Comscore Tracker

Anti Gagal, Inilah 7 Tips Membuat Kue Kering Lebaran yang Renyah

Pasti bikin semua orang rebutan

Lebaran sudah tinggal menghitung hari dan itu tandanya sebagian dari kamu mulai mempersiapkan serba-serbi persiapan Lebaran. Salah satu yang gak ketinggalan adalah membuat kue kering. 

Buat kamu yang masih sering beli kue kering di luar, gak ada salahnya nih untuk mulai bikin sendiri. Gampang banget lho dan kamu gak perlu khawatir akan gagal.

Penasaran kan bagaimana caranya membuat kue kering lebaran anti gagal? Gak usah lama-lama lagi, cari tahu bersama yuk!

1. Gunakan takaran sesuai resep

Anti Gagal, Inilah 7 Tips Membuat Kue  Kering Lebaran yang RenyahGunakan takaran sesuai resep (Pexels.com/Ksenia Chernaya)

Berbeda dengan memasak opor, ayam bakar, atau mungkin oseng tempe yang bisa kamu takar rasanya sesuai selera bahkan hanya mengandalkan feeling saja, lain halnya dengan membuat kue kering. Kamu harus benar-benar mencermati betul apa saja bahan yang tertera di resep.

Gak berhenti di situ saja. Kamu juga wajib mengukur berapa banyak takaran yang digunakan. Apabila kamu menakar gak sesuai dengan resep, sudah bisa dipastikan kue kering buatanmu nanti hasilnya akan gagal. Entah jadi keras atau bahkan terlalu renyah hingga saat dipegang saja langsung hancur di tangan.

2. Ayak bahan kering secara merata

Anti Gagal, Inilah 7 Tips Membuat Kue  Kering Lebaran yang RenyahAyak bahan kering hingga merata (Pexels.com/Klaus Nielsen)

Dalam membuat kue kering, biasanya dibagi menjadi 2 adonan. Pertama adonan basah yang harus dikocok seperti telur dan gula. Ada juga adonan kering seperti tepung terigu, gula halus, garam, vanili dan sebagainya.

Bahan kering ini amat rawan menggumpal, lho. Oleh karenanya perlu banget nih buat kamu mengayak bahan-bahan tersebut secara merata. Apabila kamu sampai lupa gak mengayaknya terlebih dahulu, bisa-bisa hasil kue keringmu kurang mulus karena masih banyak bahan yang menggumpal.

3. Perhatikan telur yang digunakan

Anti Gagal, Inilah 7 Tips Membuat Kue  Kering Lebaran yang RenyahPerhatikan telur yang digunakan (Pexels.com/Flora Westbrook)

Sebelum memecahkan telur ke dalam wadah, ada baiknya kamu baca lagi resep kue kering yang akan kamu buat. Apakah kamu harus menggunakan telur utuh, kuningnya saja, atau bahkan putihnya saja. Jika salah menggunakan telur bisa-bisa kue keringmu gagal. Bisa jadi amis bahkan keras.

Selain itu, ada baiknya kamu memecahkan terlebih dahulu telur di wadah lain untuk mengetahui apakah telur yang kamu gunakan busuk atau tidak.

Baca Juga: 10 Resep Kue Kering Anti Gagal Terbaru yang Lagi Hits, Coba Yuk!

4. Hindari mengocok bahan terlalu lama

Anti Gagal, Inilah 7 Tips Membuat Kue  Kering Lebaran yang RenyahMengocok bahan terlalu lama (Pexels.com/Katerina Holmes)

Mengocok bahan terlalu lama dikenal dengan istilah overmixing. Kesalahan ini ternyata punya pengaruh besar dalam sukses tidaknya kue kering yang akan kamu buat, lho. Untuk itu penting kiranya bagi kamu memerhatikan resep dengan baik. Misalnya dalam resep ditulis untuk mengocok telur, mentega, dan gula sampai berubah warna maka kamu cukup lakukan sesuai petunjuknya. 

5. Gak memasukkan bahan kering secara bertahap

Anti Gagal, Inilah 7 Tips Membuat Kue  Kering Lebaran yang RenyahMasukkan bahan kering secara bertahap (Pexels.com/Ivan Samkov)

Kunci keberhasilan adonan kue kering yang mulus dan renyah salah satunya adalah pada cara memasukkan bahan kering secara bertahap. Meski pada akhirnya semua bahan kering akan tercampur juga tapi kamu gak bisa memasukkannya sekaligus.

Tuang sebagian lalu ulangi lagi hingga semuanya habis. Hal ini disarankan jika kamu memasukkannya secara langsung berpotensi untuk merusak adonan sehingga kue yang kamu hasilkan malah jadi gak renyah sama sekali, lho.

6. Atur suhu oven

Anti Gagal, Inilah 7 Tips Membuat Kue  Kering Lebaran yang RenyahAtur suhu oven (Pexels.com/Cottonbro)

Proses pemanggangan kue kering nyatanya juga punya pengaruh, nih. Oleh karenanya kamu wajib banget mengatur suhu oven sesuai yang tertera pada resep.

Jika resep yang kamu gunakan menggunakan oven listrik dan kamu gak punya alat tersebut, carilah resep kue kering yang dipanggang dengan oven tangkring. Ini jelas akan lebih memudahkan kamu. Pasalnya meski besaran suhu yang digunakan sama ketika kamu menggunakan oven tangkring, kamu gak bisa mengetahui persis berapa suhu yang digunakan. Jadi meski kesannya sepele, kamu gak boleh abai terhadap hal yang satu ini.

7. Cukup dinginkan di suhu ruang

Anti Gagal, Inilah 7 Tips Membuat Kue  Kering Lebaran yang RenyahDinginkan kue kering di suhu ruang (Pexels.com/Nicole Michalou)

Bila kamu berpikir snack saja akan tetap renyah bila dimasukkan ke dalam kulkas maka hal tersebut tidak berlaku pada kue kering lho.

Selepas dikeluarkan dari oven cukup dinginkan di suhu ruang. Lalu masukkan ke dalam stoples dan tutup rapat. Gak perlu kamu masukkan ke dalam kulkas segala. Selagi tutup stoples gak menganga maka bisa dipastikan hingga beberapa minggu ke depan masih akan renyah, lho.

Nah, itulah tadi beberapa tips membuat kue kering  yang renyah dan anti gagal. Semoga percobaan kamu kali ini berhasil ya sehingga kue kering bisa dinikmati bersama lebaran nanti. 

Baca Juga: Resep Kue Kecipir, Pilihan Kue Kering Lebaran yang Gurih dan Renyah

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya