Comscore Tracker

Resep Puding Mangga, Takjil Menyegarkan yang Simpel Banget

#RamadanMasaKini perut kenyang tubuh sehat

Buah mangga dapat dijadikan bahan dasar dalam pembuatan berbagai makanan sebagai hidangan berbuka puasa misalnya diolah menjadi puding. Proses pembuatannya yang mudah dan cepat, membuat puding mangga menjadi pilihan dalam hidangan buka puasa. Nah, berikut ini resep puding mangga sebagai takjil yang menyegarkan.

1. Bahan-bahan yang perlu disiapkan

Resep Puding Mangga, Takjil Menyegarkan yang Simpel Bangetunsplash.com/Phoenix Han
  • 2 buah mangga yang telah matang
  • 150 ml susu cair
  • 1 bungkus agar-agar
  • Jelly secukupnya
  • 1/2 gram vanili bubuk
  • 150 gram gula pasir (bisa ditambahkan dab dikurangi sesuai selera)
  • 1 buah jeruk lemon
  • Daun mint

2. Cara pembuatan

Resep Puding Mangga, Takjil Menyegarkan yang Simpel Bangetunsplash.com/Alexis Chloe

Langkah pertama dalam pembuatan puding ini adalah dengan memblender mangga yang telah dibersihkan terlebih dahulu. Sisihkan beberapa bagian mangga kemudian dipotong kotak-kotak. Setelah itu semua bahan dicampur dalam panci seperti agar-agar, susu UHT, gula pasir, vanili dan jelly. Aduk hingga tercampur rata dan dimasak dalam api sedang. Sambil dimasak, bahan-bahan terus dicampur hingga mendidih kemudian tambahkan hasil blenderan mangga dan hasil perasan jeruk lemon.

Bahan-bahan tersebut terus diaduk hingga tercampur rata, kemudian matikan api dan tuangkan ke dalam cetakan. Kamu bisa berkreasi semaumu dengan model puding melalui aneka bentuk cetakan.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Mangga Segar dan Manis untuk Dikonsumsi

3. Cara penyajian

Resep Puding Mangga, Takjil Menyegarkan yang Simpel Bangetinstagram.com/gemini067067

Setelah menuangkannya ke dalam cetakan, kamu boleh menghiasi puding tersebut dengan menambahkan hasil potongan buah mangga yang berbentuk kotak-kotak dan daun mint. Kamu juga bisa menambahkan toping-toping sesuai seleramu. Kreasi lainnya yang dapat kamu lakukan adalah dengan membuat pudingmu dengan beberapa lapis, misalnya dengan lapisan santan dengan cara pembuatan yang sama.

Langkah selanjutnya adalah kamu perlu untuk mendinginkannya. Proses pendinginan bisa dilakukan dalam lemari es selama 2 sampai 3 jam agar rasa yang dihasilkan puding semakin segar.

4. Kandungan zat gizi dalam mangga

Resep Puding Mangga, Takjil Menyegarkan yang Simpel Bangetunsplash.com/Fabiola Peñalba

Berbagai macam vitamin yang terkandung dalam mangga seperti, vitamin A, B1, B2, dan C. Selain itu, mangga juga mengandung kalori, protein,  karbohidrat, kalsium, fosfor, besi, kalium, magnesium, dan sedikit Iemak.

Nah itulah resep puding buah mangga yang mudah banget. Tunggu apalagi nih, yuk terapkanlah dan buat menu buka puasamu semakin manis dan menyegarkan.

Baca Juga: Resep Takjil Lezat: Pancake Mangga Super Lembut di Mulut 

Bife SoE Photo Community Writer Bife SoE

Suara sumbang dari perempuan Timor!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You