Comscore Tracker

5 Tips Membuat Telur Dadar ala Warteg, Gampang dan Anti Gagal!

Coba bikin sendiri yuk di rumah

Siapa nih yang sering makan di Warteg? Pasti gak bakal asing dengan menu yang satu ini, deh. Selain aneka masakan yang dihidangkan ada satu menu sederhana tapi selalu bikin ketagihan. Yup, telur dadar! Telur dadar ala warteg yang krispi dan berenda ini ternyata terinspirasi dari talua barendo dari Padang, lho.

Nah buat kamu yang ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah, beberapa tips berikut akan membantu kamu dalam membuat telur dadar ala warteg yang pastinya anti gagal. Penasaran apa saja tipsnya? Cari tahu sama-sama, yuk!

1. Beda telur yang digunakan akan beda juga rasanya

5 Tips Membuat Telur Dadar ala Warteg, Gampang dan Anti Gagal!Pexels.com/Karolina Grabowska

Sebetulnya boleh-boleh saj  kok menggunakan satu bahan seperti telur ayam negeri atau mungkin telur bebek. Namun, hasilnya gak akan maksimal dibanding dengan kamu menggunakan perpaduan antara telur bebek dan telur ayam kampung.

Menggunakan perpaduan antara dua telur tersebut akan menghasilkan telur dadar yang jauh lebih krispi dan gurih. Sehingga, nafsu makan kamu akan jauh lebih meningkat dibanding dengan menggunakan telur ayam negeri saja.

2. Salah satu kunci rahasia: kocok telur hingga berbusa

5 Tips Membuat Telur Dadar ala Warteg, Gampang dan Anti Gagal!marthastewart.com

Jika memasak telur dadar pada umumnya hanya beberapa kali kocokan dan langsung digoreg begitu saja, Lain halnya nih dengan cara membuat telur dadar ini.

Kamu perlu mengocoknya hingga berbusa. Kamu bisa menggunakan bantuan whisk, garpu, ataupun sumpit. Hal ini perlu dilakukan agar hasil yang didapatkan bisa mekar, menyebar, dan berenda.

Baca Juga: Resep Mudah Telur Dadar Geprek Sambal Bawang yang Sedap ala Yummy 

3. Minyak goreng harus dalam jumlah banyak

5 Tips Membuat Telur Dadar ala Warteg, Gampang dan Anti Gagal!thehealthsite.com

Bila selama ini saat memasak telur, kamu kerap menggunakan sedikit minyak  maka untuk membuat telur yang satu ini diperlukan minyak dalam jumlah banyak. Hal ini diperlukan supaya telur bisa menggembang dan memunculkan renda yang akan membuatnya jadi bertekstur krispi.

Gak perlu sebanyak saat kamu akan menggoreng dengan teknik deep frying, namun gak terlalu sedikit juga layaknya kamu menggoreng telur biasanya.

4. Tuang telur dengan teknik khusus

5 Tips Membuat Telur Dadar ala Warteg, Gampang dan Anti Gagal!kitchenencounters.typepad.com

Setelah semuanya siap, kemudian tuang telur dengan menggunakan teknik khusus. Kamu perlu menuangkan telur dari atas secara perlahan. Gak perlu disebarkan layaknya kamu tengah membuat kremesan.

Maka dengan begitu, telur akan menyebar dan mengembang dengan sendirinya. Kocok bagian tengah dengan menggunakan garpu sebentar agar membuatnya semakin berenda.

5. Hindari membolak-balik terlalu sering

5 Tips Membuat Telur Dadar ala Warteg, Gampang dan Anti Gagal!lushesfood.com

Karena jumlah minyak yang terlalu banyak otomatis telur dadar akan menyerapnya, bukan? Oleh sebab itu, hindari untuk membolak-balik telur dengan terlalu sering. Semakin sering dibalik semakin banyak pula minyak yang terserap. Cukup balik beberapa kali hingga matang. Baru deh angkat dan siap disajikan.

Nah, itulah tadi beberapa tips membuat telur dadar ala warteg bagi pemula. Dijamin anti gagal, deh. Selamat mencoba, ya.

Baca Juga: 6 Fakta Unik Telur Pitan, Telur khas Tiongkok yang Berumur 1000 Tahun

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya