Comscore Tracker

Resep Kue Ulang Tahun Sederhana tapi Mewah, Gak Perlu Beli!

Coba bikin sendiri, biar lebih hemat

Merayakan pergantian usia tak lengkap bila tidak ada kue ulang tahun yang menemani. Kue ulang tahun memiliki makna sebagai salah satu simbol suka cita atas bertambahnya umur.

Namun, terkadang harga kue ulang tahun yang mahal membuat sebagian dari kita merasa kesulitan untuk menghadirkannya di hari bahagia itu. Gak perlu khawatir, kue ulang tahun bisa dibuat sendiri di rumah, kok.

Meski dengan bahan dan hiasan seadanya, kamu tetap bisa menghasilkan kue ulang tahun yang sederhana, tapi juga mewah. Rasanya seenak yang dijual di toko, kok.

1. Bahan untuk membuat kue ulang tahun 

Resep Kue Ulang Tahun Sederhana tapi Mewah, Gak Perlu Beli!ilustrasi bahan dasar untuk membuat kue ulang tahun. (Pexels.com/Ivan Samkov)

Bahan dasar kue ulang tahun:

  • 8 butir kuning telur
  • 4 butir putih telur
  • 100 gram tepung terigu
  • 100 gram gula pasir
  • 20 gram susu bubuk
  • 20 gram maizena
  • 115 gram mentega

Bahan butter cream:

  • 200 gram margarin
  • 100 gram mentega tawar/mentega putih
  • 125 gram gula halus
  • 70 ml susu kental manis putih

Bahan pelengkap:

  • meses secukupnya
  • keju secukupnya
  • buah ceri bila suka

2. Buat adonan kue ulang tahun terlebih dahulu

Resep Kue Ulang Tahun Sederhana tapi Mewah, Gak Perlu Beli!ilustrasi mencampur adonan kue dengan mixer. (Pexels.com/SHVETS production)

Dalam sebuah wadah, kocok telur dan gula pasir hingga mengembang. Ciri adonan mengembang adalah saat terlihat putih, kental, dan juga berjejak. Masukkan beberapa bahan kering yang sudah diayak sebelumnya, seperti tepung terigu, susu bubuk dan maizena.

Campur menggunakan mikser, lalu tuang mentega yang sudah dicairkan ke dalam adonan kue ulang tahun. Cukup aduk menggunakan spatula. Lakukan dengan teknik aduk balik secara perlahan. Hal ini perlu dilakukan agar kue tidak turun dan bisa mengembang.

3. Panggang kue hingga mengembang

Resep Kue Ulang Tahun Sederhana tapi Mewah, Gak Perlu Beli!ilustrasi mengatur suhu oven. (Pexels.com/SHVETS production)

Ambil loyang persegi ukuran 18x18 atau 20x20 yang sudah diolesi margarin sebelumnya. Alasi dengan kertas roti, lakukan hal yang sama, yakni mengoles margarin di atasnya agar hasil kue lebih sempurna. Tuang adonan kue ke loyang dan panggang di oven.

Untuk oven listrik panggang, prosesnya selama 30 menit dengan suhu 180 derajat Celcius. Sedangkan untuk oven tangkring cukup panggang selama 20-30 menit dengan api sedang.

Jangan lupa untuk melakukan cek secara berkala saat memanggang menggunakan oven tangkring yaitu dengan cara mengarahkan senter melalui kaca oven. Angkat dan tunggu dalam suhu ruang agar kue buatanmu suhunya menurun terlebih dahulu.

Baca Juga: 9 Fakta Menarik Kue Dolly Varden, Kue Ulang Tahun Anak di Australia

4. Kocok butter cream sembari memanggang

Resep Kue Ulang Tahun Sederhana tapi Mewah, Gak Perlu Beli!ilustrasi membuat butter cream. (Pexels.com/Katerina Holmes)

Kalau kamu tak punya butter cream yang sudah jadi, maka membuat butter cream sendiri bisa kamu jajal dan caranya juga tidak begitu sulit, kok. Cukup kocok margarin, mentega, dan gula selama kurang lebih 30 menit hingga mengembang.

Selanjutnya, tambahkan susu kental manis dan kocok hingga rata. Butter cream ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan, misalnya pelapis kue, isian roti, hingga glazed donat. Kalau kamu ingin butter cream dengan rasa seperti moka, cokelat atau vanila, tinggal tambahkan pasta perasa yang kamu inginkan.

5. Hias kue ulang tahun dan sajikan 

Resep Kue Ulang Tahun Sederhana tapi Mewah, Gak Perlu Beli!ilustrasi melapisi kue ulang tahun menggunakan butter cream. (caroldeaconcakes.com)

Agar menghasilkan kue yang rapi kamu bisa melakukan trim bagian atas kue terlebih dahulu menggunakan pisau roti. Perlu diketahui, pisau roti berbentuk ramping dan panjang berbeda dengan pisau yang kerap kita jumpai untuk memasak di dapur. Bila kamu ingin hasil kue yang agak tinggi kamu bisa membagi kue menjadi dua atau tiga bagian dulu.

Di antara lapisan kue bisa kamu tambahkan dengan butter cream tadi. Bila tak dibuat layering pun tak apa. Proses inti menghias ada pada bagian satu ini. Lapisi seluruh bagian kue menggunakan butter cream. Hiasi seluruh permukaan kue dengan keju parut.

Resep Kue Ulang Tahun Sederhana tapi Mewah, Gak Perlu Beli!Kue ulang tahun sederhana tapi mewah. (instagram.com/temanteh)

Untuk menghasilkan parutan keju yang rapi dan panjang, caranya sederhana. Selama ini, kita sering keliru memarut keju seperti biasanya. Namun, untuk menghasilkan parutan yang cantik, cukup letakkan parutan di atas keju lalu kita serut ke belakang.

Selanjutnya, hias kue ulang tahun dengan meses di bagian tengah serta buah ceri. Agar semakin manis, kamu bisa menambahkan topper tulisan happy birthday ataupun lilin ulang tahun yang sudah kamu siapkan.

Tidak sulit membuat kue ulang tahun sendiri di rumah, kan? Meski sederhana, tapi tetap terlihat mewah. Rasanya pun enak, tekstur juga lembut banget. Semoga bisa menginspirasi kamu, ya!

Baca Juga: Resep Bolu Pandan Santan yang Mudah dan Anti Gagal Dibuatnya

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya