Comscore Tracker

5 Tips Memilih Buah Blewah yang Segar untuk Buka Puasa

#RamadanMasaKini Cocok untuk bikin es buah nih

Sepertinya, buah yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga kita. Ya, buah blewah memang paling sering ditemukan di warung penjual es buah terutama ketika waktu Ramadan tiba.

Buah sejenis melon ini kaya akan vitamin A, vitamin C, dan mineral yang bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Namun, sudahkah kamu mengetahui tips cerdas untuk memilih buah blewah yang segar? Yuk, simak tipsnya berikut ini.

1. Pilih blewah yang warnanya dominan kuning

5 Tips Memilih Buah Blewah yang Segar untuk Buka Puasainstagram.com/jawir121

Blewah dengan warna kulit kekuningan dengan sedikit bercak hijau, menandakan bahwa buah sudah matang dan siap di konsumsi. Sedangkan blewah dengan warna kulit yang masih hijau, berarti belum sepenuhnya matang dan teksturnya pun masih keras.

2. Pilih blewah dengan tekstur lembut tetapi tidak terlalu lembek

5 Tips Memilih Buah Blewah yang Segar untuk Buka Puasainstagram.com/gofruit.id

Ketika memilih blewah, cobalah tekan dengan ujung jari. Tujuannya untuk memastikan tingkat kematangan dari buah blewah. Blewah yang matang, akan tetap kuat ketika ditekan. Sedangkan blewah yang terlalu matang atau busuk, akan terasa lembek ketika ditekan.

Baca Juga: Identik dengan Ramadan, Ini 7 Khasiat Blewah Bagi Kesehatan

3. Pilih blewah yang beraroma harum

5 Tips Memilih Buah Blewah yang Segar untuk Buka Puasainstagram.com/zaa_zakiyah

Tips yang satu ini merupakan tips yang paling penting dan mudah. Sama seperti buah pada umumnya, blewah yang matang akan memiliki aroma yang khas. Sedangkan blewah yang belum matang secara sempurna, tidak memiliki aroma apapun.

4. Pilih blewah dengan tekstur kulit yang mulus

5 Tips Memilih Buah Blewah yang Segar untuk Buka Puasainstagram.com/ajoe_chan

Tips mudah lainnya untuk memilih blewah yang bagus dan segar adalah dengan melihat tekstur permukaan kulitnya. Blewah yang bagus, memiliki tekstur permukaan kulit yang mulus. Sedangkan blewah yang tidak bagus terdapat beberapa cacat di tekstur permukaan kulitnya.

5. Jangan menyimpan blewah secara tidak utuh

5 Tips Memilih Buah Blewah yang Segar untuk Buka Puasainstagram.com/erlinaby

Untuk menyimpan blewah, sebaiknya dalam kondisi utuh dan belum terpotong-potong. Karena biasanya blewah yang disimpan dalam kondisi sudah dipotong, hanya akan bertahan sehari setelah dikupas. Hal ini juga akan mengurasi tingkat kesegaran blewah dan juga tentunya rasa blewah akan menjadi sedikit berbeda.

Nah, itu dia beberapa tips memilih buah blewah. Semoga bermanfaat ya!

Baca Juga: 5 Tips Memilih Jamur yang Baik dan Aman untuk Dikonsumsi

Aulia Maharani Photo Community Writer Aulia Maharani

find me on ig : auliaamhrni

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You