Comscore Tracker

5 Kreasi Muffin Sayur yang Cocok Dijadikan Inspirasi Menu Sarapan

Praktis dibuat dan cocok dijadikan menu sarapan lezat nih!

Muffin berbahan sayur-mayur adalah pilihan menu sarapan lezat yang bisa kamu hidangkan untuk anggota keluarga di rumah. Selain praktis diolah menjadi menu sarapan, sayur yang ada pada muffin bisa kamu jadikan alternatif bagi anak-anak yang tidak menyukai sayur.

Karena sayur yang dicampurkan pada adonan akan diseimbangkan dengan keju atau ham, tentu rasanya akan bertambah istimewa. Dijamin anak-anak hingga orang dewasa akan menyukai kreasi muffin satu ini.

Nah, berikut ada lima kreasi muffin sayur yang bisa kamu jadikan inspirasi membuat menu sarapan untuk anggota keluargamu di rumah. Simak, yuk!

1. Spinach cheese muffins

5 Kreasi Muffin Sayur yang Cocok Dijadikan Inspirasi Menu Sarapanwww.famlii.com

Bayam adalah salah satu jenis sayuran yang bisa kamu padukan dengan keju cheddar untuk dijadikan spinach cheese muffins yang lezat. Untuk membuatnya, siapkan terlebih dahulu tepung terigu, daun bayam yang dicincang, baking soda, baking powder, butter, garam, telur, susu, dan keju cheddar.

Campur tepung terigu, baking powder, baking soda, dan garam terlebih dahulu di wadah. Kemudian tuang susu, lelehan butter, telur, bayam, dan keju cheddar. Tuang adonan spinach cheese muffins dicetakan muffin dan panggang kurang lebih selama 35 menit.

Nikmati kelezatan kreasi muffin berbahan sayur bayam dengan saus sambal atau saus tomat untuk menambah kelezatannya. Selamat mencoba!

2. Mushroon parmesan muffins

5 Kreasi Muffin Sayur yang Cocok Dijadikan Inspirasi Menu Sarapanakispetretzikis.com

Jamur yang mempunyai tesktur kenyal saat diolah menjadi menu lezat adalah campuran yang pas untuk adonan muffin. Mushroon parmesan muffins yang dijadikan menu sarapan bisa kamu buat sendiri di rumah lho!

Pertama, tumis jamur dengan minyak sayur terlebih dahulu hingga layu lalu beri garam dan lada. Selanjutnya buat adonan muffin yang terdiri dari tepung terigu, baking powder, dan garam lalu masukkan tumisan jamur dan menyusul susu, lelehan butter, telur, dan keju parmesan.

Tuang adonan pada cetakan muffin dan jangan lupa menaburkan keju parmesan di atas adonan untuk menambah rasa gurih. Panggang selama 20 menit hingga matang dan mushroon parmesan muffins siap kamu sajian sebagai menu sarapan.

Baca Juga: 5 Kreasi Muffin Berbahan Pisang yang Lezat Dijadikan Menu Sarapan

3. Zucchini slice muffins

5 Kreasi Muffin Sayur yang Cocok Dijadikan Inspirasi Menu Sarapanwww.taste.com.au

Untuk membuat zucchini slice muffins yang lezat, terlebih dahulu siapkan zucchini lalu iris tipis seperti tampilan batang korek api. Kemudian campurkan tepung terigu, garam, lada, dan baking powder lalu tuang susu, lelehan butter, irisan tipis zucchini, irisan ham, parsley, dan keju.

Cetak adonan zucchini slice muffins di cetakan muffin dan panggang selama 30 menit hingga adonan berubah warna menjadi kecokelatan dan menggembang sempurna. Tambahkan saus tomat atau sambal di atas muffin untuk menambah kelezatan menu sarapan satu ini.

4. Carrot muffins

5 Kreasi Muffin Sayur yang Cocok Dijadikan Inspirasi Menu Sarapanfrommybowl.com

Beta karoten yang ada pada wortel sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. Untuk itu mengkonsumsi wortel adalah hal yang perlu kita pertahankan. Nah, mengkonsumsi wortel dengan cara dibuat tumisan atau sup pasti membuatmu bosan kan?

Wortel yang dikreasikan menjadi muffin lezat bisa kamu coba buat di rumah, nih! Cukup parut wortel lalu campurkan pada adonan yang terdiri dari tepung terigu, telur, susu, garam, lada, baking powder, dan butter.

Panggang kurang lebih selama 30 menit hingga 35 menit sampai carrot muffins berubah warna menjadi lebih coklat. Selamat mencoba!

5. Broccoli, cheese, and ham muffins

5 Kreasi Muffin Sayur yang Cocok Dijadikan Inspirasi Menu Sarapanwww.bettycrocker.com

Sayur hijau selanjutnya yang cocok kamu kreasikan menjadi muffin lezat yaitu brokoli. Kamu bisa memadukan brokoli dengan ham dan keju cheddar pada adonan muffin yang terdiri dari campuran tepung terigu, garam, lada, pasley, susu, lelehan butter, baking powder, dan telur.

Lalu tuang adonan muffin ke dalam cetakan muffin dan panggang selama 30 menit. Gunakan tusuk gigi atau lidi untuk mengetahui broccoli, cheese, and ham muffins sudah matang atau belum. Sajikan dengan saus sambal favoritmu sebagai menu sarapan yang lezat untuk memulai pagi yang cerah.

Itu dia lima kreasi muffin sayur yang bisa kamu jadikan inspirasi menu sarapan. Proses membuat muffin sayur yang mudah dan praktis ini sangat direkomendasikan untukmu yang tidak menyukai sarapan dengan nasi. Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Omelette Salmon Asap yang Cocok untuk Menu Sarapan, Praktis!

Mayang Arin Pratitis Photo Verified Writer Mayang Arin Pratitis

She/Her

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya