10 Masakan Khas Jawa Cocok untuk Buka dan Sahur

Semua jadi menu favorit buka puasa.

Masakan Jawa menjadi salah satu makanan yang khas karena kaya rempah-rempahnya. Tak hanya ada di warung tegal, masakan Jawa juga biasa disajikan di restoran-restoran terkenal. Ada 10 masakan Jawa berikut ini yang bisa kamu jadikan menu buka dan sahur, lho.

1. Nasi Gandul dari Pati.

10 Masakan Khas Jawa Cocok untuk Buka dan Sahur ratukuliner.com

Nasi gandul ini adalah nasi uduk yang penyajiannya pakai daun pisang. Dengan kuah yang segar, ditambah lauk berupa daging sapi yang sudah diolah, tentu akan membuat nasi gandul ini menjadi lebih lezat. Cocok menemani sahur atau buka puasa kamu.

2. Solo punya nasi liwet.

10 Masakan Khas Jawa Cocok untuk Buka dan Sahur selerasa.com

Nasi liwet ini disajikan dengan potongan ayam dan kadang pakai labu siam. Masak nasi liwet ini hampir sama kayak membuat nasi uduk biasanya. Masak beras pakai santan dari kelapa yang sudah tua biar tambah gurih rasanya. Simpel kan?

3. Soto ayam dan daging asal Kudus.

10 Masakan Khas Jawa Cocok untuk Buka dan Sahur resepayam.net

Bedanya dari soto yang lain adalah penyajiannya pakai mangkok kecil. Selain itu, soto Kudus ada dua versi yakni mengunakan daging ayam atau daging kerbau. Penasaran dengan daging kerbau? Cobain soto Kudus, deh.

4. Mangut beong, khas pedas dan berkuah, dari Magelang.

10 Masakan Khas Jawa Cocok untuk Buka dan Sahur viva.co.id

Masakan ini adalah mangut yang terbuat dari ikan beong. Sekilas, ikan beong mirip ikan lele. Ikan beong merupakan ikan khas yang ada di Sungai Progo, Jawa Tengah. Rasanya lezat karena dagingnya tidak begitu lembut dan tidak mudah hancur. Pedas dan berkuas, seger nih buat buka puasa. Pedasnya bisa kamu sesuaikan ya supaya perut kamu tidak sakit.

5. Brekecek dari kota Cilacap. Harus coba nih!

10 Masakan Khas Jawa Cocok untuk Buka dan Sahur Kompas.com

Brekecek adalah makanan khas berbahan dasar ikan jahan atau ikan pathak. Ada pula yang yang menggunakan bahan dari kepala ikan laut atau hewan bernama basur atau menthok. Ditambah dengan teh hangat lebih mantap. Bikin buka puasamu makin nikmat.

Baca juga: Agar Puasamu Nanti Gak Bolong, Pelajari 8 Menu Sahur Ala Anak Kos Ini!

6. Nasi grombyang yang banyak kuahnya, asal Pemalang.

10 Masakan Khas Jawa Cocok untuk Buka dan Sahur umiresep.com

Penamaan makanan yang satu ini berasal dari cara penyajiannya, yaitu kuahnya lebih banyak dari pada isi. Sehingga kelihatan bergoyang, atau grombyang-grombyang. Kuliner khas ini terbuat dari daging kerbau, nasi, dan kuah. Penyajiannya menggunakan mangkuk kecil dan dilengkapi juga dengan sate kerbau. Bisa banget, nih jadi hidangan sahur dan buka puasa.

7. Ada mie ongklok khas Wonosobo.

10 Masakan Khas Jawa Cocok untuk Buka dan Sahur makanjalan.com

Mie yang satu ini direbusdan diracik bersama kol dan potongan daun kucai. Kuah pada mie ini menggunakan kanji, jadi akan lebih kental dari pada kuah mie biasanya. Untuk menikmati mie ongklok, kamu bisa memilih sate sapi, tempe kemul, atau keripik tahu sebagai pendampingnya.

8. Nasi Bogana, enak disajikan dengan daun pisang.

10 Masakan Khas Jawa Cocok untuk Buka dan Sahur Viva.co.id

Nasi bogana atau nasi begana adalah hidangan nasi gaya Indonesia, berasal dari Tegal, Jawa Tengah. Biasanya dibungkus daun pisang dan disajikan dengan berbagai lauk. Proses pembuatannya yang simpel sangat cocok dijadikan menu buka puasa dan sahur.

9. Soto sokaraja khas Banyumas, beda dengan soto lainnya.

10 Masakan Khas Jawa Cocok untuk Buka dan Sahur harianresep.co.id

Soto Sokaraja memiliki campuran bumbu sambal kacang dan ketupat merupakan ciri khas soto ini. Hidangan yang segar berkuah ini membuat kamu pengen nambah porsi deh.

10. Garang asem, pakai sambal terasi terasa lebih nikmat!

10 Masakan Khas Jawa Cocok untuk Buka dan Sahur jenzcorner.net

Makanan yang satu ini merupakan olahan berbahan dasar ayam yang dimasak bersama santan menggunakan daun pisang sebagai pembungkusnya. Rasa dari garang asem ini asam dan juga pedas, pasti sangat menggugah kamu untuk melahapnya. Recommended banget buat buka puasa.

Kamu sudah cobain yang mana?

Baca juga: 11 Makanan & Minuman yang Kudu Dihindari Saat Sahur & Berbuka

 

Anis Junair Photo Verified Writer Anis Junair

Dengan raga, aku bisa menulis. Dengan jiwa, aku jadi penulis.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topik:

  • Dewi Suci Rahayu

Berita Terkini Lainnya