Comscore Tracker

Resep Brownies Moka Saus Karamel, Teksturnya Lumer Banget di Mulut 

Camilan manis yang praktis dibuat dan ekonomis

Untuk menghilangkan rasa bosan selama di rumah saja, memang paling cocok ditemani camilan manis yang bisa membangkitkan mood. Nah, salah satu camilan yang mudah dibuat adalah brownies moka rasa karamel. Tak hanya praktis, camilan satu ini juga ekonomis banget, lho.

Lumer banget di mulut, berikut resep brownies moka saus karamel yang gak boleh kamu lewatkan. Dijamin bikin ketagihan, deh.

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Brownies Moka Saus Karamel, Teksturnya Lumer Banget di Mulut ilustrasi bahan makanan (unsplash.com/@chrishcush)

Bahan-bahan untuk brownies:

  • 2 bungkus tepung brownies rasa moka
  • 200 gram mentega cair
  • 2 butir telur
  • 50 ml air

Bahan-bahan untuk saus karamel:

  • 100 gram gula halus
  • 40 ml whipping cream
  • 1/2 sdt garam
  • 2 sdt mentega

2. Panaskan mentega hingga mencair

Resep Brownies Moka Saus Karamel, Teksturnya Lumer Banget di Mulut ilustrasi mentega (unsplash.com/@sxtcxtc)

Sebelum membuat adonan utama, siapkan terlebih dahulu panci untuk mencairkan mentega. Letakan di atas kompor, lalu panaskan dengan api kecil. Setelah mentega meleleh, matikan kompor lalu sisihkan. 

Baca Juga: 10 Fakta Brownies, Kudapan Asal Amerika Favorit Pencinta Cokelat

3. Membuat adonan brownies

Resep Brownies Moka Saus Karamel, Teksturnya Lumer Banget di Mulut ilustrasi adonan (unsplash.com/@donovan_valdivia)

Untuk membuat adonan brownies, siapkan terlebih dahulu wadah berukuran sedang. Kemudian, masukan tepung brownies, telur, dan air yang telah disiapkan. Lalu aduk sebentar.

Setelah itu, tambahkan mentega yang sebelumnya sudah dicairkan. Aduklah hingga merata sampai adonan berubah menjadi kecokelatan.

4. Panggang brownies hingga matang

Resep Brownies Moka Saus Karamel, Teksturnya Lumer Banget di Mulut ilustrasi memanggang (unsplash.com/@gabrielrana)

Setelah adonan brownies siap, tuangkan ke dalam loyang dengan ukuran sesuai selera. Sebelumnya, jangan lupa lapisi loyang dengan baking paper

Selanjutnya, panggang brownies dalam oven yang telah dipanaskan dengan suhu 175°C. Setelah 35 menit, keluarkan dari oven lalu dinginkan di cooling rack.

5. Membuat saus karamel

Resep Brownies Moka Saus Karamel, Teksturnya Lumer Banget di Mulut ilustrasi brownies karamel (unsplash.com/@estefaniaef)

Sambil menunggu brownies dingin, siapkan bahan untuk membuat toping karamelnya. Masukan gula halus yang sudah disaring ke dalam panci, lalu ratakan. Panaskan di atas api kecil sambil terus diaduk hingga gula mencair.

Jika sudah meleleh dan berwarna kecokelatan, masukan whipping cream, garam, dan mentega ke dalam cairan gula. Aduk hingga merata, lalu angkat dan dinginkan sebentar. Setelah itu, saus karamel sudah bisa dituangkan di atas brownies untuk dinikmati.

Begitu ekonomis dan mudah dibuat, dijamin rasanya lumer banget di mulut. Tak hanya jadi camilan manis di rumah, tapi juga bisa dijadikan ide jualan. Selamat mencoba, ya!

 

Baca Juga: 5 Ragam Brownies dengan Sayur yang Bikin Makanan Tampil Beda

Desry Mulik Photo Verified Writer Desry Mulik

Hello

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya