Comscore Tracker

Resep Roti Goreng Abon yang Praktis, Bikin Ngunyah Terus!

Camilan enak dengan bahan sederhana

Roti goreng bisa dibilang camilan yang cukup mengenyangkan. Camilan berbahan baku tepung terigu ini ternyata bisa diberi berbagai isian yang enak, lho. Salah satunya dikreasikan menjadi roti goreng abon.

Perpaduan lembut dan renyah di luar pasti bikin ketagihan. Cara membuatnya pun sangat mudah. Bahan-bahan yang digunakan pun sangat mudah didapatkan. Ingin tahu cara membuatnya? Simak resep roti goreng abon di bawah ini, ya!

1. Bahan-bahan yang perlu disiapkan

Resep Roti Goreng Abon yang Praktis, Bikin Ngunyah Terus!Ilustrasi bahan (unsplash.com/Annie Spratt)

Bahan-bahan:

  • 175 gr tepung terigu serbaguna
  • 80 ml air dingin
  • 1 kuning telur
  • 1 sdm mentega
  • 1,5 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt ragi instan
  • 1/4 sdt garam
  • 1 putih telur
  • abon sapi pedas secukupnya
  • tepung panir secukupnya

2. Campur tepung terigu dengan bahan lainnya

Resep Roti Goreng Abon yang Praktis, Bikin Ngunyah Terus!Ilustrasi mencampurkan tepung (onceuponachef.com)

Siapkan wadah cukup besar. Masukkan tepung terigu, gula pasir, dan ragi instan ke dalam wadah. Aduk dengan spatula hingga rata.

Selanjutnya, tambahkan air dingin dan kuning telur ke dalam wadah. Aduk kembali hingga menjadi adonan dengan tingkat kekentalan konsisten.

3. Bagi adonan menjadi beberapa bagian

Resep Roti Goreng Abon yang Praktis, Bikin Ngunyah Terus!Ilustrasi membagi adonan (bakingthegoods.com)

Apabila adonan telah menggumpal, tambahkan mentega dan garam. Uleni kembali hingga adonan elastis. Saat menguleni adonan, kamu bisa menggunakan tangan saja agar hasilnya lebih maksimal.

Selanjutnya, ambil timbangan dan bagi adonan menjadi beberapa bagian seberat 30 gram. Kemudian, pipihkan adonan dan isi dengan abon secukupnya. Tutup adonan, lalu bentuk sesuai selera. Sisihkan ke dalam loyang.

Baca Juga: Resep Roti Goreng yang Gurih dan Empuk, Begini Caranya!

4. Balurkan adonan pada tepung panir

Resep Roti Goreng Abon yang Praktis, Bikin Ngunyah Terus!Ilustrasi memberi tepung panir (nolisoli.ph)

Olesi adonan roti yang sudah dibentuk dengan putih telur menggunakan bantuan kuas. Kemudian, balurkan adonan roti satu per satu ke dalam tepung panir. Lakukan perlahan tanpa membuat abonnya keluar dari adonan.

Jika mendapati adonan roti yang sudah diberi isian bolong, tutupi dengan campuran tepung terigu dan air, lalu dibaluri kembali dengan tepung roti. Jika semua sudah selesai, letakkan kembali ke dalam loyang atau wadah datar.

5. Goreng roti abon hingga kecoklatan

Resep Roti Goreng Abon yang Praktis, Bikin Ngunyah Terus!Roti goreng abon (instagram.com/sriwidayati.sw)

Sebelum di goreng, diamkan roti selama kurang lebih 40 menit agar adonan mengembang secara maksimal. Pastikan wadah roti dalam keadaan tertutup saat didiamkan. Kamu bisa menggunakan plastik atau kain sebagai penutupnya.

Selanjutnya, panaskan wajan dan beri minyak yang cukup banyak. Goreng roti abon dengan api sedang kecil. Pastikan minyaknya tidak terlalu panas agar matang sempurna. Goreng roti abon hingga matang dan kecokelatan. Jika sudah, segera angkat dan sajikan.

Roti goreng abon ini bisa kamu praktikkan langsung di rumah, lho. Cocok banget sebagai camilan untuk keluarga atau kumpul bareng sahabat. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: 5 Toko Roti Legendaris di Jakarta, Jual Roti Enak yang Bikin Nostalgia

Arthur Glenn Photo Verified Writer Arthur Glenn

Mulai aja dulu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya