Comscore Tracker

Resep Bento Cake, Kue Ulang Tahun ala Korea yang Mudah Dibuat

Gak perlu beli, sekarang bisa bikin sendiri, deh!

Sejak 2019, bento cake mulai dikenal di Indonesia. Bento cake adalah kue ulang tahun berupa tart mini dihiasi oleh krim aneka warna. Bento cake juga punya nama lain, yaitu korean lunch box.

Diberi nama bento cake karena kue ini disajikan dalam wadah kecil mirip lunch box yang dikenal sebagai bento.  Ukuran kue ulang tahun ini terbilang kecil dan bisa dihabiskan sekali duduk.

Hiasan kue yang sederhana tapi tetap estetik juga jadi daya tarik sendiri yang membuat bento cake kian di gemari. Gak jarang, bento cake kini kerap dipilih sebagai salah satu alternatif kue ulang tahun, lho.

Dikenal sebagai kue ulang tahun yang mudah dan sederhana, tak ada salahnya untuk coba membuat sendiri di rumah. Bento cake buatanmu bisa dihias secantik mungkin, deh!

1. Bahan untuk membuat bento cake 

Resep Bento Cake, Kue Ulang Tahun ala Korea yang Mudah Dibuatilustrasi bahan untuk membuat bento cake (glutenfreebaking.com)

Bahan adonan kue:

  • 4 butir telur ayam
  • 150 gram gula pasir
  • 1 sdt emulsifier
  • 80 gram tepung terigu protein sedang
  • 35 gram cokelat bubuk
  • 1 sdt baking powder
  • 1 sdt vanili bubuk
  • 75 gram DCC/cokelat batangan
  • 120 gram mentega

Bahan butter cream:

  • 100 gram butter
  • 50 gram soft cream
  • 75 gram susu kental manis
  • pewarna makanan sesuai selera secukupnya

2. Buat adonan bento cake terlebih dahulu

Resep Bento Cake, Kue Ulang Tahun ala Korea yang Mudah Dibuatilustrasi membuat adonan dasar bento cake (Pexels.com/SHVETS production)

Campurkan margarin dan juga DCC dengan cara ditim. Aduk hingga kedua bahan ini larut, lalu angkat begitu sudah tercampur rata, tidak perlu ditunggu sampai mendidih, ya! Dinginkan campuran ini di dalam suhu ruang terlebih dahulu.

Selanjutnya, pecahkan telur ayam, lalu tuang gula pasir dan emulsifier. Kocok menggunakan mikser hingga mengembang. Ciri adonan kue sudah mengembang adalah  terlihat kental dan berjejak.

Jika sudah, masukkan campuran tepung terigu, baking powder, vanili, serta cokelat bubuk yang sudah diayak ke dalam adonan dasar bento cake. Kocok sebentar dengan kecepatan rendah.

Upayakan campur hingga rata saja jangan terlalu lama. Meski demikian, kamu juga bisa mencampur adonan menggunakan spatula dengan teknik aduk balik.

3. Panggang adonan kue hingga matang

Resep Bento Cake, Kue Ulang Tahun ala Korea yang Mudah Dibuatilustrasi memanggang kue ke dalam oven (Pexels.com/cottonbro)

Siapkan loyang yang akan digunakan untuk memanggang bento cake. Gunakan loyang bulat berdiameter 10 cm dan tinggi 4 cm atau juga bisa memakai loyang kotak berukuran 20x20x7 cm. Olesi margarin terlebih dahulu, alasi dengan kertas roti, lalu olesi lagi dengan margarin agar hasil base cake lebih mulus dan sempurna saat diangkat nanti.

Setelah itu, tuang adonan kue ulang tahun ke dalam loyang, lalu panggang dengan suhu 160 derajat Celsius selama 20 menit. Untuk suhu dan lama pemanggangan kue bisa disesuaikan dengan oven masing-masing, ya!

Sebelum dimasukkan ke dalam oven, hentakkan sedikit loyang yang berisi adonan. Jangan sampai ada sisa ruang yang membuat adonan bantat. Pastikan adonan bento cake siap memenuhi seluruh permukaan loyang. Bila sudah matang, angkat dan biarkan.

Baca Juga: Lagi Tren, 5 Alasan Bento Cake Digemari sebagai Kue Ulang Tahun

4. Sembari menunggu, buat butter cream-nya

Resep Bento Cake, Kue Ulang Tahun ala Korea yang Mudah Dibuatilustrasi membuat buttercream (instructables.com)

Tuang butter ke dalam wadah, lalu kocok hingga mengembang. Tambahkan soft cream dan mikser lagi hingga rata. Untuk kamu yang belum tahu, soft cream adalah pelembut untuk butter cream. Fungsi dari soft cream selain melembutkan juga agar membuat butter cream terasa lebih enak tanpa meninggalkan endapan di dinding mulut.

Lanjutkan dengan menambahkan susu kental manis, lalu mikser sampai adonan rata. Bagi butter cream menjadi beberapa wadah kecil. Masing-masing beri warna sesuai selera, ya. Umumnya, bento cake didominasi dengan warna pastel atau warna dasar.

Supaya gak terlalu mencolok, kamu tinggal mengambil tusuk gigi, lalu masukkan ke dalam pewarna baru letakkan ke dalam buttercream. Dengan begitu, warna yang dihasilkan jauh lebih soft.

5. Hias bento cake, lalu sajikan, deh!

Resep Bento Cake, Kue Ulang Tahun ala Korea yang Mudah Dibuatbento cake (instagram.com/mynimanami)

Kalau menggunakan loyang bulat, kamu tinggal merapikan adonan kue ulang tahun saja. Sementara, bila menggunakan loyang kotak, kamu bisa membentuk roti agar berbentuk bulat dengan menggunakan ring berdiameter 9 cm menjadi beberapa bagian.

Nah, setiap bagian nanti bisa kamu layer dengan butter cream putih. Demikian halnya dengan kamu yang menggunakan loyang bulat, bagi menjadi dua atau tiga bagian, lalu di antara layer tambahkan butter cream.

Selanjutnya, lapisi bagian luar bento cake menggunakan butter cream. Hias sesuai selera. Umumnya, bento cake memadukan antara lettering ataupun dihias dengan gambar-gambar lucu. Namun, kalau merasa belum begitu mahir, kamu bisa menghias bento cake sesuka hati.

Menambahkan buah seperti stroberi atau sprinkle juga tidak ada salahnya. Letakkan bento cake di atas kertas roti sebelum memasukkannya ke dalam wadah. Bento cake sudah siap untuk disajikan atau diberikan kepada orang tersayang, deh.

Gak sulit membuat bento cake sendiri, kan? Kalau tidak ada oven di rumah, kamu bisa mengukus base cake tadi. Semoga resep di atas membantu kamu. Selamat mencoba resep bento cake di atas dan semoga berhasil, ya.

Baca Juga: Resep Nutella Marble Cake, Lumer dalam Sekali Gigitan!

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya