Comscore Tracker

Sederhana & Mudah Dicoba, 6 Ide Masakan Rumahan dengan Ikan Bandeng

Gak cuma rasanya aja yang enak tapi juga kaya nutrisi!

Ikan mengandung banyak gizi terutama protein baik yang disarankan untuk memenuhi asupan nutrisi khsusunya bagi anak kecil. Ikan yang ada di perairan Nusantara sangat banyak jenisnya. Mulai dari ikan tawar hingga ikan laut semua ada, yang paling khas dari ikan yang biasa diolah jadi masakan rumahan adalah ikan bandeng. 

Ikan bandeng memiliki rasa yang gurih dengan daging yang padat. Ikan bandeng juga bisa dimasak jadi berbagai santap siang yang gak pernah gagal bikin nambah. Buat kamu yang masih bingung mau masak ikan bandeng dengan menu seperti apa, berikut ini ide masakan rumahan dengan ikan bandeng yang bisa dicoba!

1. Bandeng Bumbu Bali

Sederhana & Mudah Dicoba, 6 Ide Masakan Rumahan dengan Ikan Bandenginstagram.com/mamadiahdee

Bandeng bumbu bali memiliki penampakan yang mirip seperti bandeng diberi bumbu balado. Tetapi bumbu baladonya bukan hanya bumbu balado biasa, selain bawang putih, bawang merah, cabai dan tomat, ada pula rempah lainnya seperti kencur, jahe, dan kemiri. Seluruh bumbu tersebut dihaluskan dan ditumis bersama ikan bandeng. 

2. Sate Bandeng

Sederhana & Mudah Dicoba, 6 Ide Masakan Rumahan dengan Ikan Bandenginstagram.com/kokibandeng

Tidak seperti sate pada umumnya, sate bandeng bukan potongan ikan bandeng yang ditusuk-tusuk ke lidi melainkan satu ekor bandeng utuh yang dalamnya berisi adonan daging ikan halus yang sudah diberi bumbu. Sebelumnya ikan bandeng dipisahkan dengan dagingnya, lalu daging dikeluarkan dan dimasak bersama bumbu. Setelah itu baru daging dimasukan kembali ke dalam ikan utuh dan ditusuk dengan tusukan bambu besar sebelum dibakar. 

3. Bandeng Acar Kuning

Sederhana & Mudah Dicoba, 6 Ide Masakan Rumahan dengan Ikan Bandenginstagram.com/buvero_

Bumbu acar kuning memiliki rasa asam gurih yang cocok disajikan bersama bahan dasar, termasuk ikan bandeng. Bandeng acar kuning cenderung memiliki rasa yang gak amis berkat campuran cuka yang cukup dominan. Enaknya lagi masakan ini bisa menjadi sajian lauk sekaligus sayur karena acar kuning menggunakan timun dan wortel sebagai campurannya. 

Baca Juga: 5 Resep Lezat Ikan Bandeng yang Pas Buat Teman Nasi Liwet

4. Bandeng Sambal Penyet

Sederhana & Mudah Dicoba, 6 Ide Masakan Rumahan dengan Ikan Bandenginstagram.com/rini_hertamawati

Seperti namanya bandeng sambal penyet merupakan olahan ikan bandeng yang disajikan bersama sambal lalu dipenyet atau digeprek di atasnya. Agar rasanya semakin nikmat biasanya sambal yang digunakan berjenis sambal terasi basah dengan tambahan daun kemangi. Tapi jika menyukai jenis sambal lain kamu bisa menggantinya dan bereksperimen sesuai keinginan. 

5. Bandeng Bakar

Sederhana & Mudah Dicoba, 6 Ide Masakan Rumahan dengan Ikan Bandenginstagram.com/ny.rempong

Ikan bandeng termasuk ikan yang juga enak dibakar, daging ikan bandeng cukup tebal dan gurih. Bandeng bakar dimasak dengan bumbu kecap dan disajikan dengan bumbu kecap serta bawang dan cabai rawit. Kalau ada kumpul bersama keluarga sajian ini cocok banget dijadikan menu utama, tanpa bumbu kecap pedas bandeng bakar dapat dinikmati oleh anak-anak. 

6. Bandeng Presto

Sederhana & Mudah Dicoba, 6 Ide Masakan Rumahan dengan Ikan Bandenginstagram.com/asahid_tehyung

Tanpa harus pergi ke Semarang dan membeli bandeng presto sebagai oleh-oleh khasnya, bandeng presto sebenarnya bisa mudah dibuat di rumah. Kuncinya adalah alat presto yang harus digunakan untuk mendapatkan hasil tulang empuk dan bumbu yang meresap maksimal. Meskipun proses masak yang lama hingga memakan waktu sampai 2 jam tapi rasanya gak akan mengecewakan. Bumbu dasarnya terdiri dari bawang putih, bawang merah, jahe, kemiri, kunyit, dan ketumbar. 

Nah, itu tadi beberapa olahan ikan bandeng dengan gaya masakan rumahan yang enak dan bisa dicoba buat menu makan sehari-hari bersama keluarga tercinta. Selain enak ikan bandeng juga mengandung tinggi protein, kalsium, fosfor dan zat besi lho!

Baca Juga: Resep Ikan Bandeng Khas Banten, Favorit Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin

dewi Y Photo Verified Writer dewi Y

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya