5 Cara Memilih Telur yang Bagus dan Berkualitas, Biar Gak Zonk

Lebih baik pilih sendiri biar gak kecewa

Telur menjadi salah satu bahan pokok yang wajib ada di dapur sebagai stok menu sehari-hari. Selain diolah sebagai konsumi harian, telur juga sering digunakan sebagai bahan kue. Salah satu jenis telur yang banyak digunakan adalah telur ayam. 

Saat membeli telur, tentunya kita menginginkan telur yang bersih, sehat, dan berkualitas. Namun, faktanya telur dilapisi cangkang, sehingga bagian dalamnya gak bisa terlihat.

Nah, untuk mengetahui kualitas telur yang bagus, kamu perlu tahu terlebih dahulu beberapa caranya. Supaya gak dapat telur busuk, simak beberapa cara memilih telur yang bagus di bawah ini, ya!

1. Perhatikan warna cangkang telur

5 Cara Memilih Telur yang Bagus dan Berkualitas, Biar Gak ZonkIlustrasi telur (unsplash.com/helloimnik)

Cara memilih telur yang pertama dan bisa kamu lakukan adalah perhatikan warna cangkang telur. Pilihlah telur dengan cangkang berwarna cerah pekat. Hindari telur dengan cangkang berwarna pucat atau berbintik.

2. Perhatikan bentuknya

5 Cara Memilih Telur yang Bagus dan Berkualitas, Biar Gak ZonkIlustrasi bentuk-bentuk telur (unsplash.com/mockupgraphics)

Cara memilih telur yang kedua adalah melalui bentuknya. Telur memiliki dua bentuk, yakni bulat dan lonjong. Jika kamu ingin kuning telur yang lebih banyak dan padat, maka pilihlah telur berbentuk bulat. Sedangkan, jika ingin kuning telur yang sedikit, pilihlah telur yang lonjong. 

3. Perhatikan tekstur cangkang telur

5 Cara Memilih Telur yang Bagus dan Berkualitas, Biar Gak ZonkIlustrasi telur yang masih segar (unsplash.com/erol)

Cara memilih telur yang berikutnya adalah melalui teksturnya. Kamu juga harus perhatikan tekstur cangkang telur. Jika tekstur cangkang cenderung kasar atau ada butiran putih, tandanya telur tersebut masih segar. Sedangkan, tekstur telur yang licin mengkilap menandakan bahwa telur tersebut sudah kurang segar.

Baca Juga: 10 Cara Memilih Buah Apel yang Enak dan Segar, Kamu Sudah Tahu?

4. Pilih telur ukuran normal

5 Cara Memilih Telur yang Bagus dan Berkualitas, Biar Gak ZonkIlustrasi telur yang bagus (unsplash.com/louishansel)

Cara memilih telur yang selanjutnya adalah melalui ukuran telur tersebut. Ukuran telur yang besar gak menjamin kualitas isi telur. Supaya aman, maka pilihlah ukuran telur yang normal, gak besar dan gak terlalu kecil.

5. Guncang telur secara perlahan

5 Cara Memilih Telur yang Bagus dan Berkualitas, Biar Gak ZonkIlustrasi memegang telur (unsplash.com/thisisnando)

Cara lainnya, guncangkan telur secara perlahan di dekat telinga. Jika gak mengeluarkan bunyi, tandanya telur tersebut bagus. Sedangkan jika ada bunyi, menandakan putih telurnya sudah mencair. 

Itulah beberapa cara memilih telur yang bagus dan berkualitas. Semoga informasi ini bermanfaat supaya kamu gak salah pilih telur berkualitas buruk, bahkan busuk, ya.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Semangka yang Manis dan Segar, Perhatikan Bentuknya!

yummy-banner

Topik:

  • Dewi Suci Rahayu
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya