Comscore Tracker

Resep Membuat Omelet Mie yang Enak ala Warkop, Ternyata Ini Rahasianya

Bisa manfaatkan sisa mi yang ada di rumah

Salah satu pilihan hemat untuk membeli makanan selain di warteg adalah warkop. Warkop atau warung kopi biasanya menjual berbagai makanan yang praktis dan enak.

Kita bisa memesan olahan mi instan dengan berbagai topping, aneka gorengan, bubur kacang hijau, hingga omelet mi. Nah, salah satu makanan favorit yang laris manis di warkop adalah omelet mi.

Omelet mi ala warkop ini khas banget, teksturnya kering dan cukup tebal. Bahkan, rasanya lebih sedap dan gurih. Gak ada salahnya kalau coba membuat makanan ini di rumah. Yuk, simak resep omelet mi ala warkop berikut ini!

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Membuat Omelet Mie yang Enak ala Warkop, Ternyata Ini RahasianyaIlustrasi telur (pixabay.com/brett_hondow)

Bahan-bahan:

  • 2 bungkus mi instan
  • kol secukupnya, potong
  • 2 butir telur
  • 2 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • 1/2 sdt merica
  • 1 sdt kaldu ayam
  • 2 buah kemiri
  • minyak secukupnya
  • air untuk merebus 

2. Rebus mi hingga setengah matang

Resep Membuat Omelet Mie yang Enak ala Warkop, Ternyata Ini RahasianyaIlustrasi merebus mi instan (youtube.com/asrisaputra)

Siapkan air dan masak hingga mendidih di dalam panci. Masukkan mi instan, kemudian rebus hingga setengah matang. Setelah itu, angkat dan sisihkan. 

3. Haluskan bumbu, lalu tumis

Resep Membuat Omelet Mie yang Enak ala Warkop, Ternyata Ini RahasianyaIlustrasi menumis bumbu halus (youtube.com/bersamastfyani)

Berikutnya, haluskan bawang merah, bawang putih, dan kemiri. Kemudian, tumis hingga matang dan harum. Tambahkan sedikit air, kemudian masukkan kol. Aduk hingga merata. 

Baca Juga: Resep Membuat Omelet Udang yang Cocok untuk Menu Sarapan

4. Tumis mi dan bahan lainnya

Resep Membuat Omelet Mie yang Enak ala Warkop, Ternyata Ini RahasianyaIlustrasi membuat omelet mi ala warkop (youtube.com/dapurmamahilmi)

Setelah kol layu, masukkan mi yang sudah direbus dan masak sebentar. Beri kaldu ayam dan merica, tumis hingga kering. Setelah itu, pindahkan ke mangkuk, campur dengan bumbu mi instan. 

5. Goreng omelet hingga matang

Resep Membuat Omelet Mie yang Enak ala Warkop, Ternyata Ini RahasianyaIlustrasi omelet mi ala warkop (instagram.com/linafatnawati)

Campurkan mi tadi dengan telur kocok, kemudian panaskan sedikit minyak di dalam teflon. Tuang campuran mi dan telur, goreng omelet hingga matang. Setelah omelet matang, angkat dan sajikan omelet ala warkop buatanmu. 

Itulah resep omelet ala warkop yang bisa kamu coba. Cocok untuk dinikmati langsung sebagai camilan atau disantap dengan nasi. Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Omurice, Nasi Goreng Khas Jepang dengan Omelet yang Lembut

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya