Comscore Tracker

Gak Perlu Pengawet, Ternyata Ini Cara Mengakali Sambal Agar Tahan Lama!

#MasakItuGampang Yang pasti menghemat pengeluaran!

Untuk kita yang suka sekali dengan makanan pedas, pasti kudu bin wajib ya punya sambal di rumah untuk persediaan saat makan. Namun pasti kesal rasanya saat hendak makan, namun sambal yang baru dibuat kemarin sudah berbau tidak sedap. Terlebih lagi sambalnya masih banyak pula, dengan sangat terpaksa kita harus membuat lagi, dan pasti kita harus membeli lagi bahan-bahan untuk membuat sambal tersebut.

Untuk mengakali sambal yang cepat basi, lebih baik ikuti cara di bawah ini agar sambal yang kamu suka tidak cepat basi dan juga menghemat pengeluaranmu.

1. Alat-alat sudah dicuci bersih

Gak Perlu Pengawet, Ternyata Ini Cara Mengakali Sambal Agar Tahan Lama!Youtube.com/Saras S

Bukan hanya saat membuat sambal, bahkan untuk membuat semua makanan pun diharuskan menggunakan alat-alat yang sudah dibersihkan terlebih dahulu agar terjaga kebersihannya. Alat-alat yang higienis juga menghambat pertumbuhan jamur lho!

2. Pilihlah bahan yang segar

Gak Perlu Pengawet, Ternyata Ini Cara Mengakali Sambal Agar Tahan Lama!Winedharma.com

Saat kita belanja untuk membeli bahan-bahannya, jangan asal milih ya. Pilihlah bahan-bahan yang segar seperti cabai, bawang merah, bawang putih, dan tomat. Pastikan tidak ada yang layu.

3. Sangrai terlebih dahulu

Gak Perlu Pengawet, Ternyata Ini Cara Mengakali Sambal Agar Tahan Lama!Curiousnut.com

Sesudah bahan-bahan untuk membuat sambal dicuci bersih, kamu bisa melakukan sangrai yaitu memasak tanpa minyak, tapi kamu juga bisa menambah sedikit minyak. Masukkan bahan-bahan tersebut ke dalam wajan. Aduk-aduklah seperti menumis. Biarkan menjadi empuk. Angkat lalu tiriskan.

4. Diulek lebih enak

Gak Perlu Pengawet, Ternyata Ini Cara Mengakali Sambal Agar Tahan Lama!Tanamerah.com

Untuk mendapatkan cita rasa sambal yang enak, kamu bisa mengulek bahan-bahan tersebut. Beberapa chef juga mengatakan bahwa membuat sambal dengan diblender dan diulek, menciptakan rasa yang berbeda. Kamu juga harus mengulek secara halus, terutama biji-biji yang ada dalam cabai tersebut.

Kamu perlu tahu biji tersebutlah yang memiliki rasa pedas, bukan kulit cabainya. Jangan lupa beri garam dan gula putih sesuai takaran. Gula putih juga sebagai zat alami untuk membuat makanan menjadi awet.

5. Terakhir tinggal sangrai lagi

Gak Perlu Pengawet, Ternyata Ini Cara Mengakali Sambal Agar Tahan Lama!Thespruceeats.com

Sesi mengulek sudah selesai, dan sambalnya sudah halus, kamu tinggal sangrai kembali sambal ke dalam wajan. Cukup gunakan api kecil saja, tunggu sampai mengental dan terpisah dari minyaknya. Setelah selesai, jangan langsung diangkat, diamkan dulu sampai dingin.

 

Itulah cara membuat sambalmu awet hingga bisa bertahan sampai 3 hari. Jadi kamu tak perlu susah-susah membuat sambal tiap hari dan tentunya bisa berhemat.

Beti Puspah Photo Verified Writer Beti Puspah

my wattpad.com/yuyumeko

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya