Comscore Tracker

Resep Bolu Susu Cokelat Kacang ala Rumahan, Lebih Hemat dan Simpel 

Lembutnya bikin ketagihan

Bolu susu kerap dijadikan buah tangan. Bolu berasal dari Lembang, Jawa Barat, ini terasa manis dan gurih ketika digigit. Selain itu, lembut dan wangi bolu susu menjadi beberapa alasan yang membuatnya begitu digemari.

Kamu tak perlu jauh-jauh ke Lembang hanya untuk menikmati sepotong bolu susu. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah, lho. Lebih praktis dan juga hemat, cara membuat bolu susu cokelat kacang ala rumahan sangat mudah, kok.

1. Bahan membuat bolu susu cokelat kacang

Resep Bolu Susu Cokelat Kacang ala Rumahan, Lebih Hemat dan Simpel ilustrasi bahan untuk membuat bolu susu. (thesweetedge.com)

Bahan utama:

  • 3 butir telur
  • 70 gram tepung terigu
  • 15 gram tepung maizena
  • 90 gram gula pasir
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1 sdt emulsifier
  • 1 sdt pasta vanila
  • 70 ml susu cair
  • 1 bungkus susu kental manis
  • 30 ml minyak goreng
  • 10 gram cokelat bubuk
  • 2 sdm air panas untuk melarutkan cokelat bubuk
  • kacang tanah cincang secukupnya
  • meses secukupnya

Bahan vla susu:

  • 100 ml susu cair
  • 1 bungkus susu kental manis
  • 1 sdm tepung maizena
  • pewarna cokelat atau moka secukupnya

2. Persiapkan bahan kering terlebih dahulu 

Resep Bolu Susu Cokelat Kacang ala Rumahan, Lebih Hemat dan Simpel ilustrasi mengayak tepung. (Pexels.com/Klaus Nielsen)

Siapkan wadah, lalu ayak tepung terigu hingga tak ada tepung yang menggumpal. Kemudian, masukkan tepung maizena ke dalam wadah tersebut.

Setelah itu, masukkan pula baking powder. Aduk kedua bahan tersebut hingga seluruh bahan kering tercampur. Pastikan tekstur keduanya sama-sama lembut dan gak menggumpal. Sisihkan sebentar.

3. Mikser adonan bolu susu

Resep Bolu Susu Cokelat Kacang ala Rumahan, Lebih Hemat dan Simpel ilustrasi mencampur adonan bolu susu dengan menggunakan mixer. (Pexels.com/Katerina Holmes)

Pecahkan tiga butir telur, tambahkan gula pasir dan emulsifier. Mikser ketiga bahan tersebut menggunakan dengan kecepatan tinggi hingga adonan berwarna putih, berjejak, dan mengembang.

Jika sudah, matikan mikser. Masukkan satu bungkus susu kental manis, susu cair, pasta vanila, dan juga minyak goreng ke dalam adonan.

Aduk lagi hingga tercampur rata menggunakan mikser berkecepatan rendah. Tuang adonan kering menjadi tiga bagian atau tuang sebanyak tiga kali dengan mencampurnya menggunakan mikser hingga semua adonan tercampur rata.

Baca Juga: Resep Bolu Gulung Pandan Tanpa Oven, Cara Buatnya Gampang!

4. Bagi adonan menjadi dua bagian 

Resep Bolu Susu Cokelat Kacang ala Rumahan, Lebih Hemat dan Simpel ilustrasi mengaduk adonan bolu susu coklat. (thekitchn.com)

Ambil wadah kering, tuang sebagian adonan ke dalamnya. Dengan begitu, kamu memiliki dua buah wadah berisi adonan bolu susu. Larutkan cokelat bubuk dengan air hangat sampai kental seperti pasta. Ambil sedikit adonan bolu sekitar satu spatula, lalu campurkan ke dalam pasta cokelat dan aduk rata.

Hal ini perlu dilakukan supaya warna cokelat lebih tercampur rata dibanding memasukkan langsung ke dalam salah satu adonan. Tuang campuran tersebut pada salah satu wadah. Campur menggunakan teknik aduk balik hingga seluruh adonan berwarna cokelat.

5. Kukus adonan bolu hingga matang

Resep Bolu Susu Cokelat Kacang ala Rumahan, Lebih Hemat dan Simpel ilustrasi mengukus bolu susu. (thecinnamonsheep.com)

Ambil loyang, lalu oles permukaannya menggunakan margarin. Alasi dengan kertas roti dan oles lagi bagian atas kertas roti agar hasil bolu susu lebih mulus. Tuang adonan berwarna putih ke dalam loyang. Ratakan jangan sampai ada bagian yang kosong.

Kamu juga boleh menghentakkannya untuk memastikan seluruh adonan tersebar. Kukus bolu susu selama kurang lebih 10-15 menit. Jika sudah matang, angkat dan tuang adonan cokelat. Kukus lagi dengan waktu 20 menit hingga matang.

Jangan lupa cek menggunakan tusuk gigi. Apabila tak ada adonan yang menempel berarti bolu susu sudah matang dengan sempurna. Angkat dan biarkan dingin pada suhu ruang.

6. Buat vla, lalu hias bolu susu coklat kacang

Resep Bolu Susu Cokelat Kacang ala Rumahan, Lebih Hemat dan Simpel bolu susu coklat kacang yang sudah dipotong-potong. (instagram.com/sasmitaedo)

Siapkan teflon, lalu masukkan susu kental manis, pewarna cokelat dan tepung maizena. Aduk hingga semua bahan larut. Nyalakan api kecil, masak hingga vla mengental. Ambil bolu susu yang sudah dingin. Iris tipis pinggirannya guna merapikan penampilannya.

Hal ini perlu dilakukan supaya bolu susu buatanmu mirip dengan bolu susu yang biasanya kamu beli. Setelah bolu sudah cantik, ambil vla dan ratakan di atasnya. Terakhir, taburi dengan meses dan kacang tanah cincang. Bolu susu cokelat kacang siap untuk disajikan.

Bagaimana, jauh lebih praktis dan hemat, kan? Tekstur bolu susu ala rumahan ini dijamin lembut banget sehingga cocok untuk dinikmati selagi bersantai dengan keluarga tercinta. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: 10 Kreasi Bolu Gulung yang Paling Favorit, Rasanya Enak Banget!

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya