Comscore Tracker

5 Cara Bikin Bread Crumbs Sendiri di Rumah, Mudah dan Murah

Cukup satu bahan aja nih

Bread Crumbs, remah roti atau biasa dikenal juga dengan sebutan tepung panko, biasa digunakan untuk melapisi aneka gorengan seperti risol dan nugget. Sesuai namanya, bread crumbs terbuat dari roti. Biasanya bread crumbs dijual dalam kemasan plastik, dengan warna putih atau orange mentereng dan teksturnya yang kasar.

Daripada membeli, kamu bisa lho bikin sendiri bread crumbs di rumah dengan versi yang lebih sehat. Bahkan, bisa pula dibuat dengan warna hijau yang segar dan anti mainstream. Nah, kali ini kamu bisa memanfaatkan sisa roti tawar di dapur sebagai bahan dasar. Nah, berikut step by step cara membuatnya

1. Siapkan roti tawar, pilih roti yang masih layak konsumsi dan tidak berjamur ya

5 Cara Bikin Bread Crumbs Sendiri di Rumah, Mudah dan Murahinstagram.com/rachna.rachna.94402

Untuk menghasilkan 100 gram bread crumbs, kamu membutuhkan setidaknya 4 lembar roti tawar. Pilihlah roti tawar yang masih layak makan dan pastikan tidak terdapat jamur di permukaannya, supaya bread crumbs yang dihasilkan bisa tahan lama. Kamu dapat memakai roti tawar biasa, tanpa kulit, roti tawar gandum atau roti tawar pandan yang berwarna hijau.

2. Haluskan roti dengan bantuan food processor

5 Cara Bikin Bread Crumbs Sendiri di Rumah, Mudah dan Murahinstagram.com/uncommonsenseworld

Sebelum dihaluskan, sobek-sobek kasar terlebih dahulu roti tawarnya. Bila kamu ingin menghasilkan bread crumbs yang putih bersih, bisa memakai roti tawar tanpa kulit atau menghilangkan bagian pinggirnya. Setelah itu, masukkan roti ke dalam food processor dan haluskan sebentar, jangan sampai terlalu lama. Cukup hingga roti terpotong kasar saja.

Baca Juga: Resep Butterbing Cookie, Menu Khas ala Cafe di Melbourne

3. Panaskan oven dan siapkan loyang

5 Cara Bikin Bread Crumbs Sendiri di Rumah, Mudah dan Murahinstagram.com/gaspitztorii_xo

Langkah selanjutnya adalah memanggang roti hingga kering. Pertama-tama, panaskan terlebih dahulu oven dengan suhu 180 derajat celcius selama 10 menit. Setelah oven panas, siapkan loyang yang sudah diberi alas kertas minyak. Taruh roti tawar yang sudah dihaluskan di atas loyang lalu panggang selama 3-5 menit.

4. Hilangkan uap panas dan pastikan bread crumbs sudah benar-benar dingin

5 Cara Bikin Bread Crumbs Sendiri di Rumah, Mudah dan Murahinstagram.com/thefreshbreaddaily

Setelah 3-5 menit atau dirasa bread crumbs sudah cukup kering, keluarkan dari oven dan dinginkan hingga uap panasnya hilang. Setelah benar-benar dingin, simpan bread crumbs dalam wadah kedap udara. Agar kerenyahannya tetap terjaga.

5. Bread crumbs siap digunakan

5 Cara Bikin Bread Crumbs Sendiri di Rumah, Mudah dan Murahinstagram.com/meeats5

Kamu bisa langsung memakai bread crumbs buatan sendiri ini, sebagai pelapis risol mayo, nugget ayam atau bakso goreng. Agar lebih enak, kamu juga bisa menambahkan bahan lain seperti oregano kering, parutan keju cedar atau cabe bubuk.

So, tertarik mencoba membuat sendiri bread crumbs ala kamu di rumah?

Baca Juga: Resep Membuat Boh Rom-Rom, Kue Khas Aceh yang Lumer di Mulut

Angel Rose Photo Community Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You