Comscore Tracker

Resep Ichigo Sando, Sandwich Strawberry Khas Jepang yang Creamy 

Dessert yang menyegarkan hari-harimu 

Masyarakat Amerika Serikat mengenal sandwich sebagai makanan yang praktis dan mudah dibuat. Biasanya, mereka membuat sandwich dengan isian daging, telur, sayuran, dan keju.

Namun, seiring dengan perkembangan dunia kuliner, Jepang mengkreasikan sandwich dengan isian buah stroberi, lho. Nama makanan tersebut adalah ichigo sando.

Inhigo sando adalah roti lapis berisi buah stroberi yang manis dan sedikit asam. Cara membuatnya sangat sederhana, berikut resep ichigo sando, sandwich stroberi khas Jepang, ala Michele Alex yang bisa kamu terapkan di rumah.

1. Bahan-bahan membuat ichigo sando

Resep Ichigo Sando, Sandwich Strawberry Khas Jepang yang Creamy ilustrasi bahan (youtube.com/Layers Delight)

Bahan-bahan:

  • 2 lembar roti
  • 6 buah stroberi
  • 150 ml heavy cream
  • 1 sdm gula

2. Cuci buah stroberi terlebih dahulu

Resep Ichigo Sando, Sandwich Strawberry Khas Jepang yang Creamy ilustrasi strawberry (pexels.com/Aphiwat chuangchoem)

Dalam resep ini, stroberi menjadi bahan isian pembuatan sandwich. Maka dari itu, perlu perhatian khusus untuk langkah yang satu ini. Pastikan kamu memilih buah stroberi yang segar dengan rasa manis.

Cuci stroberi dengan air bersih atau rendam sebentar di dalam air garam untuk membersihkan kotoran yang menempel pada buah. Kalau sudah, cabut bagian daun pada stroberi hingga bersih.

3. Siapkan roti, sisihkan bagian pinggirnya

Resep Ichigo Sando, Sandwich Strawberry Khas Jepang yang Creamy ilustrasi roti (pexels.com/Cats Coming)

Kamu perlu menyiapkan roti tawar. Pastikan kamu memilih yang orisinal saja, karena hal ini berguna untuk mempertahankan cita rasa asli dari roti, sehingga tidak bertabrakan dengan rasa stroberi ataupun cream yang akan kita buat nanti.

Setelah itu, potong bagian pinggir roti yang berwarna lebih kecokelatan. Sisa pinggiran roti bisa kamu makan secara langsung atau kamu olah menjadi makanan lain.

Baca Juga: Resep Sandwich Tenderloin yang Dagingnya Super Juicy, Bikin Ngiler!

4. Kocok heavy cream bersama gula pasir

Resep Ichigo Sando, Sandwich Strawberry Khas Jepang yang Creamy ilustrasi cream (pexels.com/Katerina Holmes)

Bagian tengah sandwich yang berwarna putih itu adalah krim. Teksturnya sedikit padat dan menonjolkan rasa creamy ketika dimakan.

Siapkan wadah, lalu masukkan heavy cream dan gula. Kocok kedua bahan tersebut dengan mikser selama semenit. Kocok dengan kecepatan rendah saja supaya teksturnya konsisten.

5. Dinginkan ichigo sando di kulkas

Resep Ichigo Sando, Sandwich Strawberry Khas Jepang yang Creamy ilustrasi menaruh ke dalam kulkas (pexels.com/Kevin Malik)

Letakkan roti sebagai alas, lalu susun stroberi secara diagonal atau menyamping. Tuang krim yang sudah kamu buat ke atas stroberi secara merata. Kemudian, tutup dengan roti lagi di atas stroberi dan krim.

Setelah itu, gunakan cling wrap untuk menutup seluruh permukaan sandwich dengan rapi. Ichigo sando menjadi lebih nikmat ketika kamu memakannya saat dingin.

Oleh karena itu, disarankan untuk tidak melewati langkah satu ini. Kamu perlu memasukkan ichigo sando ke dalam kulkas selama 15 menit. Jika sudah, potong menggunakan pisau untuk hasil yang lebih rapi. Akhirnya, dessert siap untuk kamu santap!

Selain menjadi ide jualan, sandwich ini cocok jadi teman bekal piknik, lho. Jadi, sekarang sudah tau cara membuat ichigo sando, sandwich stroberi khas Jepang, dengan mudah, kan? Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Membuat Egg Sando ala Aulion yang Cocok untuk Menu Sarapan

Catherine Zeta Jones Photo Writer Catherine Zeta Jones

she writes about foods, travel, and any hype things

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya