Comscore Tracker

Resep Membuat Bakwan Oncom, Lauk dan Camilan yang Renyah

Dinikmati dengan nasi putih hangat makin sedap

Bakwan menjadi salah satu makanan yang dapat disajikan kapan pun. Makanan satu ini selain cocok dijadikan sebagai camilan, juga nikmat disajikan sebagai lauk. Cita rasanya yang gurih dan renyah pasti tidak akan cukup jika hanya sekali makan.

Biasanya, bakwan terbuat dari bahan dasar sayuran. Namun, kamu bisa mengkreasikannya dengan bahan makanan lain. Cobalah dengan mencampurkan oncom ke dalam adonan bakwan.

Dijamin lebih renyah, berikut ini resep bakwan oncom yang nikmat buat lauk makan atau pun camilan. Sama-sama enak dan menggugah selera, kok!

1. Bahan-bahan yang diperlukan 

Resep Membuat Bakwan Oncom, Lauk dan Camilan yang RenyahIlustrasi bahan-bahan (Unsplash.com/Rens D)

Bahan utama:

  • 2 potong oncom
  • 1 batang daun bawang, iris tipis
  • 2 buah cabai merah keriting, iris tipis
  • 200 gram tepung terigu
  • 3 sendok makan tepung beras
  • 1 sendok teh kaldu jamur
  • garam secukupnya
  • air secukupnya

Bahan bumbu halus:

  • 1 sendok makan ketumbar
  • 3 buah kemiri
  • 2 siung bawang putih

2. Remas oncom hingga hancur 

Resep Membuat Bakwan Oncom, Lauk dan Camilan yang RenyahIlustrasi oncom (Instagram.com/ricky_jalanjalan)

Remas oncom hingga hancur terlebih dahulu. Pastikan seluruh bagian oncom hancur dan tidak ada yang menggumpal. Hal ini bertujuan agar tekstur oncom sama rata dan bumbunya bisa meresap dengan sempurna.

Usahakan agar menggunakan oncom yang masih segar supaya rasa bakwan semakin nikmat. Ciri oncom segar adalah teksturnya rapat dan jamur di permukaan tidak terlalu banyak. Pastikan juga oncom memiliki aroma segar khas kacang kedelai.

3. Aduk adonan bakwan hingga merata

Resep Membuat Bakwan Oncom, Lauk dan Camilan yang RenyahIlustrasi adonan bakwan (Unsplash.com/David Trinks)

Haluskan bumbu, seperti bawang putih, ketumbar, dan kemiri, secara bersamaan Kemudian, masukkan ke dalam wadah atau baskom. Tambahkan juga tepung terigu, tepung beras, oncom, daun bawang, cabai, dan air, lalu aduk sampai rata.

Selanjutnya, beri garam dan kaldu jamur. Aduk kembali agar bumbu tercampur rata dengan adonan bakwan. Jangan lupa untuk mengoreksi rasa terlebih dahulu untuk memastikan bumbu apa yang masih kurang.

Baca Juga: Resep Bakwan Udang Sayur, Cocok Disantap dalam Setiap Suasana

4. Goreng bakwan hingga matang 

Resep Membuat Bakwan Oncom, Lauk dan Camilan yang RenyahIlustrasi menggoreng bakwan (Unsplash.com/Markus Winkler)

Setelah adonan selesai, siapkan wajan di atas kompor. Tuang minyak dan panaskan hingga sedikit mendidih. Jika minyak sudah panas, masukkan adonan bakwan oncom ke dalam wajan dengan takaran sesuai selera.

Selanjutnya, masak bakwan dengan api sedang agar tidak mudah gosong. Jangan lupa dibolak-balik agar bakwan matang dengan sempurna. Jika bakwan sudah kering dan berwarna kecokelatan, segera angkat serta tiriskan, ya!

5. Bakwan oncom siap disajikan 

Resep Membuat Bakwan Oncom, Lauk dan Camilan yang RenyahIlustrasi bakwan oncom (Instagram.com/destryaaasputri)

Siapkan satu buah piring saji. Kemudian, letakkan bakwan oncom yang sudah matang di atas piring tersebut. Lakukan kembali hal yang sama sampai semua adonan bakwan habis.

Sekarang kamu bisa menikmati bakwan oncom, deh. Rasa bakwan oncom yang gurih dan lezat dijamin bakal menggoyang lidah. Bagi pencinta pedas, kamu bisa menyantap bakwan oncom bersama dengan saus sambal.

Mudah, kan, cara membuatnya? Pemula juga bisa membuat bakwan oncom sendiri di rumah. Lebih nikmat dihidangkan selagi hangat, lho. Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Membuat Bakwan Sosis Renyah, Camilan atau Lauk Nasi?

Atika Sari Photo Verified Writer Atika Sari

Love yourself

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya