Kehabisan Garam? 5 Bahan Makanan Ini Bisa Jadi Solusi

#MasakItuGampang Gak sekadar asin, masakanmu jadi makin kaya rasa!

Lagi asyik masak dan baru sadar kalau persediaan garam di dapur habis. Aduh, mana sayur belum dibumbuin lagi. Tenang-tenang, gak perlu panik.

Selain garam, ternyata 5 bahan makanan ini juga bisa jadi alternatif untuk memberi rasa pada masakan. Gak perlu berlama-lama penasaran kan 5 bahan yang dimaksud apa aja? Yuk cek.

1. Margarin

Kehabisan Garam? 5 Bahan Makanan Ini Bisa Jadi Solusicas.sk

Mungkin sebagian dari kita ada yang belum tahu kalau margarin itu mengandung garam. Nah, kalau kamu pengen bikin telor mata sapi tapi gak menemukan garam di dapur, bisa menggunakan margarin sebagai pengganti minyak, sekalian buat pemberi rasa asin pada telur buatanmu.

Oya, siapa nih yang pernah makan nasi anget yang di atasnya dikasih margarin? Enak juga lho ternyata.

2. Ikan asin

Kehabisan Garam? 5 Bahan Makanan Ini Bisa Jadi Solusislametux.wordpress.com

Sudah barang tentu dong ya, yang namanya ikan asin pasti rasanya asin. Ya, pengasinan pada ikan dilakukan agar ikan lebih awet bahkan bisa bertahan hingga beberapa bulan. Misalkan kamu mau bikin nasi goreng tanpa garam (karena stock abis) bisa diganti pakai ikan asin.

Selain memberi rasa asin, penggunakan ikan asin pada nasi goreng juga akan menambah cita rasa dan aroma di masakanmu. Jadi makin lahap deh makannya.

3. Kecap ikan

Kehabisan Garam? 5 Bahan Makanan Ini Bisa Jadi Solusijd.id

Biasa disebut pula fish sauce, merupakan fermentasi ikan dengan garam yang diambil cairan atau minyaknya. Cita rasanya agak kuat sih dan aromanya pun tajam. Kecap ikan cocok buat bikin masakan berkuah atau tumis seperti sup atau ca kangkung.

Kalau kamu penggemar goreng-gorengan, bisa juga bikin sambel cocol dengan mencampur cabai, bawang merah iris dan kecap ikan.

4. Kecap asin

Kehabisan Garam? 5 Bahan Makanan Ini Bisa Jadi Solusiklikindomaret.com

Ada kecap manis ada juga kecap asin. Sekilas warna keduanya agak-agak mirip ya. Cuman bedanya, kecap asin punya tekstur yang lebih cair ketimbang kecap manis. Kecap asin juga dibuat dari fermentasi kedelai, bedanya dalam pembuatan kecap asin ditambahkan garam.

Kecap asin cocok untuk bumbu masakan tumis-tumisan dan juga kuah. Hati-hati dalam menggunakannya ya, jangan terlalu banyak juga nanti malah jadi aneh deh rasanya. Icip dulu sebelum memutuskan buat nambahin kecap asin lagi apa gak.

5. Saus tiram

Kehabisan Garam? 5 Bahan Makanan Ini Bisa Jadi Solusijd.id

Penulis suka banget nih bikin nasi goreng atau tumis kangkung pakai saus tiram dan gak perlu ditambahin garem lagi. Cita rasanya umami banget alias gurih. Katanya sih, buat saus tiram yang kualitas bagus, gak ditambahin garam, jadi pure daging tiram yang dimasak sampai mengental. Tapi untuk saus tiram kebanyakan di pasaran sudah ditambahin garam, meski dalam jumlah kecil.

Sekarang gak perlu panik lagi ya kalau di tengah "prosesi" masak garam mendadak habis. Dengan 5 bahan makanan di atas, kamu tetep bisa bikin masakan enak meski gak diberi garam sekalipun. Happy cooking ya!

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya