Comscore Tracker

Jangan Asal, 7 Jenis Makanan Ini Sebaiknya Tidak Disimpan dalam Kulkas

Ayo, cek lagi isi kulkasmu ya

Kulkas yang penuh dengan makanan merupakan impian setiap orang, bukan? Namun, kamu perlu memperhatikan juga apa saja yang boleh dimasukkan dan apa saja yang tidak boleh dimasukkan. Jangan asal agar penuh saja lalu kamu memasukkan semua makanan ke dalam kulkas.

Mau tahu apa saja 7 jenis makanan yang tidak boleh asal disimpan di dalam kulkas? Simak ulasannya berikut ini.

1. Roti tawar

Jangan Asal, 7 Jenis Makanan Ini Sebaiknya Tidak Disimpan dalam KulkasPexels.com/Pixabay

Seperti yang kita tahu bahwa roti tawar dibuat tanpa bahan pengawet sehingga akan lebih mudah dan cepat berjamur. Namun, jangan gunakan hal tersebut untuk langsung menyimpannya ke dalam kulkas, ya.

Selain akan membuat roti cepat keras, menyimpannya dalam suhu dingin hanya akan membuatnya cepat basi, lho. Sebaiknya simpan roti tawar di dalam suhu ruang saja yang kering dan sejuk.

2. Tomat

Jangan Asal, 7 Jenis Makanan Ini Sebaiknya Tidak Disimpan dalam KulkasPexels.com/PhotoMIX Ltd.

Jika kita berpikir meletakkan tomat ke dalam kulkas akan membuatnya segar, hal ini salah besar. Meletakkan tomat di dalam kulkas justru hanya akan membuatnya kusam dan cepat rusak atau busuk.

Sebaiknya letakkan tomat di dalam suhu ruang dan segera dikonsumsi dalam jangka waktu dekat setelah pembelian.

3. Alpukat

Jangan Asal, 7 Jenis Makanan Ini Sebaiknya Tidak Disimpan dalam KulkasPexels.com/Anne

Kandungan antioksidan alpukat akan berkurang jika di simpan di dalam kulkas. Selain itu, meletakkannya dalam lemari pendingin hanya akan membuat proses kematangannya lebih lama.

Jika kamu ingin mempercepat proses kematangan, letakkan alpukat di dalam beras atau letakkan saja di dekat buah pisang karena gas yang dikeluarkan buah pisang akan membantu proses pematangan buah lain di dekatnya lebih cepat.

Baca Juga: 7 Bahan Alami Ini Ampuh Usir Bau Tak Sedap pada Kulkas

4. Bawang

Jangan Asal, 7 Jenis Makanan Ini Sebaiknya Tidak Disimpan dalam KulkasPexels.com/Isabella Mendes

Sering kali kita berpikir menyimpan bawang di dalam kulkas agar terhindar dari tumbuhnya tunas. Padahal, lebih baik bawang disimpan di ruangan yang memiliki ventilasi baik saja sudah cukup.

Untuk menghindari tumbuhnya tunas bisa memilih untuk menyimpan bawang di tempat yang gelap. Jika tetap memaksa menaruhnya di dalam kulkas yang terjadi adalah tekstur bawang tidak lagi keras dan juga warnanya akan berubah menjadi kusam.

5. Madu

Jangan Asal, 7 Jenis Makanan Ini Sebaiknya Tidak Disimpan dalam KulkasPexels.com/Mareefe

Madu dapat bertahan lebih lama jika disimpan dalam wadah yang bersih dan tertutup. Karena jika kita memaksa memasukkan ke dalam kulkas, suhu dingin akan membuat madu mengental, mengeras bahkan membuatnya mengkristal. Selain itu, menyimpannya di dalam kulkas hanya akan membuatnya kehilangan nutrisi dan khasiat.

6. Pisang

Jangan Asal, 7 Jenis Makanan Ini Sebaiknya Tidak Disimpan dalam KulkasPexels.com/Juan Salamanca

Suhu dingin kulkas hanya akan membuat pisang lebih cepat membusuk. Pasalnya suhu dingin akan mempengaruhi warna pisang menjadi berubah kecokelatan.

Sebaiknya letakkan saja pisang di dalam suhu ruang. Coba buktikan bahwa pisang yang di simpan di suhu ruang lebih segar dibandingkan dengan yang disimpan di dalam kulkas.

7. Kacang

Jangan Asal, 7 Jenis Makanan Ini Sebaiknya Tidak Disimpan dalam KulkasPexels.com/Shattha Pilabut

Suhu kulkas akan mengurangi rasa gurih alami yang dihasilkan oleh kacang. Hal ini disebabkan kulit dari kacang akan menyerap bau dari bahan makanan lain yang kamu simpan di kulkas.

Bila kamu memang berencana ingin menyimpan kacang di dalam kulkas, sebaiknya masukkan kacang dalam wadah yang tertutup rapat dan simpan di dalam freezer.

Itulah, 7  jenis makanan yang tidak boleh asal disimpan di dalam kulkas. Ayo, cek lagi kulkasmu jangan sampai ada ketujuh makanan tersebut, ya.

Baca Juga: Diet dan Super Sibuk? 5 Makanan Ini Wajib Ada di Kulkas

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya