Comscore Tracker

3 Tips Bikin Telur Balado yang Sedap Mantap

Sudah coba belum?

Telur balado atau telur bumbu merah merupakan salah satu pilihan favorit makan malam. Tidak saja rasanya yang enak dan pembuatanya yang tidak sulit, telur merupakan panganan kaya gizi dan kegemaran semua kalangan.

Telur balado merupakan salah satu olahan yang bisa menjadi alternatif berbuka, maupun dihangatkan untuk sahur. Mau tahu cara membuat telur balado agak bulat kuning sempurna dengan warna yang menarik dan rasa yang sedap? Simak tips berikut ini.

1. Tambahkan garam saat merebus telur

3 Tips Bikin Telur Balado yang Sedap Mantappexels.com/Kaboompics.com

Salah satu kunci membuat telur balado yang cantik adalah telur yang terlepas sempurna dari kulitnya. Namun, seringkali kita mengalami kesulitan dalam melepaskan isi telur dari cangkangnya yang seringkali menempel dan ikut terkelupas.

Nah, ada tipsnya nih agar isi telur terlepas sempurna. Saat merebus telur, masukkan 1-2 sendok makan garam di air yang mendidih, kemudian masukkan telur.

Diamkan beberapa menit hingga telur matang, dinginkan, dan mulai kupas telur dari cangkangnya. Dijamin, telur kamu akan terkelupas sempurna dari kulitnya.

2. Goreng telur dalam minyak panas

3 Tips Bikin Telur Balado yang Sedap Mantappexels.com/pixabay.com

Salah satu tahap dalam membuat telur balado adalah menggoreng telur yang telah dikupas. Namun seringkali kita tidak sabar untuk menunggu minyak panas, padahal suhu minyak sangat menentukan hasil telur goreng kita lho.

Panaskan minyak hingga 10 menit (sesuai kuantitas minyak), dan pastikan bahwa suhu minyak benar-benar panas ketika kita masukkan telur. Suhu yang kurang tepat akan menyebabkan telur layu dan pucat.

Setelah minyak panas dan telur dimasukkan, jangan goreng lama-lama ya. Tunggu sampai telur cokelat keemasan dan mengembang, lalu angkat dan tiriskan.

3. Tumis bumbu hingga harum dan tambahkan daun jeruk, ya biar makin sedap!

3 Tips Bikin Telur Balado yang Sedap Mantappexel.com/Artembali

Ini dia tahap terakhir dari membuat telur Balado. Mencampurkan bumbu tumis dan telur yang telah digoreng. Menggoreng bumbu tumis juga harus diperhatikan lho, jangan sampai bumbu gosong, ataupun masih mentah. Kuncinya? Wangi!

Pastikan bumbu harum dan warnanya tidak gosong ketika kita masukkan telur. Ohya, jangan lupa, daun jeruk adalah kunci kenikmatan dari Telur Baladomu, jadi jangan lupa tumis serta daun jeruk dengan bumbunya, ya.

Nah, itulah 3 tips membuat telur balado yang rasanya sedap mantap. Ayo diterapkan ya!

Baca Juga: 5 Tips Memasak Bihun Supaya Tak Mudah Hancur, Praktis Banget!

AYU WULANDARI Photo Community Writer AYU WULANDARI

Ayputriw@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You