Jangan Masukkan Madu ke Dalam Kulkas, Ini Penjelasannya!

Lebih baik simpan di suhu ruang aja

Siapa yang gak kenal dengan madu? Cairan dari lebah yang mengandung banyak manfaat ini memang sudah terjamin khasiatnya. Beragam penyakit bisa disembuhkan oleh madu. Makanya, gak heran kalau bahan bermanfaat satu ini digemari oleh semua masyarakat dari berbagai kalangan.

Eits, tapi kalau kamu punya madu, jangan disimpan di kulkas lho gengs. Mau tahu kenapa? Ini penjelasannya.

1. Madu akan mengkristal jika disimpan di kulkas

Jangan Masukkan Madu ke Dalam Kulkas, Ini Penjelasannya!unsplash/Christina Branco

Dalam suhu yang sangat dingin, seperti kulkas, madu akan mengkristal. Gak main-main, proses pengkristalan ini bahkan bisa berlangsung cukup lama dan terus menerus meski sudah dikeluarkan dari kulkas.

2. Kemudian membeku dan tidak bisa dikonsumsi

Jangan Masukkan Madu ke Dalam Kulkas, Ini Penjelasannya!unsplash/Heather Gill

Jika sudah terjadi pengkristalan, tentu madu akan membeku sehingga tidak bisa dikonsumsi. Memasukkannya ke kulkas memang bukan hal yang tepat untuk dilakukan. Apalagi jika kamu berniat untuk langsung mengonsumsinya begitu dikeluarkan dari kulkas.

Baca Juga: 5 Cara Tepat Menggunakan Madu untuk Berbagai Penyakit

3. Jika sudah terlanjur membeku, bukan berarti madu tersebut membusuk

Jangan Masukkan Madu ke Dalam Kulkas, Ini Penjelasannya!unsplash/Jordane Mathieu

Meski mengkristal, sebenarnya bukan berarti madu tersebut membusuk dan tidak bisa dikonsumsi lagi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk segera mengembalikan bentuk madu menjadi cair. Seperti merendam botolnya di air hangat, atau memasukkannya ke dalam microwave.

4. Madu sudah punya kandungan pH yang asam

Jangan Masukkan Madu ke Dalam Kulkas, Ini Penjelasannya!unsplash/Caroline Attwood

Meski manis, madu memiliki kandungan pH yang asam, lho. Hal ini kemudian mampu mencegah miikroorganisme untuk berkembang biak. Makanya, madu dikategorikan sebagai cairan yang tidak bisa busuk. Yang penting, harus tau cara penyimpanannya yang tepat.

5. Menyimpannya dalam suhu ruangan justru membuatnya lebih tahan lama

Jangan Masukkan Madu ke Dalam Kulkas, Ini Penjelasannya!unsplash/Amelia Bartlett

Cukup letakkan madu dalam wadah tertutup rapat di suhu ruangan yang biasa aja. Jangan lupa untuk menjauhkannya dari sinar matahari secara langsung. Kalau sudah begini, madu yang kamu simpan bertahun-tahun pun akan tetap aman untuk kamu konsumsi.

Selain berkhasiat, madu ternyata juga bisa disimpan dalam waktu lama ya. Gak perlu dimasukkan ke kulkas pun gak akan membusuk. Keren banget kan?

Baca Juga: 5 Tips Menyimpan Madu yang Baik Agar Awet dan Anti Disemutin

Desy Damay Photo Community Writer Desy Damay

part time writer, half time teacher, and full time daughter. you can kindly send me an email to: desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You