Comscore Tracker

Resep Puding Karamel Lembut Ini Bisa Dimasak tanpa Oven

Dijamin anti gagal bikinnya

Belakangan puding karamel sering muncul di media sosial. Puding ini terkenal dengan teksturnya yang lembut dan kombinasi rasa karamel yang manis.

Untuk membuatnya sangat mudah lho, bahkan kamu bisa membuatnya meski tidak memiliki oven. Berikut ini resepnya.

1. Bahan yang diperlukan

Resep Puding Karamel Lembut Ini Bisa Dimasak tanpa Ovenpexels/suzyhazelwood
  • 2 sdm gula
  • 1 sdm air panas
  • 3 sdm susu kental manis 
  • 200 ml susu full cream
  • 2 butir telur
  • 1 sdm vanili cair

2. Membuat karamel

Resep Puding Karamel Lembut Ini Bisa Dimasak tanpa Ovenpexels/angele-j-35172

Masukkan gula ke dalam panci lalu panaskan dengan api sangat kecil. Aduk dengan menggoyang-goyangkan panci perlahan hingga berwarna kecokelatan. Matikan api kemudian masukkan air panas. Angkat karamel dan tuangkan pada ramekin.

Kamu bisa menggunakan ramekin atau wadah lain yang terbuat dari kaca. Hindari menggunakan loyang kue karena akan membuat puding berlubang.

Baca Juga: Resep Puding Roti Tawar Zebra Cheesecake yang Manis dan Lembut

3. Membuat puding

Resep Puding Karamel Lembut Ini Bisa Dimasak tanpa Ovenpexels/taryn-elliott

Masukkan telur dalam wadah lalu kocok hingga merata. Sisihkan kocokan telur. Siapkan wadah, kemudian masukkan susu full cream dan susu kental manis. Aduk hingga merata. Pindahkan campuran susu ke dalam panci lalu panaskan dengan api kecil.

Masukkan vanili kemudian aduk perlahan hingga mendidih. Angkat dan tuangkan sedikit demi sedikit pada kocokan telur. Kemudian saring adonan puding. Lalu tuangkan pada ramekin. 

4. Masukkan kukusan

Resep Puding Karamel Lembut Ini Bisa Dimasak tanpa Ovenpexels/nick-bondarev

Tutupi ramekin menggunakan cling wrap atau plastik agar bentuk puding terhindari dari tetesan uap air. Siapkan kukusan dan panaskan selama 10 menit. Masukkan ramekin ke dalam kukusan selama 20-30 menit. 

5. Masukkan ke dalam kulkas

Resep Puding Karamel Lembut Ini Bisa Dimasak tanpa Ovenpexels/pixabay

Setelah 20-30 menit, masukkan pudding ke dalam kulkas minimal 1 jam. Kamu boleh melepaskan cling wrap makanan saat memasukkannya ke dalam kulkas. Puding karamelmu sudah siap dinikmati.

Nah, itu dia resep mudah membuat puding karamel. Teksturnya yang lembut membuat siapa saja menyukainya. Selamat mencoba!

Download aplikasi masakan Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 5 Puding dari Berbagai Belahan Dunia, Ada yang Manis dan Asin

dea merina Photo Writer dea merina

deamerina.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya