Comscore Tracker

Wow! 15 Resep Makanan Ini Dimasak Pakai Rice Cooker Saja

Layak dicoba anak kos nih...

Namanya anak kos ya, memang dituntut untuk selalu kreatif, inovatif dan irit. Di kala uang jajan menipis, atau memang sejak awal berniat untuk berhemat, porsi dan menu makan pun harus diatur. Satu caranya tentu dengan memasak makanan sendiri.

Namun tidak semua kos-kosan diberi kemewahan punya dapur sendiri ataupun dapur yang bisa dipakai beramai. Mau bawa kompor gas ke dalam kamar, kan, bahaya. Untuk itulah ibu-ibu kamu membekali dengan rice cookerNggak cuma bisa buat masak nasi, rice cooker juga berevolusi, bisa dipakai untuk masak yang lain lho! Apa aja? Simak, nih.

Nasi Kuning

Wow! 15 Resep Makanan Ini Dimasak Pakai Rice Cooker Sajayoutube

Cara membuat nasi kuning di rice cooker tidak jauh berbeda dengan umumnya. Masukkan beras, santan, sereh, daun salam, garam, kaldu bubuk, air dan bumbu halus (Kunyit dan bawang putih). Aduk, lalu masak seperti memasak nasi.

Kalau nasinya belum masak saat kamu buka tutupnya, kamu bisa pencet lagi tombol cook-nya sampai nasinya benar-benar matang. Aduk-aduk juga beberapa kali agar matangnya merata.

Nasi Uduk

Wow! 15 Resep Makanan Ini Dimasak Pakai Rice Cooker Sajamakan2efyn

Kalau biasanya beli, nah kamu bisa bikin nasi uduk sendiri pakai rice cooker di kamar kos. Selain murah meriah, kalau masak sendiri, porsinya bisa sepuasnya! Untuk bahan-bahannya, masukkan beras, santan instan, daun salam, sereh, jahe, lengkuas, cengkeh dan kayu manis, aduk, lalu masak seperti memasak nasi biasa.

Nasi Ayam Hainan

Wow! 15 Resep Makanan Ini Dimasak Pakai Rice Cooker Sajadoyanmasak

Ini nih buktinya, rice cooker itu perlu banget. Kamu bahkan bisa makan nasi ayam Hainan, yang masaknya pakai rice cooker saja! Untuk membuatnya, masukkan bawang putih, jahe, garam dan kaldu ayam ke dalam beras berisi air dan aduk sebentar. Tata ayam dan taburi dengan daun bawang. Tekan tombol cook dan tunggu masakanmu jadi.

Habis masak, panggil pacar, biar dia nyicipin dan jadi terpesona sama kemampuan memasak kamu.

Bubur Ayam

Wow! 15 Resep Makanan Ini Dimasak Pakai Rice Cooker Sajapinterest

Resep Bubur Ayam ini juga gampang, lho. Semua bahan tinggal dicemplungin, terus masak, deh. Bahan pelengkapnya yang lain seperti cakwe, bisa kamu beli atau skip, telur rebus bisa kamu rebus pakai rice cooker dulu sebelum memasak buburnya, daun bawang dan seledri bisa kamu iris-iris sendiri pakai gunting sambil menunggu buburnya jadi.

Kamu juga bisa menambahkan ayam saat merebus bubur atau menceplok telur ketika bubur jadi dan biarkan sebentar agar masak.

Bubur Tinutuan atau Bubur Manado

Wow! 15 Resep Makanan Ini Dimasak Pakai Rice Cooker Sajapinterest

Pengen makan yang sehat-sehat? Masak bubur Tinutuan atau bubur Manado yang penuh dengan sayuran ini pas banget. Cara masaknya seperti bubur biasa. Kamu hanya perlu menambahkan bayam, kangkung, jagung, labu merah, daun salam dan serai agar harum. Makannya bisa dengan ikan asin agar lebih nikmat.

Sarden Rice Cooker

Wow! 15 Resep Makanan Ini Dimasak Pakai Rice Cooker Sajaiyang-oiy

Lagi pengen makan nasi sarden? Nggak perlu ke burjo. Kamu bisa bikin nasi sarden sendiri di kamar. Sardennya cukup pakai sarden kaleng aja. Biar lebih spesial, kamu bisa menambahkan irisan bawang merah atau bawang putih, gula dan saus sambal atau tomat.

Sop Ayam

Wow! 15 Resep Makanan Ini Dimasak Pakai Rice Cooker Sajatokomesin

Untuk membuat sop ayam, kamu bisa memilih untuk menumis bumbu sopnya terlebih dahulu atau langsung dicampur dengan air dan bahan-bahan lainnya. Kalau kamu ingin menumis dulu, nyalakan rice cooker, tuang sedikit minyak, lalu tumis bumbu sebentar sebelum kamu menggabungkan bahan-bahan lainnya.

Nasi Biryani ala Rice Cooker

Wow! 15 Resep Makanan Ini Dimasak Pakai Rice Cooker Sajacooking4allseasons

Selain masakan Indonesia, kamu juga bisa menjajal menu masakan dari negeri lain, lho. Misalnya nasi Biryani yang berasal dari India. Untuk bumbu halus atau garam masala dari nasi Biryani, kamu bisa membeli jadi atau membuatnya sendiri. Rempah-rempahnya pun tidak harus yang masih segar. Kamu bisa membeli rempah-rempah yang sudah berbentuk bubuk untuk memudahkan proses memasak.

Frittata

Wow! 15 Resep Makanan Ini Dimasak Pakai Rice Cooker Sajathedailymeal

Frittata itu sebenarnya mirip-mirip sama omelet. Bedanya, Frittata itu lebih tebal dan isiannya lebih banyak. Kamu bisa menambahkan bayam, brokoli, sosis, ayam, dan bahan-bahan lainnya yang cocok menurut kamu untuk menghasilkan Frittata spesialmu sendiri. 

Kari Ayam

Wow! 15 Resep Makanan Ini Dimasak Pakai Rice Cooker Sajaangsarap

Anak kos yang sedang merantau, kadang suka kangen sama masakan ibu di rumah. Apalagi menu seperti Kari Ayam, yang biasanya hadir waktu pengajian, atau hari-hari raya spesial. Nggak usah sedih, karena sekarang kamu bisa belajar masak Kari Ayam sendiri.

Bahan-bahannya pun mudah. Ayam potong, bubuk atau bumbu kari jadi, kentang, merica, jinten dan santan aduk bersama dengan air. Masak hingga 30 menit dengan menekan tombol cook beberapa kali hingga ayamnya matang.

Jika sudah jadi, foto dan kirim ke Ibu kamu, biar dia tidak khawatir lagi dengan menu makananmu.

Mac and Cheese

Wow! 15 Resep Makanan Ini Dimasak Pakai Rice Cooker Sajapapasemar

Tidak hanya makanan berat, rice cooker juga bisa dipakai untuk membuat camilan. Dengan biaya kurang dari Rp 50.000,- kamu sudah bisa merasakan lelehan keju dari Mac and Cheese buatan kamu sendiri. 

Cara buatnya:

Masukkan 200 gr makaroni, 1,5 gelas air dan 2 sdm penyedap rasa ayam ke dalam rice cooker. Cook selama 10 menit dan aduk sesekali agar makaroni tidak lengket. Tambahkan 1 kotak susu UHT vanilla dan segelas keju parut atau 5 slice keju cheddar yang dipotong kecil. Atur rice cooker pada keadaan warm, aduk hingga keju meleleh. Siap dihidangkan.

Cake Rice Cooker

Wow! 15 Resep Makanan Ini Dimasak Pakai Rice Cooker Sajavemale

Sudah tahu kalau kamu bisa memanggang kue juga di rice cooker? Kamu nggak perlu repot-repot punya oven atau mixer, cukup pake rice cooker aja. 

Pertama-tama, siapkan mangkuk, masukkan 300gr tepung self-raising, 2 sdm gula putih dan 2 butir telur yang sudah dikocok terlebih dahulu. Aduk lalu tambahkan 375 ml susu, sedikit demi sedikit. Masukkan adonan ke dalam mangkuk rice cooker dan masak selama kurang lebih 20-25 menit. Potong dan hidangkan dengan sirup maple atau es krim. 

Banana Bread

Wow! 15 Resep Makanan Ini Dimasak Pakai Rice Cooker Sajakitchenstories

Tertarik mencoba membuat Banana Cake sendiri? Mudah, kok.

Hancurkan 300gr pisang dalam sebuah wadah. Di wadah terpisah, campur 150 gr gula, 4 telur, vanilla essens secukupnya dan 150 gr butter yang sudah dilelehkan. Dalam wadah yang lain, aduk 210 gr tepung, 3 gr baking powder, 3 gr baking soda dan 1/2 sdt garam. 

Campurkan pisang, campuran telur dan campuran tepung. Masak dengan tombol cook selama 10-12 menit. Lanjutkan proses memasak dalam posisi warm selama 60-90 menit. Tusuk cake dengan garpu dan jika tidak ada adonan menempel maka kue sudah matang.

Hias dengan taburan gula halus dan potongan pisang.

Chocolate Cake

Wow! 15 Resep Makanan Ini Dimasak Pakai Rice Cooker Sajacuratedbykena

Kue diatas kelihatannya menggiurkan sekali, ya? Percaya nggak percaya, kamu hanya membutuhkan rice cooker untuk membuatnya! Langkah-langkah pembuatannya bisa kamu lihat di link ini. Klik di sini.

Pizza

Wow! 15 Resep Makanan Ini Dimasak Pakai Rice Cooker Sajablogresep

Sedang ada teman tapi tidak punya camilan? Bikin Pizza aja. Bikinnya bisa bareng sama teman-teman. Selagi ngobrol asyik, pizzanya jadi. Uangmu tetap aman, teman-temanmu pun kenyang.

Untuk membuat adonan pizza, campur 150 gr terigu protein sedang, sejumput gula dan 1 sdm fermipan, aduk hingga rata. Masukkan telur yang telah dikocok lepas. Aduk rata.Tambahkan minyak goreng dan air secukupnya. Adoni sampai setengah kalis. Masukkan dan sejumput garam. Uleni kembali hingga benar-benar kalis elastis.

Tutup adonan dengan kain basah. Diamkan selama 30 menit. Setelah mengembang, tata di mangkuk rice cooker. Olesi adonan dengan saus bolognese, cacahan bawang bombay, sosis dan keju parut. Masak dengan keadaan cook selama 10 menit dan warm selama 20 menit. 

Pizza pun sudah siap! So yummy..

Masih banyak lagi resep yang bisa kamu masak hanya dengan menggunakan rice cooker. Intinya adalah kamu tidak takut mencari resep-resep baru untuk kamu coba masak. Luangkan beberapa hari dalam seminggu untuk memasak menu makananmu sendiri. Walaupun ngekos, menu makanan pun bisa tetap sehat dan irit.

namiya Photo Verified Writer namiya

can you see me?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya