur.

4. Mix seral with fruits

5 Cara Beda Nikmati Sereal Buat Camilan Sehat di Malam Hariunsplash.com/Ovidiu Creanga

Masih setia sama cara lama makan seral dengan susu? Gak masalah, mungkin kamu bisa tambahkan beberapa potong buah segar agar kandungan gizinya bertambah.

Bahan-bahan:

  • 3 sdm sereal jagung
  • 3 sdm sereal cokelat
  • 3 sdm sereal rasa buah-buahan
  • 1/4 buah melon kuning
  • 1 potong mangga
  • 2 buah strawberry
  • 1 gelas susu almond dingin
  • secukupnya kismis untuk taburan

Cara memasak:

  1. Potong-potong buah sesuai selera, sisihkan.
  2. Siapkan mangkok, masukkan potongan buah-buahan lalu tambahkan mix sereal
  3. Tuangkan susu almond ke dalam mangkok, aduk sebentar
  4. Terakhir taburkan kismis dan siap buat disantap

5. Granola parfait

5 Cara Beda Nikmati Sereal Buat Camilan Sehat di Malam Hariunsplash.com/Vince Schwidder

Pengen berkreasi bikin desert sehat nan cantik? Kamu bisa menggunakan granola sereal untuk membuat dessert ala Perancis, yaitu parfait. Bahannya simple dan cara bikinnya juga gak gitu ribet. Tentunya cantik dan sehat.

Bahan-bahan:

  • secukupnya yogurt tawar, yang bentuk kental ya
  • secukupnya seral granola
  • 2 buah strawberry potong sesuai selera
  • 2 buah kiwi potong sesuai selera
  • 6 potong jeruk mandarin buang kulit arinya

Cara memasak:

  1. Siapkan gelas jar kecil, tuangkan 2 sdm yogurt lalu tumpuk dengan buah-buahan.
  2. Beri 2 sdm yogur lagi dan terakhir taburi dengan sereal granola.
  3. Masukkan ke dalam lemari es atau freezer selama kurang lebih 20 menit. Sajikan dingin.

Gimana 5 resep sereal barusan berhasil bikin kamu "mupeng" pengen nyoba gak? Ternyata makan sereal bisa lebih sehat dan nikmat bukan? Yuk, dicoba resepnya.

 

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya