Comscore Tracker

5 Tips Bikin Ungkepan Ayam yang Empuk dan Meresap hingga Tulang 

Biar ayam goreng buatanmu terasa tidak hambar

Daging ayam merupakan salah satu bahan makanan yang kerap dipilih oleh masyarakat untuk diolah menjadi berbagai macam hidangan lezat. Salah satu cara mengolah daging ayam paling mudah adalah dengan membuat ayam goreng.

Tetapi, kita sering sekali menemui ayam goreng yang bumbunya hanya terasa pada lapisan luarnya saja. Hal ini bisa terjadi karena kesalahan saat mengungkep ayam.

Bila kamu menginginkan ayam goreng yang empuk dan bumbunya bisa meresap sampai ke tulang, ada baiknya untuk menyimak tips bikin ungkepan ayam berikut ini.

1. Hindari mengungkep ayam utuh 

5 Tips Bikin Ungkepan Ayam yang Empuk dan Meresap hingga Tulang ilustrasi daging ayam utuh (Pexels.com/Karyna Panchenko)

Kadang terpikir dalam benak bahwa lebih baik langsung mengungkep ayam dalam keadaan utuh saja supaya lebih cepat dan menghemat waktu. Tapi, faktanya hal tersebut salah besar, lho. Mengungkep ayam butuh waktu yang lama terlebih bila ayam yang kamu gunakan adalah ayam utuh.

Karenanya, coba untuk potong ayam menjadi bagian yang lebih kecil. Semisal kamu butuh ungkepan dalam waktu yang cepat, kamu bisa memilih bagian ayam seperti paha ataupun sayap.

2. Perhatikan bumbu yang kamu buat 

5 Tips Bikin Ungkepan Ayam yang Empuk dan Meresap hingga Tulang ilustrasi menghaluskan bumbu menggunakan blender (Pexels.com/Cottonbro)

Biasanya bumbu ungkepan terdiri dari bawang merah, bawang putih, garam, kemiri, kunyit, jahe, lengkuas, dan ketumbar yang dihaluskan.

Agar bumbu yang kamu buat tadi makin meresap, upayakan untuk membuat bumbu ungkepan ayam hingga benar-benar halus. Kenapa? Sebab pori-pori ayam akan terbuka saat terkena panas dan bumbu jadi makin meresap.

Namun bila kamu menginginkan bumbu ungkepan ayam yang masih bertekstur, haluskan dengan chopper. Tapi, bila menghendaki ayam goreng tanpa remahan bumbu, haluskan bumbu menggunakan blender.

Baca Juga: Resep Ayam Goreng Ungkep yang Empuk dan Bumbu Meresap, Bikin Kalap! 

3. Jangan memasukkan ayam bersama bumbu secara langsung 

5 Tips Bikin Ungkepan Ayam yang Empuk dan Meresap hingga Tulang ilustrasi merebus ayam (simplyrecipes.com)

Supaya menghasilkan ungkepan ayam yang empuk dan meresap sampai ke tulang kamu harus menghindari kesalahan dengan langsung memasukkan bumbu dan ayam secara bersamaan.

Rebus bumbu dan air terlebih dahulu. Jangan lupa tambahkan serai serta daun salam agar ungkepan semakin harum.

Gunakan api besar ketika merebusnya. Barulah setelah mendidih, kecilkan api dan masukkan ayam. Dengan begitu dijamin bumbunya akan lebih merasuk hingga ke dalam tulang.

Tapi ada satu hal yang harus kamu ingat, jangan terlalu banyak menggunakan air rebusan. Nanti, bumbu ungkepan kamu jadi hambar.

4. Ini lho durasi waktu yang dibutuhkan untuk mengungkep ayam

5 Tips Bikin Ungkepan Ayam yang Empuk dan Meresap hingga Tulang ilustrasi mengungkep paha ayam (foodrecipestory.com)

Kamu pasti sering bertanya-tanya, berapa lama sih waktu yang dibutuhkan untuk mengungkep ayam? Waktu yang terlalu sebentar membuat ayam belum matang dan bumbu sulit meresap. Kalau terlalu lama daging ayam justru akan jadi sedikit alot dan bukan tidak mungkin juga bumbu ungkepan jadi mendominasi rasa ayam misal jadi terlalu asin.

Maka dari itu, kamu perlu tahu bahwa untuk menghasilkan ungkepan ayam yang meresap dan empuk, dibutuhkan waktu sekitar 30-45 menit saja, lho.

5. Meski sepele, jangan abaikan hal kecil ini

5 Tips Bikin Ungkepan Ayam yang Empuk dan Meresap hingga Tulang ilustrasi menutup panci (kitchenseer.com)

Meski semua langkah di atas sudah kamu coba tapi, bila kamu tak melakukan hal yang satu ini, dijamin deh ungkepanmu jadi kurang sempurna. Jangan sampai mengabaikan hal kecil yang satu ini. Yup, tutup ungkepan ayam kamu menggunakan tutup panci.

Sepele tapi suka dilupakan dan membiarkan panci menganga begitu saja. Menutup ungkepan ayam dengan tutup panci bertujuan untuk menjaga aroma serta cita rasa bumbu yang telah kita buat tadi.

Ternyata, tak sulit kan menghasilkan ungkepan ayam yang enak dan lezat? Dijamin deh gak cuma empuk, tapi bumbunya juga bakal masuk sampai ke tulang. Coba yuk tips di atas!

Baca Juga: 11 Olahan Ayam Paling Enak di Asia Tenggara, Ada Ayam Penyet!

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya