Comscore Tracker

Resep Donat Kampung Empuk dan Mengembang Sempurna, Antigagal! 

Satu gigitan bakal bikin kamu nostalgia

Di tengah perkembangan donat dengan berbagai macam topping, donat kampung masih jadi favorit. Gurih dan empuknya donat kampung yang dibalut gula halus pasti akan membawa kenangan masa kecil yang tak terlupakan.

Walau sederhana, tetapi donat kampung terasa begitu istimewa di setiap gigitannya. Oleh karenanya, sebagai camilan akhir pekan, kenapa gak membuat donat kampung sendiri di rumah.

Cara buatnya mudah dan dijamin teksturnya empuk dan mengembang sempurna, berikut resep donat kampung yang praktis banget. Cocok banget buat camilan akhir pekanmu.

1. Bahan-bahan membuat donat kampung

Resep Donat Kampung Empuk dan Mengembang Sempurna, Antigagal! ilustrasi bahan untuk membuat donat kampung (vecteezy.com/Armando Guevara)

Bahan-bahan:

  • 200 gram tepung terigu protein tinggi
  • 50 gram tepung terigu protein sedang
  • 50 gram gula pasir
  • 15 gram susu bubuk full cream
  • 1 butir telur ayam
  • 50 gram margarin
  • 110 ml air dingin
  • 6 gram ragi instan, aktifkan dengan air hangat dan gula pasir
  • gula halus atau icing sugar secukupnya

2. Buat adonan donat kampung terlebih dulu 

Resep Donat Kampung Empuk dan Mengembang Sempurna, Antigagal! ilustrasi menguleni adonan donat kampung (vecteezy.com/Mahbub hasan)

Ambil wadah, lalu masukkan kedua jenis tepung terigu, gula pasir, susu bubuk, telur dan ragi. Aduk semua bahan, lalu tambahkan air dingin secara bertahap. Uleni adonan donat kampung hingga setengah kalis.

Setelah itu, lanjutkan proses membuat adonan donat kampung dengan menambahkan margarin. Uleni lagi hingga margarin tercampur dengan adonan donat.

3. Uleni adonan donat hingga kalis, lalu diamkan

Resep Donat Kampung Empuk dan Mengembang Sempurna, Antigagal! ilustrasi mengistirahatkan adonan donat kampung (instagram.com/popiprihandini)

Teruskan proses membuat adonan donat dengan menguleni hingga benar-benar kalis. Tanda adonan donat sudah kalis adalah tidak ada adonan yang menempel di tangan maupun bagian dalam wadah yang kamu pakai.

Selanjutnya, timbang adonan donat kampung kurang lebih 40 gram. Bentuk bulat adonan sebagus mungkin dan pipihkan. Istirahatkan adonan donat selama 1,5 jam dengan ditutupi serbet, kain bersih, atau plastic wrap.

Baca Juga: Resep Donat Pisang, Camilan Manis yang Lembut dan Bikin Ngunyah Terus

4. Bentuk bulat dan goreng donat kampung 

Resep Donat Kampung Empuk dan Mengembang Sempurna, Antigagal! ilustrasi menggoreng donat kampung (instagram.com/resep.papa)

Sebelum dibentuk, jangan lupa kempiskan adonan donat terlebih dahulu agar udara yang terkandung di dalamnya hilang. Siapkan penggorengan dan panaskan minyak. Kemudian, lubangi bagian tengah donat dengan menggunakan jari telunjuk. Lakukan hingga adonan habis, lalu goreng donat kampung.

Dalam menggoreng donat cukup balik satu kali dan tak perlu membasahi atau menyiram bagian atas donat dengan minyak. Hal ini dilakukan supaya donat tidak terlalu menyerap banyak minyak.

Sekiranya donat kampung sudah berubah warna, langsung balik ke sisi satunya. Bila kedua sisi donat kampung sudah berwarna kecokelatan, angkat dan tiriskan.

5. Taburi donat kampung dengan gula lalu sajikan 

Resep Donat Kampung Empuk dan Mengembang Sempurna, Antigagal! ilustrasi memberi taburan gula pada donat kampung (instagram.com/jajandulu.ah | instagram.com/minikopi.greenville)

Sebelum disajikan,  taburi terlebih dahulu donat kampung dengan gula halus atau icing sugar. Sedikit banyaknya gula bisa kamu sesuaikan dengan selera. Kamu bisa memakai saringan teh untuk menaburkan gula ke atas donat kampung.

Namun, gak ada salahnya juga untuk menaburkan gula ke atas donat dengan cara yang berbeda sekaligus membangkitkan nostalgia. Salah satu caranya adalah dengan meletakkan gula di dalam kantong plastik lalu masukkan beberapa donat kampung.

Setelah itu, kocok hingga seluruh permukaan donat kampung berbalut gula halus atau icing sugar. Donat kampung siap untuk disajikan, deh. Cocok banget jadi teman ngopi atau ngeteh bersama orang tersayang.

6. Perbedaan gula halus dan icing sugar saat membalut donat kampung

Resep Donat Kampung Empuk dan Mengembang Sempurna, Antigagal! ilustrasi perbedaan donat kampung dengan taburan gula halus dan icing sugar setelah jangka waktu yang lama (instagram.com/dapur_mamanung | instagram.com/bingkekamboja)

Buat yang bingung perbedaan gula halus dan icing sugar saat dipakai untuk membalut donat kampung, kamu jangan sampai melewatkan informasi ini. Gula halus berwarna putih dengan tekstur sangat halus. Rasanya manis dan langsung lumer begitu di mulut.

Icing sugar serupa dengan gula halus,  bedanya, ada sensasi dingin seperti es ketika lumer di mulut. Kalau kamu masih asing dengan kedua istilah ini kamu bisa datang ke toko kue dan berkata pada pelayan bahwa kamu ingin membeli gula donat atau gula salju.

Namun, perlu diingat, bila kamu menghendaki agar gula tetap menyelimuti donat kampung dalam waktu lama disarankan untuk memakai icing sugar. Icing sugar ini juga yang kerap dipakai untuk menyelimuti kue putri salju. Sebab, bila dibiarkan dalam suhu ruang dalam waktu lama, gula halus akan mencair dan mengeras.

Gak disangka, hanya dari makanan manis, seperti donat kampung, langsung bisa membangkitkan memori masa kecil kita yang tak terlupakan. Dengan menjajal resep dan menerapkan tips membuat donat kampung di atas, dijamin donat kampung buatanmu akan empuk, mengembang sempurna, dan antigagal. Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Donat Kayu Manis dengan Tekstur Lembut, Wajib Disajikan!

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya