Comscore Tracker

7 Kreasi Lentil, Kacang Khas Timur Tengah yang Kaya Nutrisi

Menu sehat untuk mengawali hari

Tentu kamu sudah tidak asing kan dengan lentil? Salah satu jenis kacang yang mempunyai kandungan protein tinggi ini banyak dijumpai dalam masakan khas Timur Tengah. Selain itu, kandungan nutrisi lentil yang lainnya juga sangat bagus lho untuk kesehatan. Cocok buat kamu yang sedang menurunkan berat badan.

Selain dimasak khas ala hidangan Timur Tengah, kacang yang berbentuk agak pipih ini juga sering dikreasikan menjadi menu-menu yang sangat istimewa. Apalagi buat kamu para vegetarian, bisa untuk memenuhi kebutuhan proteinmu lho.

1. Gnocchi panggang bertabur lentil

7 Kreasi Lentil, Kacang Khas Timur Tengah yang Kaya Nutrisinourisheveryday.com

Gnocchi, salah satu jenis pasta khas Italia ini bisa lho dipadukan dengan lentil. Kreasikan bersama dengan aneka sayuran seperti brokoli, bayam dan zucchini, serta taburan keju mozarella, membuat hidangan makin kaya nutrisi dan istimewa.

Selain itu kandungan protein, kandungan mineral, zat besi, vitamin dan serat pada lentil sangat baik untuk kesehatan tubuh.

2. Sup curry lentil dengan santan yang creamy

7 Kreasi Lentil, Kacang Khas Timur Tengah yang Kaya Nutrisiaspicyperspective.com

Lentil yang banyak beredar di pasaran adalah kacang lentil kuning, kemerahan, hijau, cokelat dan hitam. Nah kreasi menu di atas memanfaatkan lentil merah.

Diolah bersama dengan santan yang kental disertai dengan bumbu kari yang pedas membuat hidangan ini mempunyai cita rasa yang gurih dan tekstur yang lembut. Semakin lezat dengan taburan kacang mete nih.

3. Sup krim lentil dan bayam

7 Kreasi Lentil, Kacang Khas Timur Tengah yang Kaya Nutrisipinchofyum.com

Lentil dipercaya mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh, mengontrol gula darah dan mencegah diabetes lho. Jangan ragu deh makan lentil, apalagi dikreasikan menjadi sup krim yang lembut ini. Sajikan bersama bayam, wortel, seledri dan kentang. 

Baca Juga: Resep Membuat Kacang Bawang, Camilan Renyah untuk Sajian Lebaran

4. Pizza lentil dengan taburan keju parmesan

7 Kreasi Lentil, Kacang Khas Timur Tengah yang Kaya Nutrisiconnoisseurusveg.com

Kreasi topping pada pizza memang sangat beragam variasinya. Nah, menu pizza yang satu ini memanfaatkan lentil sebagai toppingnya. Dicampur dengan bayam, keju parmesan, dan kacang mete yang dipadukan dengan saus bolognese menjadikan pizza ini istimewa.

Kandungan kalsium pada lentil juga cukup tinggi lho bagus untuk kesehatan tulang.

5. Burger lentil yang pedas

7 Kreasi Lentil, Kacang Khas Timur Tengah yang Kaya Nutrisiolivemagazine.com

Meski di Timur Tengah lentil sering diolah menjadi sup ataupun campuran pada kebab, namun banyak kreasi hidangan yang bisa ditemukan dengan memanfaatkan kacang ini. Kreasi yang satu ini memanfaatkan lentil sebagai patty burger yang lezat. Susunan burger makin komplit dengan adanya aneka sayuran pelengkap seperti tomat, selada, bawang merah dan saus pedas.

6. Salad lentil dan tomat

7 Kreasi Lentil, Kacang Khas Timur Tengah yang Kaya Nutrisibbcgoodfood.com

Salad memang menu yang sederhana tapi menyehatkan bukan? Sebelum disajikan, lentil harus dimasak terlebih dahulu, karena lentil mempunyai kandungan anti nutrisi.

Nah, menu salad yang satu ini menyajikan lentil yang telah direbus hingga matang sempurna, kemudian dikombinasikan dengan aneka sayuran seperti tomat, bayam, dan bawang merah.

7. Ramen dengan lentil dan miso

7 Kreasi Lentil, Kacang Khas Timur Tengah yang Kaya Nutrisiveganricha.com

Ramen dan miso merupakan makanan khas Jepang yang lezatnya tidak diragukan lagi. Menu di atas barangkali bisa menjadi inspirasi buat kamu yang suka makan ramen. Bumbu rempah-rempah khas dan kentalnya santan pada kari membuat ramen ini mempunyai cita rasa yang lezat dan istimewa.

Meski di Indonesia keberadaan kacang lentil masih kalah pamor dengan kacang hijau, tidak ada salahnya lho kamu mengkreasikan lentil menjadi menu favorit. Selamat mencoba di rumah!

Baca Juga: 8 Makanan Western yang Cocok Dijadikan Makanan Pendamping Saat Lebaran

Zivanhea Noella Photo Verified Writer Zivanhea Noella

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya