Comscore Tracker

Resep Bolu Sakura Kukus, Lembut Meski tanpa Telur 

Teksurnya lembut, rasanya pun tak kalah lezat

Seperti diketahui ada banyak sekali kreasi bolu kukus di Indonesia. Salah satunya yang layak kamu coba adalah bolu sakura. Diberi nama bolu sakura karena dicetak menggunakan cetakan khusus mirip dengan bunga sakura. Terbuat dari gula yang dikaramelisasi, membuat bolu sakura punya cita rasa yang begitu legit.

Bolu ini kian digemari karena cara pembuatannya sangat mudah. Selain itu, bolu sakura tak membutuhkan telur sama sekali, lho. Meski dibuat tanpa telur bolu ini tetap lembut.

Penasaran bagaimana resep bolu sakura gula merah kukus tanpa telur dan cara membuatnya? Simak sama-sama, yuk!

1. Bahan untuk membuat bolu sakura kukus 

Resep Bolu Sakura Kukus, Lembut Meski tanpa Telur ilustrasi bahan untuk membuat bolu (soak-retreats.com)

Bahan-bahan:

  • 200 gram tepung terigu protein sedang
  • 200 gram gula pasir
  • 300 ml air panas
  • 2 sdm margarin
  • 1/2  sdm baking powder
  • 1/2  sdm baking soda
  • 1 sachet susu kental manis putih

2. Buat karamel terlebih dulu 

Resep Bolu Sakura Kukus, Lembut Meski tanpa Telur ilustrasi gula karamel (italiandish.squarespace.com)

Untuk membuat gula karamel, Ambil teflon lalu masukkan gula pasir. Nyalakan kompor dengan api sedang. Biarkan gula mencair perlahan. Aduk apabila bagian pinggiran gula berubah warna menjadi cokelat. Gunakan spatula silikon atau kayu supaya tidak merusak lapisan teflon kamu, ya.

Campur hingga gula benar-benar mencair dan berwarna kecokelatan. Bila gula sudah cair, tambahkan margarin pada adonan karamel, aduk rata. Masukkan pelan-pelan air panas sambil terus diaduk. Lakukan hingga air habis. Matikan kompor dan dinginkan.

Baca Juga: Resep Bolu Meses Panggang Anti Gagal, Teksturnya Super Lembut

3. Ayak semua adonan kering 

Resep Bolu Sakura Kukus, Lembut Meski tanpa Telur ilustrasi mengayak tepung (pexels.com/Klaus Nielsen)

Siapkan wadah bersih. Masukkan tepung terigu, baking soda, serta baking powder; lalu ayak. Upayakan untuk mengayak hingga benar-benar lembut. Jangan sampai terdapat adonan kering yang masih menggumpal.

Bila masih ada yang menggumpal sekalipun, gunakan spatula atau sendok untuk menghancurkannya. Ayak sampai benar-benar lembut, ya!

4. Langsung bikin bolu sakura gula merah, yuk! 

Resep Bolu Sakura Kukus, Lembut Meski tanpa Telur ilustrasi adonan bolu sakura (onceuponachef.com)

Aduk adonan kering tadi hingga semuanya tercampur rata, kemudian masukkan air gula karamel yang sudah kita buat tadi sambil di aduk.

Gunakan whisk untuk mengaduk adonan bolu. Kalau dicampur secara perlahan sambil terus diaduk tak akan ada adonan yang menggumpal, kok. Jadi tak perlu khawatir. Masukkan susu kental manis dan aduk kembali adonan bolu.

5. Kukus dan bolu sakura siap disajikan 

Resep Bolu Sakura Kukus, Lembut Meski tanpa Telur bolu sakura kukus (instagram.com/dapuraida01)

Olesi bagian dalam cetakan dengan minyak goreng. Upayakan seluruh bagian cetakan terlumuri dengan minyak ya agar nanti adonan bolu yang sudah dibuat tidak akan lengket saat diambil dari cetakan.  Tuang adonan dengan cara cukup masukkan setengah penuh saja dari cetakan karena bolu akan mengembang ketika dikukus nanti.

Panaskan kukusan terlebih dahulu. Setelah air hampir mendidih dan kukusan panas, baru masukkan semua cetakan ke dalamnya. Kukus selama 20 menit hingga matang. Setelah 20 menit, angkat dari kukusan. Lepaskan bolu dari cetakan saat sudah dingin. Bolu sakura kukus pun siap disajikan.

Meski tanpa telur, bolu ini tetap lembut, lho. Bolu sakura kukus ini cocok banget bagi kamu yang baru belajar membuat kue. Yuk, langsung coba bikin sendiri di rumah.

Baca Juga: Resep Bolu Susu Panggang yang Moist, Rasa Manisnya Bikin Ketagihan

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya