Comscore Tracker

5 Tips Cerdas Memilih Kelapa Muda yang Segar

#RamadanMasaKini bisa jadi referensi minuman buka puasa nih

Pohon kelapa dapat tumbuh di daerah tropis, oleh karena itu kelapa muda mudah sekali ditemukan di Indonesia. Buah ini biasanya dijadikan aneka macam minuman seperti es kelapa muda, es kopyor, dan es buah.

Selain itu buah kelapa muda juga memiliki banyak manfaat seperti, untuk menurunkan tekanan darah tinggi, menenuhi asupan cairan tubuh, dan membakar lemak pada perut. Namun, sudahkah kamu mengetahui tips cerdas untuk memilih kelapa muda? Yuk, simak informasinya berikut ini.

1. Pilih kelapa yang berisi air lebih banyak

5 Tips Cerdas Memilih Kelapa Muda yang Segarinstagram.com/amazing38fantasy

Untuk menentukan apakah kelapa segar atau tidak, kamu dapat mengocoknya. Jika kelapa memiliki banyak air, tandanya kelapa benar-benar segar. Sedangkan kelapa yang berisi air sedikit, lebih mungkin telah mengalami kebocoran dan jamur mungkin telah masuk ke dalam.

2. Hindari kelapa dengan cangkang yang pecah

5 Tips Cerdas Memilih Kelapa Muda yang Segarinstagram.com/rawexpansion

Pilihlah kelapa dengan cangkang yang masih utuh. Sebab, jika cangkang kelapa sudah pecah, maka kemungkinan besar air di dalamnya sedikit terbuang dan bahkan mungkin ada jamur yang telah masuk ke dalam kelapa tersebut.

3. Periksa mata kelapa

5 Tips Cerdas Memilih Kelapa Muda yang Segarinstagram.com/firstselflove

Pada buah kelapa, terdapat tiga buah mata. Dari tiga mata tersebut, kita dapat menentukan apakah buah kelapa segar atau tidak. Jika pada salah satu mata terdapat jamur yang berwarna kehijauan, maka tandanya kelapa tidak segar dan rasanya pun sedikit asam.

Baca Juga: Segar untuk Berbuka, Inilah 5 Resep Minuman Kelapa Muda yang Unik

4. Pilih kelapa yang tidak lembab dari luar

5 Tips Cerdas Memilih Kelapa Muda yang Segarinstagram.com/explore_serang

Kelapa yang lembab dari luar, menandakan bahwa ada sedikit atau banyak air yang telah terbuang karena cangkang kelapa telah retak. Cangkang kelapa yang retak inilah yang membuat jamur mudah masuk ke dalam kelapa.

5. Daging kelapa muda cenderung lebih legit dan berlendir

5 Tips Cerdas Memilih Kelapa Muda yang Segarinstagram.com/ayunuansa_sidiq

Selain dari cangkangnya, daging kelapa tentunya juga dapat menentukan segar atau tidaknya kelapa. Kelapa yang muda dan masih segar memiliki daging buah yang berlendir dan legit. Sedangkan daging kelapa yang keras, pertanda bahwa kelapa sudah tua.

Nah, itu dia 5 tips cerdas untuk memilih kelapa muda. Semoga bermanfaat ya.

Baca Juga: Tips Puasa, 10 Kreasi Es Kelapa Muda  Bikin Energi Langsung Pulih

Aulia Maharani Photo Community Writer Aulia Maharani

find me on ig : auliaamhrni

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You