Comscore Tracker

5 Salad Khas Meksiko yang Penuh Nutrisi, Bikin Tubuh Sehat

Bisa jadi inspirasi sajian salad yang gak membosankan, nih!

Meksiko memang dikenal dengan destinasi yang menawarkan wisata kuliner menggugah selera. Berbagai jenis makanan lezat bisa kamu nikmati di Meksiko, salah satunya adalah hidangan salad yang menyehatkan.

Terbuat dari berbagai macam sayuran dan buah-buahan, salad khas Meksiko ini sangat cocok dikonsumsi bagi kamu yang sedang menerapkan pola hidup sehat. Menawarkan cita rasa salad yang autentik serta memiliki tampilan penyajian yang menarik, simak sederet salad khas Meksiko yang paling populer dan patut untuk dicoba berikut ini, yuk!

1. Berros regionales

5 Salad Khas Meksiko yang Penuh Nutrisi, Bikin Tubuh Sehatilustrasi hidangan berros regionales (instagram.com/juanitascypress)

Kepopuleran berros regionales membuat hidangan salad ini sangat mudah dijumpai di seluruh wilayah Meksiko. Untuk bahan-bahan pembuatannya, kamu harus menyiapkan daun selada, kacang, kenari dan irisan daging panggang.

Selada yang telah dibersihkan kemudian dimasukkan ke dalam mangkuk bersama bahan-bahan lainnya. Lalu, tambahkan perasan air lemon, garam, dan saus worcestershire.

Berros regionales sering disajikan sebagai hidangan pembuka oleh masyarakat Meksiko. Salad ini harus disajikan dalam keadaan fresh serta tidak bisa disimpan terlalu lama.

2. Betabeles

5 Salad Khas Meksiko yang Penuh Nutrisi, Bikin Tubuh Sehatilustrasi hidangan betabeles (instagram.com/elkefirmx)

Betabeles menggunakan bahan utama beetroot atau sejenis ubi merah yang juga dapat dikombinasikan dengan berbagai jenis sayuran lain. Langkah pertama, rebus beetroot hingga matang. Kemudian, kupas kulitnya dan keringkan.

Untuk membuat sausnya, kamu harus menyediakan air jeruk, air lemon, gula, air dan tepung maizena. Rebus semua bahan tersebut di dalam panci hingga larut.

Setelah itu, masukkan beetroot ke dalam panci. Kemudian, bumbui dengan garam dan merica. Betabeles sendiri sangat populer sebab tampilannya yang sungguh menggugah selera.

Baca Juga: 5 Macam Salad Edamame untuk Sajian Sehat Selama Berpuasa

3. Ensalada de nopalitos

5 Salad Khas Meksiko yang Penuh Nutrisi, Bikin Tubuh Sehatilustrasi hidangan ensalada de nopalitos (instagram.com/ideaasmty)

Ensalada de nopalitos mempunyai beberapa jenis varian. Namun, versi paling tradisional salad ini terbuat dari potongan kaktus nopal, bawang, daun ketumbar, air lemon, minyak zaitun, garam, dan oregano.

Cara pembuatannya pun sangat mudah. Semua bahan dan bumbu dicampurkan dalam satu wadah, lalu diamkan kurang lebih selama satu jam hingga bumbu meresap. Kamu juga bisa menambahkan potongan tahu, wortel, dan tomat agar terasa lebih nikmat saat menyantapnya.

4. Caesar salad

5 Salad Khas Meksiko yang Penuh Nutrisi, Bikin Tubuh Sehatilustrasi hidangan caesar salad (instagram.com/philomena_santuccis)

Nama caesar salad diambil dari nama penciptanya, Caesar Cardini, yang merupakan seorang imigran asal Italia yang menetap di Meksiko. Ide pembuatan salad ini bermula pada tahun 1924 ketika Caesar melihat banyak sekali tamu yang berkunjung ke restoran miliknya, namun, ia memiliki persediaan stok makanan yang menipis.

Lalu, Caesar melihat beberapa sisa-sisa bahan makanan seperti selada, telur, keju parmesan, saus worcestershire, dan croutons. Ia pun mulai mengkreasikannya menjadi sebuah hidangan salad yang populer hingga saat ini.

5. Chicken quesadilla salad

5 Salad Khas Meksiko yang Penuh Nutrisi, Bikin Tubuh Sehatilustrasi hidangan chicken quesadilla salad (instagram.com/amor731_faithfamfit)

Dari beberapa hidangan salad khas Meksiko, chicken quesadilla salad memiliki cita rasa yang paling autentik. Hal ini lantaran jenis salad yang satu ini terdiri dari beberapa jenis sayur-sayuran serta potongan daging ayam yang telah dimarinasi dengan bumbu dan rempah khusus.

Untuk pembuatan chicken quesadilla salad terbilang sangat mudah. Meski begitu, proses marinasi daging ayam sendiri memakan waktu yang cukup lama. Kurang lebih dibutuhkan tiga jam agar bumbu bisa meresap dengan sempurna pada daging.

Sederet sajian salad khas Meksiko tersebut tentunya juga bisa dengan mudah kamu buat di rumah, ya! Berbagai hidangan sehat di atas akan sangat nikmat disajikan sebagai menu sarapan atau makan malam.

Baca Juga: 5 Salad Khas Italia yang Dapat Dijadikan Menu Sehat, Lezat!

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya