Comscore Tracker

Kenalan Yuk dengan 6 Jenis Saus Pasta yang Ada di Pasaran Ini!

Adakah saus pasta favoritmu di dalam daftar?

Pasta merupakan makanan khas Italia. Ada beragam jenis pasta yang ada di dunia diantaranya adalah ravioli, spaghetti, fettuccine, fusilli, penne dan masih banyak lagi.

Biasanya olahan pasta tersebut disajikan dengan beberapa saus pendamping. Untuk itu kenalan, yuk dengan 6 jenis saus pasta yang ada di pasaran berikut ini

1. Marinara

Kenalan Yuk dengan 6 Jenis Saus Pasta yang Ada di Pasaran Ini!instagram.com/recipe30

Saus marinara terbuat dari tomat segar, bawang bombay, bawang putih, rempah-rempah khas Italia dan minyak zaitun. Hampir mirip dengan saus bolognese hanya saja saus marinara tidak menggunakan cincangan daging seperti saus bolognese.  

Kebanyakan pula orang membuat saus marinara dan disajikan dengan seafood sebagai topping agar semakin lezat.

2. Pesto

Kenalan Yuk dengan 6 Jenis Saus Pasta yang Ada di Pasaran Ini!instagram.com/nourishingalex

Dari semua varian saus pasta, bisa dikatakan saus pesto-lah yang paling sehat.

Pesto terbuat dari tumbukan daun basil dan dicampur dengan minyak zaitun. Setelah melalui proses penumbukan dan memiliki tekstur cair seperti bubur, saus pesto langsung dituang ke pasta dan disajikan. Agar menambah cita rasa gurih biasanya ditambahkan parutan keju di atasnya.

3. Carbonara

Kenalan Yuk dengan 6 Jenis Saus Pasta yang Ada di Pasaran Ini!instagram.com/foodiemuse

Carbonara terbuat dari krim kental atau susu, keju, bawang putih, garam dan lada. Carbonara juga merupakan salah satu varian saus terpopuler sebagai pendamping pasta di pasaran. Hasil akhir yang akan didapatkan adalah creamy serta gurih.

Agar lebih lezat biasanya ketika disajikan ditambahkan potongan daging asap dan keju di atasnya.

Baca Juga: 5 Cara Gampang Masak Rose Pasta, Pasta Creamy Hits di Korea Selatan

4. Bolognese

Kenalan Yuk dengan 6 Jenis Saus Pasta yang Ada di Pasaran Ini!instagram.com/thrivemags

Varian saus pasta yang satu ini pasti sudah sangat tidak asing di telinga kamu bukan? Saus Bolognese merupakan salah satu varian saus pasta yang terbuat dari tomat segar, rempah-rempah khas Italia, bawang bombay, bawang putih, dan minyak zaitun. Lalu, ada pula campuran daging cincang di dalamnya.

5. Aglio Olio

Kenalan Yuk dengan 6 Jenis Saus Pasta yang Ada di Pasaran Ini!instagram.com/fabriziomacali

Dalam bahasa Italia aglio berarti bawang putih dan olio berarti minyak zaitun. Dari pengertian ini saja sudah langsung bisa ditebak bahan utama apa yang ada jika kamu ingin membuat saus pasta yang satu ini.

Bisa dibilang juga pasta dengan saus aglio olio termasuk saus pasta yang paling mudah dibuat saat di rumah karena hanya terdiri dari bawang putih, minyak zaitun, keju parmesan, serta daun parsley. Hasil akhir dari cita rasa saus pasta ini adalah asin dan gurih.

6. Alfredo

Kenalan Yuk dengan 6 Jenis Saus Pasta yang Ada di Pasaran Ini!instagram.com/thesecarbsdontcount

Saus alfredo terbuat dari krim kental, butter, garam, keju, lada, bawang serta rempah-rempah khas Italia.

Jika dilihat sepintas penampilan saus alfredo ketika disajikan sangat mirip dengan carbonara. Hanya saja yang akan membedakan adalah dari cita rasa dan teksturnya. Carbonara memiliki cita rasa keju yang sangat kuat dengan tekstur yang tidak terlalu creamy. Alfredo bisa dikatakan memiliki tekstur yang jauh lebih kental dibanding dengan carbonara.

Demikian, 6 jenis saus pasta yang ada di pasaran. Bagaimana, sekarang sudah tidak perlu bingung lagi kan untuk membedakan?

Baca Juga: 6 Kesalahan Memasak Pasta yang Tidak Disadari, Hayoo Ngaku!

Annisa Nur Fitriani Photo Community Writer Annisa Nur Fitriani

a talkative who loves to write and tweeting | “Even a falling star still shines” - Tablo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You