Resep Puding Japanese Milk Panna Cotta, Melting Banget! 

Salah satu makanan pencuci mulut favorit 

Simak resep puding japanese milk panna cotta berikut ini. Puding merupakan salah satu makanan penutup yang populer dari Inggris. Teksturnya yang lembut membuat sebagian masyarakat ingin selalu menyantap hidangan ini. Perbedaannya dengan agar-agar terletak di warna puding yang lebih pekat, sedangkan warna agar-agar cenderung bening.

Banyak restoran yang menyediakan puding sebagai salah satu menu andalan mereka. Ternyata, cara membuat puding tergolong mudah dan tidak membutuhkan bahan yang terlalu kompleks. Simak resep puding japanese milk panna cotta ala Devina Hermawan berikut ini!

1. Bahan-bahan membuat puding

Resep Puding Japanese Milk Panna Cotta, Melting Banget! ilustrasi bahan (pexels.com/Felicity Tai)

Bahan puding:

  • 350 ml cream
  • 200 ml air
  • 60 ml kental manis plain
  • 1,5 sdt atau 5 gram gelatin bubuk
  • 1 sdt perisa vanila

Bahan saus gula merah:

  • 100 ml air
  • 50 gram gula merah
  • 50 gram gula pasir

Topping:

  • Kacang mede panggang

2. Siapkan gelatin sebagai pembuat gel makanan  

Resep Puding Japanese Milk Panna Cotta, Melting Banget! ilustrasi menyiapkan gelatin (youtube.com/Devina Hermawan)

Gelatin kerap digunakan masyarakat sebagai bahan masak yang ada di dapur. Gelatin adalah ekstrak protein yang didapatkan dari kolagen hewan, kemudian dikeringkan. Terdapat dua bentuk gelatin, yaitu bubuk dan lembaran.

Cara menyiapkan gelatin adalah dengan menaruh gelatin bubuk ke dalam mangkuk. Lalu, campurkan gelatin dengan 1-2 sdm air dingin. Tunggu beberapa waktu hingga tekstur gelatin berubah menjadi gel. Gel siap digunakan.

Baca Juga: Resep Matcha Panna Cotta, Dessert Puding Manis yang Menggugah Selera

3. Buat panna cotta, bagian putih puding 

Resep Puding Japanese Milk Panna Cotta, Melting Banget! ilustrasi membuat panna cotta (pexels.com/cottonbro studio)

Siapkan panci dengan ukuran sedang. Masukkan cream, air, perisa vanila, dan kental manis plain. Masak di api sedang kecil hingga sedikit mendidih sambil diaduk.

Matikan api, kemudian masukkan gelatin. Selanjutnya, aduk hingga merata dan saring. Tuang adonan ke dalam wadah, kemudian biarkan di suhu ruang. Setelah adonan dingin, masukkan ke dalam kulkas hingga bentuknya lebih kaku (set), kurang lebih 3 jam.

4. Buat saus gula merah yang kental

Resep Puding Japanese Milk Panna Cotta, Melting Banget! ilustrasi menyaring saus gula merah (youtube.com/Devina Hermawan)

Sambil menunggu tekstur puding mengeras, kamu dapat memanfaatkan waktunya untuk membuat saus gula merah. Masak gula pasir di atas panci dengan sedikit air. Gunakan api kecil, kemudian tunggu hingga warna kecokelatan.

Tuang sisa air dan gula merah ke dalam panci. Aduk dan masak hingga saus melarut. Setelah itu, saring saus menggunakan saringan masak agar tidak ada yang menggumpal.

5. Tambahkan topping sesuai selera 

Resep Puding Japanese Milk Panna Cotta, Melting Banget! ilustrasi menghaluskan kacang mede (youtube.com/Devina Hermawan)

Topping diperlukan untuk menambah aroma, rasa, dan sedikit tekstur puding. Hidangan menjadi lebih kompleks saat topping ditambahkan. Kamu bisa memilih bermacam-macam topping, seperti buah-buahan, oreo, cokelat, kacang mede, dan sebagainya.

Topping kacang mede cukup populer untuk hidangan puding. Cara menyiapkannya cukup mudah, yaitu menghaluskan kacang mede dengan blender. Taburkan kacang mede di atas puding yang sudah dilapisi saus karamel.

 

Puding siap untuk menyegarkan kerongkonganmu. Tidak sabar menyantap kelembutan puding? Tidak perlu ke restoran, langsung ke dapur dan eksekusi resep di atas. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Resep Panna Cotta ala Rumahan yang Enak dan Mudah Dibuat, Coba Yuk!

Catherine Photo Verified Writer Catherine

she writes about foods, travel, and any hype things

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topik:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya