Comscore Tracker

Bosan Buka Puasa Pakai Bakwan? Coba 5 Resep Street Food Ala Korea Ini

Sluurp, berasa buka puasa di Korea

Jakarta, IDN Times - Gak kerasa Ramadan telah tiba, guys! Sedih juga sih kali ini suasananya masih di tengah pandemik. Kamu tetap jaga kesehatan, ya! Kalau Ramadan begini tentu kamu butuh inspirasi resep makanan untuk buka puasa yang gampang dan bisa dibuat dari rumah dong? 

Eits, jangan khawatir IDN Times kasih tahu kamu nih inspirasi resep buka puasa ala Korea nih. Nah, biar buka puasamu gak bakwan melulu, cek di bawah ya!

1. Coba Tteokbokki dengan kombinasi saus Indonesia

Bosan Buka Puasa Pakai Bakwan? Coba 5 Resep Street Food Ala Korea IniIlustrasi menu tteokbokki dengan kearifan lokal (Shutterstock/Kravtzov)

Ini dia nih makanan Korea yang hits parah! Siapa sih yang gak tahu tteokbokki? Ada yang bilang sih ini lontong sayurnya Indonesia. Tapi, ini adalah street food Korea yang bisa jadi inspirasi kamu untuk buka puasa lho. Bahan-bahannya juga mudah ditemukan. 

Untuk membuat tteokbokki-nya kamu cuma perlu tepung beras, tepung kanji, dan air panas. Sedangkan untuk sausnya sebenarnya harus menggunakan gochujang. Tapi ini kan di Indonesia? Kamu bisa kreasikan dengan saus rica-rica atau varian sambal. Menarik, ‘kan? Pasti masih cocok kok!

Baca Juga: Resep Korean Lunch Box Cake, Dessert Pas buat Birthday dan Valentine

2. Corndog ala nenek Seo-dalmi

Bosan Buka Puasa Pakai Bakwan? Coba 5 Resep Street Food Ala Korea IniCorndog isi keju mozarella (Shutterstock/ciciliana)

Corndog kayaknya enak banget, ya? Cocok buat takjil juga sebelum ke hidangan utama. Biasanya ada yang isinya sosis atau keju mozarella. Untuk membuatnya pun ternyata juga cukup mudah. 

Yang kamu butuhkan adalah sudah jelas adalah tusuk sate, tepung terigu, air, susu, baking powder, garam, dan gula pasir. Untuk isiannya bisa dengan sosis, keju mozarella, dan fish cake. Tergantung selera kamu. Oh iya, biar luarnya crispy jangan lupa tepung rotinya ya! Wah, cocok banget buat buka puasa.

3. Ramyun kuah dengan kaldu ayam berwarna putih

Bosan Buka Puasa Pakai Bakwan? Coba 5 Resep Street Food Ala Korea IniIlustrasi mi ramyun dengan kombinasi kaldu ayam dan Indomilk Kental Manis (Shutterstock/cherrydonut)

Aneh, ya? Biasanya ramyun tuh punya rasa yang super pedas dan berwarna merah, tapi yang ini justru pakai kuah dari kaldu ayam yang membuat ramyun berwarna putih. Agar lebih nikmat, kamu juga bisa lho menambahkan Indomilk Kental Manis untuk membuat ramyun-nya jadi memiliki depth of flavor rasa gurih dan pedasnya. 

Kombinasi manis dan pedasnya itu nanti bakal membuat ramyun jauh lebih umami lagi. Kamu patut coba sih! Ini terbukti memiliki rasa yang unik dan menggugah selera makan. Jangan lupa topping-nya ya! Telur rebus atau mata sapi bikin makin ciamik. 

Oh iya, kalau kamu suka banget bikin masakan Korea atau hidangan lokal ala Korea, kamu bisa lho ikuti #KontesResepKorea yang diselenggarakan oleh Indomilk x Yummy. Raih kesempatan untuk dapat hadiah mingguan dan THR dengan total puluhan juta rupiah! Mayan kan buat lebaran?

 

Bosan Buka Puasa Pakai Bakwan? Coba 5 Resep Street Food Ala Korea Ini
Bosan Buka Puasa Pakai Bakwan? Coba 5 Resep Street Food Ala Korea Ini

Jadi, setiap minggunya akan ada 15 orang pemenang mingguan yang mendapatkan voucher belanja masing-masing sebesar Rp300.000,- yang akan diumumkan setiap hari Rabu. Sementara itu, untuk resep terbaik akan berkesempatan memenangkan hadiah puluhan juta rupiah di akhir periode! Catat periodenya ya yaitu tanggal 1 Maret – 6 Mei 2021. Untuk selengkapnya kamu bisa kunjungi Instagram @Indomilk atau @yummy.idn ya! Jangan sampai ketinggalan!

4. Twigim gorengan ala Korea

Bosan Buka Puasa Pakai Bakwan? Coba 5 Resep Street Food Ala Korea IniMacam-macam twigim (Shutterstock/Charlie Waradee)

Ini juga street food Korea yang harus dicoba di rumah. Wajib. No debat. Seperti gorengan di Indonesia. Namun gorengan Korea ini memiliki tekstur yang berbeda karena tepungnya dibuat lebih light dibanding gorengan di Indonesia.

Isiannya pun lebih variatif yakni ada telur dan ubi. Varian seafood juga ada seperti cumi-cumi, udang, dan bakso. Twigim juga ada paprika dan sayur-sayuran yang digoreng. Biasanya menggunakan dipping sauce seperti kecap asin dan saus gochujang dari tteokbokki. Bikin ngiler juga sih, sangat pas buat buka puasa nanti nih!

5. Korean chicken skewer alias sate dakkochi

Bosan Buka Puasa Pakai Bakwan? Coba 5 Resep Street Food Ala Korea IniDakkochi dengan rasa saus yang pedas dan manis (Shutterstock/AS Food studio)

Sama seperti sate ayam sih pada dasarnya. Tapi sate dakkochi khas Korea ini tidak memakai bumbu kacang atau kecap. Melainkan dengan kombinasi bumbu saus tomat dan sambal, cabe bubuk, kecap asin, gula aren, daun parsley, dan sedikit air.

Rasanya sih udah gak diragukan lagi pedas-manis bikin nagih! Buatnya juga gampang banget hanya butuh tusuk sate dan ayam fillet sudah deh selesai.

Nah kira-kira apa lagi ya masakan Korea yang bisa dikreasikan buat buka puasa? Tulis di kolom komentar ya. Jangan lupa share ke teman-teman yang lain juga! (CSC)

Baca Juga: Resep Korean Sweet Potato Bread yang Lagi Viral, Aromanya Bikin Ngiler

yummy-banner

Topic:

  • Bima Anditya Prakasa

Berita Terkini Lainnya