Comscore Tracker

10 Tips Membuat Sambal Ijo Khas Rumah Makan Padang, Lamak Bana! 

Jangan lupa tambahkan daun jeruk, ya

Masakan Padang terbilang salah satu hidangan favorit orang Indonesia. Selain lauk yang beragam, seperti sayur nangka dan daun singkong, ada pula sambal ijo yang bikin cita rasa makanan jadi makin nendang.

Sambal ijo punya cita rasa yang terbilang unik, gak terlalu pedas tapi juga ada perpaduan sedikit rasa asam yang membuatnya semakin nikmat. Warnanya yang hijau pun sangat menggugah selera. 

Kalau ada waktu senggang, gak ada salahnya kamu membuat sambal ijo khas rumah makan padang sendiri di rumah. Berikut beberapa tips memasak sambal ijo yang nikmat dengan rasa pedas yang nendang.

1. Sambal ijo terbuat dari cabai hijau keriting, cabai hijau besar, cabai rawit, bawang merah, dan juga tomat hijau. Pilih yang segar, ya!

10 Tips Membuat Sambal Ijo Khas Rumah Makan Padang, Lamak Bana! ilustrasi bahan untuk membuat sambal ijo (youtube.com/Sundiyah Kuliner)

2. Memilih bahan sambal ijo dalam keadaan kurang baik akan membuat rasa sambal jadi gak mirip seperti di rumah makan padang

10 Tips Membuat Sambal Ijo Khas Rumah Makan Padang, Lamak Bana! ilustrasi bahan untuk membuat sambal ijo (pexels.com/ Nataliya Vaitkevich)

3. Kunci kenikmatan sambal ijo ada pada perpaduan jenis cabai hijau. Aromanya akan lebih menguar, seperti yang ada di restoran

10 Tips Membuat Sambal Ijo Khas Rumah Makan Padang, Lamak Bana! ilustrasi jenis cabai hijau untuk bahan sambal ijo (pexels.com/Mark Stebnicki)

4. Bawang putih memang bikin sedap. Namun, dalam membuat sambal ijo cukup gunakan bawang merah agar aroma cabai hijau lebih dominan

10 Tips Membuat Sambal Ijo Khas Rumah Makan Padang, Lamak Bana! ilustrasi bawang putih (pixabay.com/pemladebutler)

5. Biar makin nikmat, disarankan untuk menghaluskan sambal ijo menggunakan cobek. Dijamin rasanya bakal jauh lebih mantap!

10 Tips Membuat Sambal Ijo Khas Rumah Makan Padang, Lamak Bana! ilustrasi menghaluskan sambal ijo dengan cobek (instagram.com/dapur_bangleo)

Baca Juga: 10 Makanan yang Makin Nikmat Disajikan dengan Sambal Ijo

6. Menghaluskan bahan sambal ijo menggunakan blender boleh-boleh saja, kok. Jangan lupa tambahkan minyak biar lebih cepat halus

10 Tips Membuat Sambal Ijo Khas Rumah Makan Padang, Lamak Bana! ilustrasi menghaluskan sambal ijo dengan blender (porchdrinking.com)

7. Ciri sambal ijo khas rumah makan padang adalah teksturnya yang kasar. Oleh karea itu, saat dihaluskan gak perlu sampai terlalu lembut

10 Tips Membuat Sambal Ijo Khas Rumah Makan Padang, Lamak Bana! ilustrasi menghaluskan sambal ijo dengan cobek (instagram.com/food_beverage_indo)

8. Supaya makin enak, tumis sambal ijo dengan sedikit minyak sampai matang. Hal ini juga akan membuat sambal ijo lebih tahan lama, lho

10 Tips Membuat Sambal Ijo Khas Rumah Makan Padang, Lamak Bana! ilustrasi masak sambal ijo (instagram.com/dapur.lyzanordin)

9. Menambahkan garam atau penyedap rasa bikin rasa sambal ijo makin enak. Meski dominan cabai, tetap harus ada penyeimbang rasa

10 Tips Membuat Sambal Ijo Khas Rumah Makan Padang, Lamak Bana! ilustrasi garam (pexels.com/Lorena Martínez)

10. Terakhir, menambahkan daun jeruk bikin aroma sambal ijo makin menggugah selera. Jadi mirip dengan yang ada di rumah makan padang, deh!

10 Tips Membuat Sambal Ijo Khas Rumah Makan Padang, Lamak Bana! ilustrasi daun jeruk (instagram.com/sayurbox)

Selain dinikmati dengan lauk khas rumah makan padang, sambal ijo juga gak kalah nikmat disantap bersama lauk sederhana, seperti tahu dan tempe. Semoga tips membuat sambal ijo di atas bermanfaat buat kamu, ya!

Baca Juga: Resep Sambal Ijo Tempoyak Anti Ribet, Rasanya Khas banget!

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya