Comscore Tracker

Resep Brownies Kukus Tanpa Telur, Tekstur Tetap Lembut

Coba buat di rumah, yuk!

Berwarna cokelat dengan rasa manis jadi salah satu alasan brownies begitu disukai. Oleh karenanya, banyak orang ingin mencoba untuk membuatnya sendiri. Namun, salah satu bahan baku membuat brownies, yaitu telur harganya kian melambung di pasaran.

Banyak orang mengurungkan niatnya untuk membuat brownies. Namun, tenang saja, kamu tetap bisa membuat brownies tanpa telur yang lembut dan gak bantat. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Simak resep brownies kukus tanpa telur berikut ini.

1. Bahan membuat brownies kukus tanpa telur

Resep Brownies Kukus Tanpa Telur, Tekstur Tetap Lembutilustrasi tepung terigu (Pixabay.com/Hans)

Bahan-bahan:

  • 240 gram tepung terigu protein sedang
  • 30 gram cokelat bubuk
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh baking soda
  • 250 gram gula pasir
  • 430ml susu cair
  • 1/2 sendok teh garam
  • 100ml minyak goreng
  • susu kental manis cokelat secukupnya
  • pewarna makanan cokelat secukupnya

2. Campur semua bahan ke dalam wadah

Resep Brownies Kukus Tanpa Telur, Tekstur Tetap Lembutilustrasi mencampur adonan brownies. (cookingclassy.com)

Siapkan wadah cukup besar, lalu tuang tepung terigu yang sudah di ayak ke dalamnya.  Masukkan cokelat bubuk, gula pasir, baking soda, baking powder, dan garam. Aduk semua bahan hingga tercampur dan berwarna cokelat.

Selanjutnya, masukkan susu cair dan minyak ke dalamnya. Gunakan whisk untuk mengaduk adonan hingga tercampur rata. Bila masih kurang yakin, kamu bisa menyaringnya agar menghasilkan adonan yang lembut tanpa gumpalan.

3. Siapkan loyang yang akan digunakan

Resep Brownies Kukus Tanpa Telur, Tekstur Tetap Lembutilustrasi seseorang meletakkan kertas roti ke dalam loyang. (loveandoliveoil.com)

Sebelum menuangkan adonan ke dalam loyang. Siapkan terlebih dahulu loyang yang akan digunakan. Oles menggunakan minyak ataupun margarin. Kemudian, alasi dengan kertas roti.

Hal ini perlu dilakukan supaya saat brownies matang nanti tidak akan lengket pada loyang. Selain itu hasil brownies yang kamu dapatkan juga jauh lebih mulus karena loyang sudah diolesi sebelumnya.

Untuk ukuran loyang yang akan dipakai, kamu bebas menggunakan ukuran berapa pun, ya. Namun, agar brownies berbentuk kotak disarankan untuk menggunakan loyang dengan ukuran 20x20.

Baca Juga: Resep Mint Brownies, Kombinasi Manis dan Segar Enak di Lidah

4. Tuang setengah adonan brownies pada loyang

Resep Brownies Kukus Tanpa Telur, Tekstur Tetap Lembutilustrasi menuang adonan brownies ke dalam loyang. (inspiredtaste.net)

Ambil terlebih dahulu kurang lebih sekitar 10 sendok makan adonan yang nantinya akan digunakan pada bagian tengah brownies, sisihkan. Jika sudah, tuang kurang lebih setengah adonan ke dalam loyang.

Ratakan adonan supaya brownies matang dan mengembang sempurna. Masukkan ke dalam kukusan yang sudah berisi air yang mendidih.

Kamu bisa menggunakan alumunium foil untuk mencegah tetesan air jatuh ke atas adonan atau meletakkan lap pada tutup panci. Keduanya sama saja, kok. Kukus brownies selama kurang kurang 15 menit. Usahakan untuk tidak terlalu sering membuka tutup panci supaya gak bantat.

5. Setelah 15 menit, tuang sisa adonan ke loyang

Resep Brownies Kukus Tanpa Telur, Tekstur Tetap Lembutilustrasi menuang sisa adonan brownies. (budgetbytes.com)

Adonan yang sudah disisihkan tadi bisa dicampur dengan susu kental manis cokelat dan pewarna makanan cokelat. Aduk hingga rata, lalu tuang ke atas adonan brownies. Biarkan beberapa saat hingga matang dan berubah warna. Tuang lagi sisa adonan brownies.

Selanjutnya, ratakan adonan brownies dan tunggu kurang lebih 20-30 menit. Gunakan tusuk gigi atau tusuk sate untuk mengecek adonan sudah matang atau belum. Bila sudah tidak ada adonan yang menempel, itu artinya brownies sudah matang sempurna.

6. Hias dan sajikan brownies kukus 

Resep Brownies Kukus Tanpa Telur, Tekstur Tetap LembutBrownies kukus. (instagram.com/vitakwee)

Setelah brownies dikeluarkan dari kukusan dan uap panas sudah hilang. Lepaskan brownies kukus dari loyang. Ambil kertas roti yang menempel pada brownies. Kamu bebas menghias brownies kukus favoritmu. Bisa menggunakan butter cream dan parutan keju, diberi chocochip, ceri, cokelat, atau bahkan tanpa hiasan.

Brownies ini bisa disajikan untuk beberapa porsi. Untuk jumlah pastinya semua tergantung dari seberapa besar loyang yang kamu gunakan dan besar kecilnya potongan yang kamu buat. Brownies kukus tanpa telur sudah jadi dan siap untuk dihidangkan.

Meski harga telur naik, tetap tak mengurangi niatmu untuk menghasilkan kudapan yang lezat, seperti brownies kukus tanpa telur ini. Paling enak menikmati brownies ini dengan secangkir teh atau kopi bersama orang tercinta. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: 5 Langkah Bikin Pie Brownies Mini, Krispi di Luar Empuk di Dalam 

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya