Comscore Tracker

7 Ramuan Minuman Kayu Manis yang Hangat & Sehat, Bisa Buat Diet Lho!

Dapat nikmatnya, dapat sehatnya

Mempunyai tubuh langsing memang dambaan wanita. Namun, memiliki tubuh sehat merupakan idaman semua orang. Diet menjadi solusi agar berat badan tetap sehat dalam taraf aman. Namun ternyata, diet saja tidak cukup untuk memenuhi standar sehat.

Bagaimanakah caranya agar kita menikmati rasa nikmat dan sehat secara bersamaan? Tujuh jenis minuman dengan aroma klasik ini bisa dicoba. Selain pas di lidah, cita rasa nusantara ini mampu menyehatkan saat dinikmati dengan keluarga.

1. Kayu manis dan madu

7 Ramuan Minuman Kayu Manis yang Hangat & Sehat, Bisa Buat Diet Lho!unsplash.com/Steven Bennett

Jika kayu manis identik dengan aromanya yang klasik. Cocok disandingkan dengan madu yang legit namun tidak eneg. Langkah pertama dengan merebus kayu manis terlebih dahulu. Menghidangkannya diseduh dengan madu setelah hangat dan tidak panas. Perpaduan aroma klasik dan legit ini mampu menghangatkan dan cocok untuk segala usia. Madu sebagai sumber probiotik menjadikan minuman ini layak dicoba.

2. Kayu manis dan lemon

7 Ramuan Minuman Kayu Manis yang Hangat & Sehat, Bisa Buat Diet Lho!unsplash.com/Sean Bernstein

Siapa yang tidak kenal lemon? Buah dengan segala kandungan vitamin C sangat baik untuk tubuh. Perasan lemon menciptakan suasana segar dan aromatik bila disandingkan dengan kayu manis. Air rebusan kayu manis yang didinginkan selama delapan jam dicampur perasan lemon siap diminum. Tanpa menambahkan apapun, rasa manis akan ada dengan sendirinya. Boleh dihidangkan dingin namun hangat pun juga enak dinikmati semua.

3. Kayu manis dan jahe

7 Ramuan Minuman Kayu Manis yang Hangat & Sehat, Bisa Buat Diet Lho!unsplash.com/Hilary Hahn

Jahe identik dengan rasa hangat tanpa pedas berlebihan. Jahe bisa membuat tubuh menjadi bugar. Rebus bersamaan kayu manis dan jahe dengan api kecil. Setelah mendidih, dinginkan sampai hangat. Bisa dibagi menjadi dua. Satu untuk dimasukkan kulkas saat dingin, sisanya bisa diminum dengan menyertakan kayu manis dan jahe di dalam gelas. Minuman anti masuk angin ini cocok dinikmati pagi hari atau dalam cuaca dingin. Jahe yang dipercaya sebagai pengobatan bermanfaat sebagai anti inflamasi.

Baca Juga: 6 Minuman Olahan Jeruk Lemon yang Gak Ada Matinya

4. Kayu manis dan kunyit

7 Ramuan Minuman Kayu Manis yang Hangat & Sehat, Bisa Buat Diet Lho!unsplash.com/Zahrin Lukman

Tidak semua cocok dengan rasa dalam aroma kunyit. Kadang bagi peminumnya kunyit ini seperti jamu. Cobalah mencampurkan rendaman rebusan kayu manis dengan irisan kunyit dalam satu wadah gelas. Jika ada aroma jamu, akan hilang yang dikuatkan dengan aroma kayu manisnya. Meminum ini tiap hari dipercaya membuat tubuh lebih bugar karena kandungan antibiotik alami pada kunyit.

5. Kayu manis dan cengkeh

7 Ramuan Minuman Kayu Manis yang Hangat & Sehat, Bisa Buat Diet Lho!unsplash.com/Gaby Dyson

Cengkeh merupakan bumbu pelengkap yang membuat aroma semakin khas dan eksotik. Memadukannya dengan kayu manis bisa membuat komposisi aroma yang memikat. Padukan keduanya di dalam air rebusan yang mendidih. Tunggu sampai dingin dan tambahkan sedikit gula aren.

Minuman ini bisa membuat ketagihan siapapun yang mencobanya untuk pertama kali. Cengkeh yang direbus dengan kayu manis mampu mengatasi peradangan baik di kulit, gigi maupun tubuh lainnya. Ini karena kayu manis dan cengkeh ini mengandung anti inflamasi.

6. Kayu manis dan kopi

7 Ramuan Minuman Kayu Manis yang Hangat & Sehat, Bisa Buat Diet Lho!unsplash.com/Vanesa Conunaese

Kopi menjadi favorit kebanyakan orang dalam memilih menu minuman hangat. Tapi tak jarang kopi juga punya kendala bagi penderita maag. Kopi tidak perlu dicampur dengan gula berlebihan, karena akan mengaburkan rasa kopinya. Jika direbus dengan kayu manis, kopi bisa jadi obat dan tidak hanya jadi minuman sandingan saja. Caffein yang ada dalam kopi mampu menenangkan dengan aroma kayu manis yang menyegarkan.

7. Kayu manis dan kurma

7 Ramuan Minuman Kayu Manis yang Hangat & Sehat, Bisa Buat Diet Lho!Mona Mok

Siapa yang tidak kenal rasa kurma. Manisnya yang legit menyerupai rasa madu. Kayu manis yang direbus terlebih dahulu bisa didiamkan untuk dicampur dengan kurma. Diamkan selama enam jam.

Minuman bisa dinikmati dingin, bisa dinikmati hangat dengan merebusnya kembali. Manis dari kurma dan kayu manis akan menyatu dengan legit di lidah. Bagus dibiasakan untuk mengenalkan minuman ini pada anak-anak. Selain menambah nafsu makan, kandungan gula dalam kurma bisa jadi sumber energi alami.

Bumi yang ditumbuhi tanaman akan menjamin tubuh kita lebih sehat dan kuat. Mari bersyukur dengan adanya bahan alami di sekitar kita. Jika sehat yang diinginkan mulailah mencoba resep-resep dengan bahan dasar dari alam tanpa tambahan pemanis ataupun bahan pengawet lainnya.

Mulailah belanja kayu manis lebih banyak dari sebelumnya. Kayu manis bisa dijadikan bahan pengganti teh yang alami. Nikmatilah hidup dengan memilih yang terbaik untuk konsumsi kita sehari-hari.

Baca Juga: 6 Manfaat Kayu Manis, Berkhasiat untuk Kesehatan Lho

Defi Aryani Photo Verified Writer Defi Aryani

Teacher counselor trainer freelance writters

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You