Comscore Tracker

7 Kesalahan Sepele tapi Fatal Saat Membuat Kue Kering 

Sudah susah bikinnya, ternyata jadinya tidak sesuai harapan

Siapa di sini yang hobi bikin kue kering atau kukis? Menguleni adonan, mencetak kukis, hingga menghiasnya memang sangat menyenangkan meskipun seringkali nggak mudah. Bahkan jika kamu sudah biasa membuat kue pun, tetap ada kemungkinan untuk gagal akibat kesalahan kecil. Uh! Kesal hati jadinya.

Biar nggak sampai kejadian, ketahui dulu yuk kesalahan seperti apa yang bisa dihindari.

1. Tidak mendinginkan adonan

7 Kesalahan Sepele tapi Fatal Saat Membuat Kue Kering pexels.com/@jeshoots

Adonan kukis harus didinginkan hingga 24 jam di kulkas agar hasilnya saat dipanggang lebih renyah. Pastikan adonan terbungkus rapat. Jika kamu tidak mendinginkan adonan, tekstur kukisnya bisa jadi kurang renyah lho.

2. Menata adonan terlalu rapat di loyang

7 Kesalahan Sepele tapi Fatal Saat Membuat Kue Kering pexels.com/@oleg-magni

Ketika membuat kukis, pastikan kamu menatanya di loyang dengan jarak yang cukup untuk mengembang. Karena kalau nggak, kukismu bisa 'tabrakan' dan saling menempel.

Selain itu, kukismu juga akan kurang mengembang karena harus 'berbagi panas' dengan kukis-kukis lain dalam loyang itu.

3. Tidak mengikuti anjuran suhu mentega sesuai resep

7 Kesalahan Sepele tapi Fatal Saat Membuat Kue Kering pexels.com/@markusspiske

Biasanya di resep ada aturan 'mentega dalam suhu ruangan'. Nah, ini wajib diikuti kecuali kamu memang sedang ingin mencoba-coba dan enggak keberatan jika hasilnya tidak memenuhi ekspektasi. Suhu mentega akan memengaruhi hasil panggangan kue. Kalau menteganya harus dicairkan, ya cairkan. Pokoknya, ikuti resep aja.

Baca Juga: 4 Kue Kering Unik di Berbagai Negara, Ada yang Direbus Lho!

4. Overmix adonan

7 Kesalahan Sepele tapi Fatal Saat Membuat Kue Kering pexels.com/@life-of-pix

Terlalu berlebihan mengaduk atau mengocok adonan akan membuat kukis lebih keras dan tidak mengembang optimal. Ketika kamu mengaduk adonan, ada udara yang terperangkap ke dalam adonan. Semakin lama mengaduk, semakin banyak udara yang terperangkap. Di awal memanggang, kukis akan mengembang tapi akan mengempis di akhir.

Lalu kapan saat yang paling tepat untuk berhenti mengaduk? Ketika sudah enggak ada terigu yang menempel di mangkuk.

5. Undermix adonan

7 Kesalahan Sepele tapi Fatal Saat Membuat Kue Kering pexels.com/@vanmalidate

Kebalikannya overmix, kurang lama mengaduk atau mengaduk dengan tidak benar juga bisa menggagalkan kuemu. Bisa jadi ada bahan yang masih menggumpal, misalnya terigu atau gula. Aduk-aduk atau kocok adonanmu sampai semua terlihat sudah tercampur rata dan enggak ada gumpalan.

6. Memasukkan bahan tidak sesuai urutan

7 Kesalahan Sepele tapi Fatal Saat Membuat Kue Kering pexels.com/@pixabay

Sekali lagi, ikuti resep dengan benar. Semua ada waktunya. Biasanya yang dikocok adalah bahan-bahan yang cair atau basah seperti mentega dan telur, baru disusul penambahan bahan-bahan kering seperti terigu. Kalau enggak menuruti aturan resep, bisa dipastikan kuemu bakalan ambyar.

7. Mengoleskan terlalu banyak mentega di loyang untuk memanggang kukis

7 Kesalahan Sepele tapi Fatal Saat Membuat Kue Kering pexels.com/@joshsorenson

Lebih baik pakai kertas roti atau cooking spray ya. Karena mentega yang terlalu banyak di dasar loyang justru bikin kukismu gampang gosong.

Nah, itu dia tujuh kesalahan yang kelihatannya sepele tapi cukup berpengaruh dalam keberhasilan dan kegagalanmu membuat kukis. Males banget kan kalau sudah menghabiskan waktu dan membayangkan kukis enak buat teman ngopi, eh malah gagal karena salah sedikit. Semoga tipsnya berguna ya!

Baca Juga: 5 Resep Kue Kering Spesial Tanpa Telur, Tetap Gurih & Ngeprul

Chandra Wulan Photo Verified Writer Chandra Wulan

hai!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You